Light Dark

Selalu Cek Volume Oli Mesin, Kelebihan Oli Bisa Sebabkan Masalah pada Motor

Motor | 24 Jun 2022, 08:00 WIB
(Ilustrasi) Setiap mesin motor memiliki kapasitas oli mesin yang berbeda tergantung dari besar kecilnya mesin yang digunakan | YouTube Mas Andung

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap mesin Motor memiliki kapasitas Oli mesin yang berbeda tergantung dari besar kecilnya mesin yang digunakan. Pemilik Motor harus memastikan volume Oli mesin sesuai agar tidak menimbulkan masalah pada motor.

Mengutip dari Suara.com, menurut laman Wahana Honda jika kelebihan oli dapat menimbulkan efek tidak baik pada mesin.


Advertisement

Simak dampak negatif bila terjadi kelebihan oli atau pelumas mesin sepeda motor:

Menurunkan Kualitas Oli

Secara logika, jumlah oli yang banyak justru akan memasok oli dengan kualitas baik. Namun ternyata, hal ini salah. Faktanya, kelebihan oli malah akan berdampak pada penurunan kualitas.

Pasalnya, saat mesin bekerja akan menimbulkan gelembung- gelembung pada genangan oli, lalu bertabrakan dengan weight balance. Dalam takaran normal, seharusnya oli hanya untuk melapisi tidak perlu menggenangi. Jika oli menggenangi mesin, oli justru akan mudah keruh dan membuat kualitasnya menurun.

Menghambat kinerja mesin


Advertisement
photo(Ilustrasi) Oli mesin. - (IST)

Fungsi utama oli adalah melumasi mesin sehingga kinerja menjadi ringan karena minim gesekan. Namun, jika berlebihan justru akan menghambat kinerja mesin.

Karakter pelumas memiliki kekentalan yang konsisten dan dalam volume berlebih justru akan menimbulkan hambatan pada mesin. Dengan demikian, kinerja mesin akan terasa berat.

Tidak heran jika takaran oli yang berlebihan akan membuat performa sepeda Motor menjadi melempem. Jadi sebaiknya mulai hindari kelebihan oli pada Motor agar tidak membuat Motor kesayangan mengalami kerusakan.

Demikian, kelebihan oli pada Motor bisa memberikan dampak negatif. Oleh karena itu, penting untuk membaca takaran pada buku manual dan keterangan produk pelumas sehingga kendaraan kesayangan tidak mengalami penurunan performa.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran