4 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Rabu 15 Juni 2022, 13:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia secara dramatis berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023, meski sempat diragukan, anak asuh Shin Tae-Yong sukses membuktikannya dengan meraih dua kemenangan di babak kualifikasi dimana salah satunya menumbangkan tuan rumah Kuwait

Terakhir kalinya Tim Garuda berlaga di Piala Asia terjadi tahun  2007 atau 15 tahun silam.

Melansir dari Suara.com, kepastian bakal tampilnya Timnas Indonesia di pentas Piala Asia 2023 ditentukan setelah merebut salah satu tiket yang diberikan kepada lima Runner Up grup terbaik.

Baca Juga :

Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Begini Kata Shin Tae Yong

Tim Merah Putih berhasil lolos sebagai salah satu Runner Up grup terbaik usai mencukur Nepal dengan skor 7-0.

Kemenangan besar ini dibarengi dengan fakta bahwa Kuwait dicukur oleh Yordania dengan skor 0-3 dan Filipina yang berada di grup lain, dihajar oleh Palestina dengan skor 0-4.

Hasil yang diterima Filipina dan Kuwait itu pun lantas memuluskan langkah skuat Garuda melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

Tercatat sebelum edisi 2023, Timnas Indonesia pernah tampil di Piala Asia edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007 saat menjadi tuan rumah.

Di balik keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia 2023 usai menundukkan Nepal ini, terdapat empat fakta menarik yang tercipta.

photoTimnas Indonesia merayakan gol saat menghadapi Kuwait di pertandingan pertama Kualifikasi Piala Asia 2023 - (Instagram/@pssi)</span

1. Raih Kemenangan Terbesar di Kualifikasi Piala Asia 2023

Kemenangan Timnas Indonesia atas Nepal dengan skor 7-0 ini menjadi kemenangan terbesar di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Adapun sebelum kemenangan besar Timnas Indonesia atas Nepal ini, hasil pertandingan dengan margin gol terbesar dipegang oleh Palestina yang menang 5-0 atas Yaman.

Selain itu, tujuh gol yang diciptakan Timnas Indonesia ke gawang Nepal ini menjadi jumlah gol terbanyak di satu pertandingan babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah Singapura mencetak enam gol ke gawang Myanmar.

2. Jadi Tim Terbaik ASEAN di Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia bukanlah satu-satunya tim ASEAN yang lolos ke Piala Asia 2023 lewat babak ketiga kualifikasi. Masih ada Thailand dan Malaysia yang lolos lewat fase ini.

Meski begitu, Timnas Indonesia boleh membusungkan dada. Sebab, skuat Garuda lolos dengan predikat tim terbaik ASEAN di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia mendapat predikat itu karena punya rasio gol yang apik, yakni mencetak sembilan gol dan hanya kebobolan dua gol saja. Karena rasio gol yang apik, skuat Garuda mengangkangi rival-rivalnya itu dan menduduki posisi kedua Runner Up grup terbaik di belakang Kirgizstan.

3. Pecahkan Rekor 18 Tahun Silam

Keberhasilan Timnas Indonesia melangkah ke putaran final Piala Asia 2023 lantas memecahkan rekor yang bertahan 18 tahun silam atau sejak 2004.

Untuk pertama kalinya sejak 2004, Timnas Indonesia berhasil melenggang ke putaran final Piala Asia lewat jalur kualifikasi.

Di tahun 2004, Timnas Indonesia lolos dengan status Runner Up grup C di belakang Arab Saudi dan mengungguli Yaman serta Bhutan.

4. Negara dengan Ranking FIFA Terendah di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia mencetak raihan mengagumkan setelah lolos ke Piala Asia 2023 dengan status negara yang punya ranking FIFA terendah.

Timnas Indonesia saat ini duduk di peringkat ke-159, menilik klasemen di laman resmi FIFA yang diperbarui pada Maret 2022. Peringkat itu menjadi peringkat terendah dari 24 negara yang bakal mentas di Piala Asia 2023.

Adapun peringkat terendah yang mentas di Piala Asia 2023 nanti selain Timnas Indonesia adalah Malaysia (154), Hong Kong (147), Tajikistan (114), dan Thailand (114).

 

SUMBER: SUARA.COM/Felix Indra Jaya

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa
Life29 Maret 2024, 11:11 WIB

6 Etika Ngobrol yang Membuat Anda Disenangi Banyak Orang, Ini Caranya

Terdapat beberapa sikap yang membuat seseorang disenangi banyak orang. Karena itu penting diketahui agar menjadi solusi kehidupan yang bermakna
Ilustrasi - Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan orang lain terutama yang baru dikenal (Sumber : Pexels/Thirdman)
Food & Travel29 Maret 2024, 11:07 WIB

Cocok Jadi Sajian Lebaran, Intip Resep Bakso Sapi Ala Devina Hermawan! Kuahnya Super Gurih

Bakso Sapi dengan kuah super gurih ala Devina Hermawan ini tentu juga bisa jadi suguhan untuk tamu-tamu yang bersilaturahmi ke rumah Anda pada saat lebaran nanti.
Sajian lebaran untuk keluarga, resep Bakso Sapi kuah super gurih ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 11:00 WIB

5 Seni Berbicara yang Membuat Anda Berwibawa di Mata Orang, Yuk Buktikan!

Seni berbicara di hadapan orang lain rupanya ada tekniknya agar dipandang berwibawa. Jadi solusi bagi orang yang ingin dihormati dan disegani.
Ilustrasi. Seni berbicara agar berwibawa. Sumber foto : Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
Sehat29 Maret 2024, 10:59 WIB

5 Jenis Makanan yang Bisa Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang!

Terdapat jenis makanan yang rupanya bisa memperpendek umur. Karena itu penting menghindarinya agar bisa berumur panjang di masa depan
Ilustrasi - Makanan yang bisa memperpendek umur (Sumber : Pexels/Alexy Almond)
Food & Travel29 Maret 2024, 10:52 WIB

Segar Banget! Resep Es Kopyor Tanpa Kelapa, Nikmat Jadi Takjil Puasa

Minuman segar dan manis ini cara membuatnya juga mudah karena menggunakan bahan-bahan mudah dijangkau.
Minuman yang segar dan manis, resep Es Kopyor Tanpa Kelapa ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 10:46 WIB

5 Rahasia Cepat Kaya Orang China yang Bisa Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang China identik dengan pribadi yang kaya dan pebisnis. Tentunya, di balik itu semua ad acara berpikir yang membuatnya sukses sampai tujuh turunan
Ilustrasi - Cara kaya ala orang China (Sumber : Pexels/RDNE Stock project)
Kecantikan29 Maret 2024, 10:45 WIB

5 Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Artikel ini akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mengidentifikasi foundation yang tepat untuk kulit Anda, termasuk cara memilih warna yang sesuai, mengetahui tekstur foundation yang sesuai, dan memilih coverage atau tutupan yang sesuai dengan kulit.
Ilustrasi. Make Up. Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang. Sumber: pixabay.com