Light Dark

Mengenal Faktor Penyebab Hedonisme dan Dampak Negatif Bagi Pelakunya

Gaya Hidup | 24 Jun 2022, 23:00 WIB
(Ilustrasi) Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama | Sumber Pexels

SUKABUMIUPDATE.com - Menurut KBBI Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama. Hedonisme sendiri berasal dari bahasa Yunani “Hedone” yang memiliki arti kesenangan.

Saat ini gaya hidup ini semakin banyak dianut kalangan tertentu di dalam kehidupan sosial. Apa saja faktor yang menyebabkan perilaku hedonisme? Lalu, apa dampak yang ditimbulkan dari perilaku tersebut? 


Advertisement

Mengutip dari Britannica via Tempo.co, Hedonisme merupakan keyakinan bahwa tujuan dari kehidupan ialah untuk mengejar kesenangan dengan cara menghindari apa pun yang dapat membuat menderita atau sakit. Biasanya para penganut Hedonisme percaya bahwa tujuan utama dalam hidup adalah memuaskan diri. 

Baca Juga :

Faktor Penyebab Seseorang Menganut Hedonisme

Ada dua hal yang menyebabkan perilaku Hedonisme seseorang bisa tumbuh, diantaranya:

1. Internal

Mengutip dari seputarpengetahun.co.id, faktor internal berasal dari diri sendiri. Memang diketahui, sudah menjadi tabiat manusia yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah dimilikinya.


Advertisement

Manusia ingin yang lebih dan lebih lagi. Oleh karena itu, manusia terus mengejar kepuasannya hingga membuatnya selalu merasa di atas tanpa melihat keadaan di sekelilingnya. 

2. Eksternal

Faktor eksternal yang membuat seseorang menjadi hedon bisa jadi diambil dari adat dan budaya dari luar negeri yang tersebar lewat media informasi online lalu banyak dari kita yang mengikutinya. Bisa juga dari orang sekitar yang sudah menganut Hedonisme dan secara tidak langsung pun kita mengikuti arusnya sehingga kita menjadi salah satu penganut hedonisme. 

photo(Ilustrasi) Hedonisme menyebabkan seseorang lebih konsumtif. - (pixabay.com)

Dampak dari Gaya Hidup Hedonisme

Tidak dapat dipungkiri bahwa dampak dari Hedonisme ini cenderung negatif. Ada beberapa dampak yang bisa ditimbulkan dari hedonisme, diantaranya:

1. Menyebabkan Orang Jadi Individualis

Gaya hidup hedonism membuat orang individualis. Orang yang sudah menganut Hedonisme akan lebih mementingkan dirinya sendiri tanpa memikirkan perasaan atau kepentingan orang lain. Hal ini menjadi dampak untuk orang disekitarnya, sebab orang seperti ini lebih egois serta tak peduli sesama.

2. Jadi Lebih Konsumtif

Dampak lain hedonism yaitu konsumtif. Demi menyenangkan dirinya, ia akan selalu mencoba mendapatkan kesenangan dengan membeli barang yang belum tentu barang itu akan digunakan atau tidak nantinya. Pembelian barang tidak dilihat dari kebutuhan yang diperlukan akan tetapi untuk kesenangannya saja.

3. Hidup tidak Teratur

Orang yang menganut hedonisme, hidupnya menjadi tidak teratur, karena di pikirannya hanyalah kesenangan belaka. Orang tersebut akan menghabiskan waktunya hanya untuk kesenangan hidupnya.

4. Jadi Boros

Boros merupakan dampak yang paling terlihat dari hedonisme. Mengutip dari laman idmetafora.com, demi terpenuhi kesenangan pribadinya orang yang memakai gaya hidup Hedonisme lebih cenderung boros sebab membeli barang-barang yang tidak perlu. Semua kesenangan cenderung dengan hal-hal yang mewah, tentunya akan sangat menghabiskan banyak uang.

SUMBER: TEMPO.CO/RINDI ARISKA

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran