Jaring "Spiderman", Upaya Mencegah Korban Baru di Jembatan Bagbagan Sukabumi

Selasa 14 Juni 2022, 15:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selepas menyetop pekerjaan renovasi Jembatan Cimandiri atau dikenal Bagbagan di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, sejumlah warga melakukan aksi protes lain dengan memasang jaring pengaman tali rafia di ujung segmen proyek jembatan di atas sungai Cimandiri tersebut. Ini dilakukan warga pada Selasa (14/6/2022).

Pemasangan tali rafia pengaman yang mirip jaring "Spiderman" tersebut adalah bentuk protes kurang amannya lokasi proyek renovasi jembatan. "Kita pasang karena memang tidak ada safety sama sekali. Ini sebagai bentuk protes masyarakat kenapa tidak ada pengaman seperti ini," kata warga, Jajat Sudrajat (34 tahun), kepada sukabumiupdate.com di lokasi.

Jajat menyebut warga juga meminta transparansi anggaran proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR ini. "Jangan ada yang ditutup-tutupi anggaran berapa yang dikeluarkan pemerintah. Kami sebagai warga juga membayar pajak," ucap Jajat. Permintaan ini muncul lantaran warga heran tak ada papan proyek di sekitar jembatan.

Aksi protes warga ini terjadi menyusul peristiwa jatuhnya tiga orang ke Sungai Cimandiri dari jembatan tersebut pada Senin, 13 Juni 2022, sekira pukul 17.40 WIB. Insiden ini terjadi saat ketiganya berkendara menggunakan sepeda motor matik. Ketiga korban adalah D (22 tahun), yang saat itu membonceng S (20 tahun) dan bayi berinisial DE (2 tahun).

photoKondisi lokasi proyek renovasi Jembatan Cimandiri atau lebih dikenal Jembatan Bagbagan di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/6/2022). - (Sukabumiupdate.com/Denis Febrian)

Baca Juga :

Menurut Jajat, segmen pengerjaan rehabilitasi jembatan sepanjang 60 meter ini harus dijaga dinas setempat atau dari pihak kontraktor. Tak hanya menjaga arus lalu lintas, namun mencegah adanya korban terjatuh ke sungai. Jajat mengaku belum mendapatkan informasi apakah dinas-dinas di Kabupaten Sukabumi dilibatkan dalam pengerjaan proyek ini.

"Dinas DLLAJ tidak tahu dilibatkan atau tidak, karena saya tidak pernah melihat ada DLLAJ bahkan petugas dari kontraktor yang jaga (di ruas segmen proyek) mengamankan pekerjaan ini. Hanya mengandalkan OKP dan ormas. Begitu pun mereka (OKP dan ormas) tidak berada di posisi TKP kecelakaan, hanya di tiap ujung jembatan," ujarnya.

Kosongnya isi water barrier yang diletakkan di sepanjang pengerjaan proyek menjadi sesuatu yang tak luput dari sorotan warga. Padahal, alat ini berfungsi sebagai pembatas seandainya ada warga atau pengendara yang akan terjatuh ke sungai. Jajat mengatakan water barrier di lokasi itu tidak diisi air sama sekali, sehingga banyak yang jatuh.

"Ini menjadi pekerjaan rumah bagi kontraktor untuk mencegah ada korban selanjutnya," kata dia. "Lampu-lampu selang sepanjang proyek kalau malam tidak ada, ini pun seharusnya ada diaktifkan kembali penerangan," imbuh Jajat.

Saat berita ini ditayangkan, Muspika Simpenan bersama warga sedang melakukan audiensi dengan pihak Kementerian PUPR dan kontraktor di kantor Kecamatan Simpenan. Mediasi tersebut membicarakan masalah keamanan pengerjaan proyek rehabilitasi Jembatan Bagbagan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)