Light Dark

Cepat Busuk, 3 Buah dan Sayuran Ini Sebaiknya Tak Disimpan dalam Kulkas

Gaya Hidup | 23 Jun 2022, 13:30 WIB
Ilustrasi Buah dan Sayuran Ini Sebaiknya Tak Disimpan dalam Kulkas Karena Bisa Cepat Busuk | shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Kulkas merupakan barang yang dapat menjaga kesegaran makanan. Maka tidak heran jika banyak yang menyimpan Buah dan Sayuran di dalam Kulkas agar tetap segar.

Namun sayangnya, tidak semua Buah dan Sayuran dapat disimpan didalam Kulkas dan justru lebih baik disimpan di suhu ruangan.


Advertisement

Dihimpun dari tempo.co, inilah tiga Buah dan Sayuran yang sebaiknya tidak disimpan dalam Kulkas karena bisa cepat basi.

Baca Juga :

1. Mentimun

photoMentimun - (freepik)

Menurut College of Agricultural and Environmental Sciences, jika mentimun disimpan di bawah 10 derajat Celcius selama lebih dari tiga hari, Sayuran itu bisa mendapatkan luka dingin. Gejalanya termasuk air, lubang, dan pembusukan lebih cepat.


Advertisement

Mentimun membutuhkan lingkungan yang teduh dan sejuk, jauh dari sinar matahari langsung. Berdasarkan teori ini, lebih baik menyimpan mentimun di lemari.

Menurut para ahli dari Food52, mentimun tidak boleh disimpan di dekat buah-buahan seperti alpukat, tomat, atau melon. Ini karena buah-buahan tersebut mengeluarkan gas etilen saat matang.

"Mentimun lebih cenderung cepat menguning karena paparan gas etilen. Meskipun tidak berbahaya, etilen adalah gas yang dilepaskan dari Buah dan Sayuran yang menyebabkan produk lebih cepat matang."

2. Tomat 

photoTomat - (Freepik)

Para ahli dari The Neff Kitchen mengatakan pendinginan dapat mempengaruhi rasa, tekstur, dan aroma tomat. 

Taste of Home menjelaskan bahwa Buah merah ini lebih baik disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, jauh dari sinar matahari.

Sinar hangat yang masuk melalui jendela hanya akan mempercepat proses pematangan. Namun, tomat yang disimpan di lemari es cenderung bertahan hingga seminggu lebih lama daripada yang disimpan di lemari.

3. Bawang Bombai

photoBawang Bombai - ( shutterstock)

Menurut National Onion Association (NOA), bawang paling baik disimpan di ruangan yang sejuk, kering, gelap, dan berventilasi baik, seperti dapur, ruang bawah tanah, ruang bawah tanah, atau garasi.

"Ini karena bawang mudah menyerap kelembapan. Jika suhu atau kelembapan terlalu tinggi, mereka mungkin mulai bertunas atau membusuk," menurut penjelasan Healthline. 

Bawang Bombai bisa bertahan hingga dua bulan jika disimpan di lemari atau di suhu ruangan yang sejuk. 

Baca Juga :

SOURCE: EXPRESS.CO.UK | TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah