Light Dark

Surfing di Pantai Cikembang Sukabumi Kata Bule Jerman: Cocok bagi Pemula

Arena | 19 Jun 2022, 12:38 WIB
Fabian saat surfing di Pantai Cikembang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu, 18 Juni 2022. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satunya Pantai Cikembang di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok. Di pantai ini sering ditemukan peselancar lokal hingga mancanegara untuk berlatih selancar atau surfing bagi pemula.

Termasuk dua wisatawan asal Jerman, Fabian (30 tahun) dan Diana (30 tahun). Cuaca hujan tak menyurutkan semangat sepasang kekasih itu untuk berlatih surfing menaklukan ombak Pantai Cikembang pada Sabtu sore, 18 Juni 2022, dengan dipandu peselancar lokal tentunya.


Advertisement

“Ini kedua kalinya saya berkunjung ke Indonesia, dan kunjungan pertama kali ke pantai ini. Saya menikmatinya,” ujar Fabian kepada sukabumiupdate.com.

photoFabian dan Diana di Pantai Cikembang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu, 18 Juni 2022. - (Istimewa)


Advertisement

Baca Juga :

Menurut Fabian, ombak pantai Cikembang cocok untuk pemula, sehingga bisa dimanfaatkan sang kekasih, Diana, untuk berlatih surfing. “Cukup bagus, gelombang ombaknya kecil, menyenangkan. Bagi Diana yang pemula ombaknya cocok untuk berlatih,” tuturnya.

Selain Pantai Cikembang, Fabian dan Diana juga akan menghabiskan waktunya bermain surfing di Pantai Cimaja, Kecamatan Cikakak, pada Ahad (19/6/2022) sebelum esoknya melanjutkan wisata ke Pulau Bali.

Terpisah, Sendi (29 tahun) yang menjadi pemandu berselancar bagi Fabian dan Diana memberi pesan untuk pemula yang ingin belajar surfing di Pantai Cikembang.

“Yang penting jaga keselamatan saja. Jangan memaksakan untuk surfing kalau misalnya ombaknya tidak mendukung atau terlalu besar, bahaya. Meskipun sudah mencoba, kalau misalnya kata instruktur tidak boleh main harus nurut, jangan ngeyel,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bagi pemula yang belum berpengalaman harus menggunakan instruktur, jangan berani main sendiri. “Meskipun surfing itu kayak gampang, termasuk olahraga esktrim,” sambungnya.

Pemuda asal Cimaja yang juga anggota Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Kabupaten Sukabumi itu berharap pemerintah daerah memperhatikan akses jalan menuju Pantai Cikembang yang menurutnya harus diperbaiki.

“Pantai Cikembang itu akses jalannya kurang bagus. Kalau hujan licin jalannya. Terus kalau bisa disitu juga ada tempat sampahnya juga,” tandasnya.

Image

Denis Febrian

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur