Buka-bukaan Data Soal Rusaknya SDN Pasirangin di Jampangtengah Sukabumi

Sabtu 25 Juni 2022, 05:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi SDN Pasirangin di Desa dan Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, sangat mengkhawatirkan. Sebagian rangka atap bangunan sekolah rusak parah. Guru dan siswa harus terus waspada saat kegiatan belajar. Bahkan, satu ruangan terpaksa dikosongkan lantaran atapnya terancam ambruk dan bocor.

Warga sekitar sekaligus orang tua murid, AS (45 tahun), mengatakan rangka atap SDN Pasirangin mulai rapuh sejak 2016. Kondisi ini membuat tiga ruang kelas terancam ambruk dan bocor karena sebagian gentingnya bergeser. Saat belajar, para guru dan siswa kadang merasa waswas, khawatir sewaktu-waktu atap bangunan sekolah dasar itu ambruk.

AS menyebut gedung SDN Pasirangin juga tidak stabil akibat tanah yang di belakang sekolah labil. AS mengaku sering melihat para siswa terpaksa belajar berpindah-pindah ketika turun hujan deras yang memicu masuknya air ke dalam ruang kelas melalui sela-sela atap yang bocor. Satu ruangan yang sudah rusak parah, disebutnya telah dikosongkan.

"Ada tiga ruangan yang mengalami kerusakan yakni ruang kelas 4, kelas 5, dan kelas 6. Kalau hujan, siswa terpaksa pindah mencari ruangan yang aman. Kadang di teras sekolah," kata AS kepada sukabumiupdate.com, Jumat, 24 Juni 2022. Menurut AS, sejumlah kerusakan pada bangunan SDN Pasirangin, termasuk WC, disebabkan usia yang sudah tua.

Baca Juga :

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Khusyairin mengatakan SDN Pasirangin memiliki satu WC guru dengan kondisi rusak ringan, satu WC pelajar putri rusak ringan, dan satu WC pelajar putra kondisi rusak ringan. Ini berdasarkan data yang dilaporkan Kepala SDN Pasirangin kepada Dinas Pendidikan pada 10 Mei 2022 lewat Dapodik.

Sesuai tingkat kerusakan tersebut yakni rusak ringan, Khusyairin menyebut masuk ke kategori pemeliharaan. Sementara kategori rehabilitasi diperuntukkan bagi kondisi bangunan rusak sedang dan berat. "Dari data tersebut, SDN Pasirangin tidak terdeteksi sebagai sekolah penerima bantuan baik, DAK maupun APBD tahun 2022," kata Khusyairin.

Tetapi, apabila kondisi di lapangan SDN Pasirangin rusak berat, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi akan mengusulkan rehabilitasi pada anggaran APBD perubahan tahun ini. "Dapodik adalah sumber data utama dalam membuat perencanaan dan alokasi anggaran, baik pusat maupun daerah. Besok (hari ini) kami akan ke lokasi untuk mengecek," ucap Khusyairin.

Adapun data yang disampaikan ke Kemendikbudristek RI, sambung Khusyairin, SDN Pasirangin memiliki siswa putra 63 orang, siswa putri 73 orang, sehingga total siswa 136 orang. Kemudian jumlah rombel 6, di mana rusak ringan 3 dan kondisi baik 3. Atas dasar ini SDN Pasirangin hanya dapat anggaran pemeliharaan oleh sekolah melalui dana BOS.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi