Minta Maaf ke Jurnalis di Sukabumi, Keluarga Korban Bagbagan Dorong Musyawarah

Minggu 19 Juni 2022, 11:41 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keluarga korban jatuh ke Sungai Cimandiri dari Jembatan Bagbagan di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, meminta maaf atas kasus penganiayaan jurnalis media Jurnal Sukabumi Ilham Nugraha (26 tahun). Diketahui, pelaku penganiayaan ini adalah ayah dan kakak ipar korban yang terjatuh.

Permintaan maaf diwakili Gigin Gunawan, ketua RW tempat tinggal korban yakni Kampung Mariuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan. Ia menyampaikan permintaan maaf itu lewat siaran langsung akun Facebook Mypalabuhanratu.com, Sabtu, 18 Juni 2022. Gigin berharap kasus penganiayaan tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan dengan musyawarah.

"Meminta maaf kepada salah satu media yang terjadi peristiwa pemukulan. Itu dilakukan oleh pihak keluarga korban yaitu ayahnya korban dan kakak ipar korban yang insiden jatuh dari Jembatan Cimandiri (Jembatan Bagbagan)," kata dia. "Saya memohon sekali lagi untuk bisa diselesaikan dengan musyawarah dan kekeluargaan," imbuh Gigin.

Menurut Gigin, saat ini korban masih dirawat dalam kondisi trauma sekaligus lemah dalam persoalan ekonomi. Namun, Gigin tetap mengecam penganiayaan tersebut dan berharap ke depan tidak ada kasus serupa. "Mudah-mudahan ini bisa menjadi pelajaran ke depan supaya tidak terjadi. Sangat disayangkan kalau terjadi lagi," kata dia.

photoDua pelaku penganiayaan wartawan media online Jurnal Sukabumi Ilham Nugraha (26 tahun) saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Sukabumi, Jumat, 17 Juni 2022. - (Sukabumiupdate.com/Denis Febrian)

Baca Juga :

Dua Pelaku Penganiayaan Wartawan di Sukabumi Ditangkap, Ini Motifnya

Baca Juga :

Tersangkanya Menantu Mertua, Kasus Wartawan Sukabumi Dikeroyok saat Liputan

Baca Juga :

Wartawan Sukabumi Diduga Dianiaya saat Liput Korban Jatuh ke Sungai Cimandiri

Baca Juga :

Kecam Penganiayaan Wartawan di Sukabumi, AJI Ingatkan Kode Etik Jurnalistik

Sebelumnya, polisi telah menangkap dua pelaku penganiayaan wartawan media online Jurnal Sukabumi Ilham Nugraha (26 tahun) saat meliput korban jatuh ke Sungai Cimandiri dari Jembatan Bagbagan di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Penganiayaan dilakukan di RSUD Palabuhanratu, Senin, 13 Juni 2022.

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra mengatakan dua pelaku yang ditangkap adalah D (26 tahun) dan B (46 tahun). Keduanya merupakan kerabat korban kecelakaan yang jatuh ke Sungai Cimandiri. Pelaku D dan B memiliki peran berbeda dalam penganiayaan yang terjadi pada Senin sekira pukul 19.00 WIB ini.

"Kita bisa mengungkap kasus ini. Peran D yakni menarik, mendorong, dan memukul bagian kepala korban. Sedangkan B memukul bagian punggung korban," kata Dedy saat konferensi pers pada Jumat, 17 Juni 2022. Dedy menyebut kedua pelaku melakukan penganiayaan dengan tangan kosong alias tanpa senjata apa pun.

photoIlham Nugraha (26 tahun), wartawan Jurnal Sukabumi. Ia dianiaya saat meliput korban jatuh dari Jembatan Bagbagan ke Sungai Cimandiri di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Senin, 13 Juni 2022. - (Istimewa)

Terkait motif pelaku, kata Dedy, yakni tidak terima saat korban Ilham Nugraha meliput berita keluarganya yang sedang tertimpa bencana atau jatuh dari jembatan. Diketahui, ada tiga orang yang jatuh ke Sungai Cimandiri pada Senin sekira pukul 17.40 WIB. Insiden ini terjadi saat ketiganya berkendara menggunakan sepeda motor matik.

Ketentuan pidana yang disangkakan kepada kedua pelaku, lanjut Dedy, yaitu Pasal 170 KUHPidana tentang pengeroyokan dengan ancaman lima tahun penjara. Perihal apakah jumlah pelaku akan bertambah, Dedy menyebut masih melakukan penyelidikan. "Masih melakukan penyelidikan, apabila nanti ada lebih dari dua," katanya.

Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP I Putu Asti Hermawan mengatakan kedua pelaku adalah kerabat korban kecelakaan. Kedua pelaku yang sudah dijadikan tersangka ini adalah mertua dan menantu. "D orang yang mungkin paling vokal dalam melakukan penganiayaan. Dibantu B yang merupakan mertuanya," kata Putu.

Kedua tersangka, lanjut Putu, diamankan di rumah mereka di Kampung Mariuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. "Kebetulan memang selama tiga hari kemarin sempat berupaya menghilangkan diri. Kita pancing melalui informan dan bisa kita amankan kemarin (Kamis, 16 Juni 2022)," ucapnya.

Penganiayaan ini berawal saat adanya cekcok hingga saling dorong di ruang IGD RSUD Palabuhanratu pada Senin, 13 Juni 2022, sekira pukul 19.00 WIB. Ilham yang saat itu bersama dua wartawan lain, dituding telah mengambil gambar dan diminta menghapus gambar tersebut. Namun, Ilham mengaku belum mengambil gambar apa pun.

"Ada dua orang, salah satunya seumuran pemuda, menginginkan adanya penghapusan gambar di handphone. Ternyata kan tidak ada pengambilan gambar di ruangan tersebut," kata Ilham, Selasa, 14 Juni 2022. Saling dorong terjadi hingga ke luar ruang IGD. "Saat di luar IGD, terjadi pengeroyokan oleh belasan orang," tambah dia.

Menurut Ilham, sejumlah orang di IGD, termasuk pelaku, mengetahui Ilham merupakan wartawan. Sebab, sebelum masuk ke ruang IGD, Ilham telah mewawancara salah satu saksi yang menolong korban terjatuh ke sungai tersebut. Ilham menyebut wawancara ini dilakukan tepat di depan ruang IGD RSUD Palabuhanratu.

"Liputan bertiga (bersama wartawan lain). Masuk ke IGD juga bertiga, sampai diusir dari IGD pun bertiga. Hanya ada salah satu yang fokus ke saya pribadi," kata Ilham. Saat liputan tersebut, Ilham mengaku sudah memakai kartu identitas atau ID card wartawan, namun tertutupi jaket. "Pakai ID card, cuma tertutupi jaket," kata dia.

Akibat kejadian tersebut, Ilham mengalami luka pada kepala dan memar di bagian punggung. Ia melaporkan kejadian penganiayaan ini ke Polres Sukabumi dengan nomor laporan: STBL/602/VI/2022/SPKT/POLRES SUKABUMI/POLDA JAWA BARAT.

Video siaran langsung permintaan maaf perwakilan keluarga dapat dilihat di sini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali

Mengelola perasaan sedih dan mencapai kebahagiaan bisa menjadi perjalanan yang panjang.
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Sukabumi25 April 2024, 18:49 WIB

Menghadapi Situasi yang Mengecewakan, Simak 4 Alasan Mengapa Anak Bertingkah Seperti Ini

Meskipun menangani anak-anak Anda yang bertingkah bisa menjadi tantangan di saat-saat yang panas, yakinlah bahwa semua anak akan bertingkah pada satu waktu atau yang lain
Ilustrasi alasan mengapa anak bertingkah | Foto : Freepik/@freepik
Sehat25 April 2024, 18:38 WIB

7 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Anak-anak, Yuk Bunda Cari Tahu

Apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.
Ilustrasi manfaat apel bisa meningkatkan kesehatan otak.( Sumber Foto: pexels.com/ @Mareefe )