Biar Gak Dianggap Norak, Jangan Lakukan 6 Hal Ini saat Makan di Restoran

Senin 13 Juni 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Makan di sebuah restoran menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, kamu bisa menikmati makanan lezat yang tersedia di sana.

Namun, meski ingin mencari kesenangan di tempat itu, kamu tetap harus memperhatikan norma atau sopan santun, jangan bertindak semaunya sampai mengganggu staf restoran, usahakan untuk tetap menjadi pengunjung terhormat. 

Melansir dari Tempo.co, berikut adalah enam hal yang mungkin sering dilakukan pengunjung restoran secara tidak sengaja yang mengganggu staf restoran.

Baca Juga :

4 Makanan Khas Sukabumi Ini Cocok Jadi Teman Nongkrong Malam Kamu

1. Jangan jentikkan jari pada pelayan

Brian Nagele, CEO Restaurant Clicks, agen pemasaran digital di industri makanan dan minuman, dan mantan pemilik restoran Kings Oak di Philadelphia, memiliki satu permintaan: Tolong jangan menjentikkan jari ke pelayan.

"Dalam industri perhotelan, menjentikkan jari dianggap sebagai sikap yang menghina. Pelayan biasanya sibuk dengan banyak meja dan bekerja dalam lingkungan yang sibuk. Jadi, permintaan kehadiran mereka yang tidak sabar seringkali menambah frustasi batin mereka di tempat kerja," kata Nagele.

Sebagai gantinya, dia menyarankan mengangkat tangan atau mencoba melakukan kontak mata, ini membantu membangun hubungan yang sopan dengan karyawan yang membantu.

2. Membandingkan makanan

Setiap restoran menawarkan cita rasa sendiri, itulah sebabnya pelanggan harus menghindari membandingkan satu tempat dengan tempat lain saat berbicara dengan staf restoran.

"Semua restoran dan koki itu unik," kata Andy Diep, master sushi chef di Seminole Reef Grill. "Menjengkelkan ketika pelanggan memulai dengan mengatakan, 'Apakah sushi kamu seperti ini dan itu di restoran lain? Koki, pemilik restoran, atau pelayan akan berpikir, 'Nah, mengapa Anda tidak pergi ke sana?'"

Sebaliknya, Diep menyarankan para tamu untuk membuka pikiran dan selera mereka terhadap cita rasa restoran, daripada meniru makanan yang bisa mereka dapatkan di tempat lain.

"Saya pribadi suka mengobrol dengan pelanggan untuk mempelajari tentang preferensi rasa dan tekstur mereka, dan saya menyesuaikan sushi khusus untuk mereka."

3. Hindari kontak fisik

Sama seperti Anda tidak ingin disentuh oleh orang asing, begitu pula pelayan restoran. Itu tidak pantas. "Tidak semua orang yang bekerja di perhotelan adalah ekstrovert dan mereka memiliki hak atas ruang pribadi mereka,” kata Nagale.

Sekali lagi, cobalah melakukan kontak mata sebagai gantinya. Atau, jika harus, berjalan ke pelayan dan cukup katakan, "permisi" untuk mendapatkan perhatian mereka.

photo(Ilustrasi) Restoran. - (Pixabay)</span

4. Terus-terusan menelepon

Menelepon di meja restoran terus-terusan bisa mengganggu pelayan dan pelanggan lainnya, jadi letakkan ponsel dan jangan mengabaikan pelayan.

"Lebih sopan untuk meletakkan ponsel, tetap diam, atau meninggalkannya di mobil saat berada di restoran," kata Diep. Kalaupun tidak bisa meninggalkan ponsel di mobil, keluarlah untuk menelepon.

5. Hindari memilih meja yang kotor

Jangan memilih meja yang kotor agar pelayan punya waktu untuk melakukan pekerjaan mereka. "Duduk di meja yang kotor membuat pelayan yang mungkin sedang menangani tugas lain terburu-buru. Ketika duduk di meja yang tidak siap, itu menekan karyawan untuk menghentikan pekerjaan mereka untuk melayani Anda, dan itu tidak selalu mungkin, terutama pada hari-hari ketika kekurangan staf," jelas Nagele.

"Ditambah lagi, itu membuat segalanya menjadi canggung karena Anda sekarang harus melihat mereka membersihkan di depan Anda. Beberapa tamu bahkan mungkin mulai mengkritik metode sanitasi pelayan berdasarkan preferensi pribadi."

Jika tidak menemukan meja yang bersih, Nagele menyarankan untuk memberi waktu lima menit kepada staf untuk menyiapkannya.

6. Tidak datang setelah melakukan reservasi

Inilah kesalahan terbesar yang dilakukan tamu restoran, tidak muncul setelah reservasi.

"Ada tren saat ini di mana pelanggan membuat banyak reservasi pada malam akhir pekan. Kami bahkan memiliki sebutan untuk itu, 'belanja reservasi,'" kata Tiff Meikle, manajer front-of-house dan salah satu pemilik Heritage Restaurant & Bar Kaviar di Chicago.

"Ini adalah praktik yang sangat merugikan bagi bisnis kami. Orang-orang tidak muncul sama sekali, atau membatalkan pada menit terakhir, yang berdampak negatif pada aliran pendapatan kami karena akhir pekan adalah saat kami menghasilkan uang.”

Kalaupun ingin membatalkan reservasi restoran, Meikle menyarankan melakukannya paling lambat 24 jam sebelumnya.

SUMBER: TRAVELANDLEISURE.COM | TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI
Life29 Maret 2024, 13:30 WIB

5 Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan

Artikel ini akan membahas tentang alasan-alasan di balik kesulitan meninggalkan kebiasaan buruk serta beberapa tips yang dapat membantu kita memotivasi diri untuk melakukan perubahan positif.
Ilustrasi. Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan. Sumber: pixabay.com