7 Fakta Planet Venus, Si Dewi Cinta yang Terkenal Sangat Panas

Minggu 26 Juni 2022, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Venus merupakan planet kedua yang paling dekat dengan matahari setelah Merkurius. Planet venus ini mendapatkan julukan sebagai ‘Dewa Cinta’ karena namanya diambil dari salah satu dewi romawi.

Selain dijuluki dewi cinta, Venus juga dijuluki sebagai bintang fajar karena sinarnya sangat terang. Selain itu, planet ini ternyata menjadi planet yang menyeramkan karena paling panas di tata surya.

photoPlanet di Tata Surya- (Sky and Telescop)</span

Masih ada beragam fakta lainnya dari planet Venus yang perlu diketahui. Untuk itu, simak informasi selengkapnya di bawah ini seperti yang kami lansir dari suara.com.

Baca Juga :

1. Merupakan Planet Terpanas di Tata Surya

Atmosfer yang dimiliki Venus membuatnya menjadi planet yang paling panas di tata surya. Lebih tepatnya, ada kabut tebal yang menciptakan pemanasan global.

Dilansir dari National Geographic, sinar matahari menuju planet Venus ada yang dipantulkan dan ada juga yang diserap. 

Jadi, energi yang masuk terperangkap oleh atmosfer tebal Venus sehingga menyebabkan suhu permukaannya sangat panas. (lebih dari 471 derajat celcius).

Tak hanya sampai disitu. Berbeda dengan bumi, awan di Venus tidak menurunkan air melainkan asam sulfat yang dapat merusak jaringan kulit.

Di sisi lain, tekanan di permukaan objek langit Venus juga sangat tinggi akibat atmosfer tebalnya, yakni 90 kali lebih besar daripada tekanan di Bumi. 

Kondisi ini sangat bisa membuat manusia langsung hancur saat berdiri di planet tersebut. Ngeri!

2. Planet Paling Terang

Venus dikenal sebagai planet yang paling terang di Tata Surya. Maka dari itu, Venus kerap dijuluki bintang kejora, bintang fajar, bintang senja, bintang timur, hingga bintang barat.

Namun, perlu diketahui bahwa itu hanyalah sebatas julukan. Cahaya yang muncul nyatanya bukan berasal dari planet Venus sendiri, melainkan juga matahari.

Yang membuatnya sangat terang adalah atmosfer yang dimiliki. Mengutip Destiny, atmosfer planet Venus sangat berbeda dari bumi karena sebagian besar tersusun atas gas-gas rumah kaca (gas nitrogen, karbon dioksida, dan sulfur dioksida.). 

Nah, adanya gas-gas itulah yang memungkinkan Venus untuk memantulkan kembali sekitar 70 persen cahaya matahari dan menjadikannya planet paling terang.

3. Waktu di Venus Lebih Lama dari Bumi

Tahukah bahwa satu hari di Venus berjalan lebih lama daripada satu tahunnya. Hal tersebut dikarenakan rotasi (berputar pada porosnya) planet ini yang sangat lama.

Kondisi itu membuat satu hari di Venus berlangsung selama 244 hari Bumi atau 5.832 jam! Padahal, masa revolusinya sendiri hanya membutuhkan 224,7 hari Bumi.

4. Matahari di Venus Tidak Terbit dari Barat

Keunikan planet paling panas dan terang ini juga tidak sampai disitu. Venus rupanya memiliki arah rotasi yang terbilang sangat aneh.

Jadi, saat Bumi dan planet lainnya berotasi berlawanan arah jarum jam, Venus malah berputar sebaliknya, yakni searah jarum jam. Jadi, matahari disana akan terbit dari arah barat dan terbenam di timur.

5. Memiliki Banyak Gunung Berapi

Venus ternyata punya lebih banyak gunung berapi ketimbang Bumi. Faktanya, jumlah gunung berapi di sana paling banyak dibandingkan planet-planet tata surya lain.

Tercatat ada lebih dari 1.600 gunung berapi pada permukaan Venus. Para astronom bahkan memperkirakan ada gunung berapi mini yang sulit dilihat karena terlalu kecil. Namun, dari ribuan angka tersebut, disebutkan hanya 37 saja yang aktif.

6. Kembaran Bumi

Meski berbeda secara penampilan, Venus ternyata adalah planet yang paling mirip dengan Bumi. 

Dari ukuran dan berat, Bumi memang sedikit lebih besar dari Venus

Namun, dari segi komposisi dan jarak ke matahari, keduanya punya yang hampir sama.

Venus juga memiliki permukaan yang relatif muda dan atmosfer tebal. Sementara itu, awan di Venus adalah asam sulfat yang tidak bisa ditinggali manusia. 

Di sisi lain juga memantulkan cahaya, sehingga permukaan Venus tak terlihat di luar angkasa.

7. Tekanan Udara yang Berat

Manusia tidak bisa tinggal di Venus. Selain sulit bernapas dan suhunya terlalu panas, tekanan udara di permukaan planet ini juga dapat menghancurkan tubuh.

Tekanan planet Venus berada di 900 meter-1 kilometer kedalaman laut. Dimana paru-paru dan yang lainnya bisa dengan mudah hancur. Untuk itu, jangan coba-coba berencana menetap disana.

Itulah tujuh fakta planet Venus yang disebut-sebut sebagai planet paling mengerikan, namun sangat indah.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | XANDRA JUNIA INDRIASTI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp