Hadiri Wisuda SMK Doa Bangsa, Ayep Zaki Ajak Lulusan SMK Bangun Sukabumi

Selasa 21 Juni 2022, 14:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pembina Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa (YPPDB), H. Ayep Zaki, S.E., M.M. menghadiri acara Graduation 9.0 SMK Doa Bangsa yang diselenggarakan di Gedung Fridnanda Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (21/6/2022).

Kegiatan tersebut bertema “When you make a choice, you change the future”.

Dalam sambutannya, Ayep Zaki memberikan selamat kepada lulusan SMK Doa Bangsa yang berjumlah 192 siswa dari 3 kompetensi keahlian yaitu diantaranya Rekayasa Perangkat Lunak, Akuntansi Keuangan Lembaga, dan Teknik & Bisnis Sepeda Motor.

“YPPDB saat ini sudah memiliki 24 lembaga Pendidikan, termasuk salah satunya SMK Doa Bangsa ini. Bukan hanya pendidikan yang saya bangun, tetapi juga lembaga ekonomi. Sejak 2005 saya sudah membangun kurang lebih 219 UKM yang menyebar di seluruh wilayah Indonesia, paling banyak di Sukabumi. Ini satu bukti secara pribadi, komitmen saya secara lembaga YPPDB untuk membangun masa depan bangsa,” kata Ayep.

Dalam kegiatan tersebut, Ayep yang merupakan penggiat ekonomi kerakyatan menyampaikan misi perjuangannya dalam membangun pendidikan dan juga ekonomi di seluruh Indonesia khususnya Sukabumi

“Saya telah mencetuskan program sejak bulan Januari 2022, yaitu program kemitraan di bidang pertanian. Alhamdulillah sampai dengan hari ini kita sudah merealisasikan budidaya di bidang pertanian jagung dan kedelai kurang lebih sekitar 67 hektar. Ini yang sudah realisasi. Sementara saya mempunyai mimpi untuk Sukabumi ini yaitu 50 ribu hektar,”ujarnya.

Ayep Zaki beserta lembaga FKDB dan YPPDB telah membangun gudang penampungan hasil budidaya pertanian kedelai di Kecamatan Sagaranten dengan kapasitas 1500 Ton,” terang Ayep.

Selanjutnya, Ayep menyampaikan harapan dan cita-citanya dalam membangun ekosistem pertanian di Sukabumi dengan program kemitraan FKDB.

“Saya sangat tidak puas hari ini memiliki 24 lembaga Pendidikan, saya akan kembangkan. Karena pendidikan ini untuk kepentingan rakyat, kepentingan masyarakat. FKDB tidak akan menerima anggota, tetapi FKDB akan bermitra kepada siapapun, termasuk kepada siswa siswa kita. Alhamdulillah saat ini kita sudah bermitra dengan 500 petani atau 500 kepala keluarga petani. Ini akan terus ditingkatkan sampai dengan jumlahnya ratusan ribu di Kab. Sukabumi,” kata Ayep

Ayep yang tergabung sebagai Kader NasDem tersebut meminta dukungan seluruh masyarakat Sukabumi yang hadir dalam acara tersebut dalam program ekosistem pertanian di Sukabumi

Menurut Ayep, masa depan Sukabumi harus dirancang dari sekarang dan Ayep secara inisiatif merancang ini tanpa menggunakan dana APBN/APBD, tetapi menggunakan regulasi pemerintah melalui skema perbankan dan pihak ketiga yang siap bekerjasama.

“Untuk mewujudkan mimpi ini, saya masuk ke politik karena politik adalah arah untuk menentukan bangsa ini, supaya bangsa ini arahnya jelas,” ujarnya.

Ayep akan mengusung perjuangan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. “Supaya Indonesia tidak lagi salah jalan mengambil kebijakan-kebijakan yang lain, maka saya akan mengusulkan habis-habisan. Bukan hanya mengusulkan, saya akan bekerja habis-habisaan untuk membngun ekosistem pertanian,” ujarnya.

“Saya mohon dukungan dari adik-adik semua apabila Sukabumi tumbuh ekonominya, ekosistem pertaniannya tumbuh, maka kita bisa menjual komoditi dari Sukabumi, selanjutnya uang dapat diputar di Sukabumi, sehingga tingkat pengangguran akan turun, tenaga kerja terserap, belanja akan naik. Tetapi apabila tidak ada sumber uang yang lahir di Sukabumi, ini akan berakibat menjadi kurang seimbangnya ekosistem ekonomi yang akan berdampak pada ekosistem sosial dan budaya. Komitmen saya tidak boleh ada yang nganggur, semua harus bekerja. Mari kita ciptakan lapangan kerja, kita bangun ekosistem bidang ekonomi, ekosistem bidang Pendidikan. Maka saya berpesan disini lulusan SMK Doa Bangsa tidak boleh ada yang nganggur,” tutup Ayep

Turut hadir dalam acara kelulusan tersebut, Camat Kecamatan Palabuhanratu Ali Iskandar, Polsek Palabuhanratu diwakili Kanit Binmas AKP Agus, Komite Sekolah Yudistira, Kepala Sekolah TPA Palabuhanratu Niar Syamsuniar, Koramil Peltu Dodi Salawudi, dan tamu undangan lainnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)