Light Dark

Perbedaan Resume dan CV, Dokumen yang Wajib Dipersiapkan saat Melamar Kerja

Inspirasi | 13 Jun 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi Perbedaan Resume dan CV, Dokumen yang Wajib Dipersiapkan saat Melamar Kerja | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Saat melamar pekerjaan, sebagian perusahaan seringkali meminta pelamar memberikan Resume.

Meskipun terdengar cukup asing dibandingkan dengan Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup, Resume menjadi salah satu Dokumen yang wajib dipersiapkan saat Anda melamar pekerjaan.


Advertisement

photoIlustrasi CV - (freepik)

Nah, daripada bingung apa itu Resume, perbedaannya dengan CV dan bagaimana cara menyusunnya, Anda dapat menyimaknya dibawah ini seperti yang kami lansir dari suara.com.


Advertisement

Baca Juga :

Apa Itu Resume?

Dilansir dari laman Resume genius, Resume adalah Dokumen formal yang memberikan gambaran tentang kualifikasi professional Anda, termasuk pengalaman Kerja yang relevan, keterampilan, pendidikan, dan pencapaian penting Anda. Kata Resume sendiri diambil dari bahasa Prancis yang berarti singkatan.

Perbedaan CV dan Resume

Salah satu hal yang membedakan antara Resume dan curriculum vitae adalah, pada Resume Anda tidak perlu melampirkan data lengkap seperti pekerjaan atau organisasi yang tidak relevan dengan pekerjaan yang diinginkan.

Selain itu fungsi keduanya juga berbeda, CV juga dapat digunakan untuk mencari beasiswa atau mendaftar sebuah kepanitiaan. Namun Resume hanya digunakan seseorang dalam mencari pekerjaan.

Format Resume

1. Detail Kontak

Sertakan nama depan dan belakang, nomor telepon, dan alamat e-mail. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan profil LinkedIn supaya pencari Kerja dapat lebih mudah mengetahui kecocokan Anda dengan perusahaan.

2. Pendahuluan

Jangan lupa untuk memberikan gambaran singkat tentang latar belakang profesional dan kualifikasi utama Anda. Perkenalan ini dapat berupa ringkasan Resume, profil professional, tujuan Resume, atau ringkasan kualifikasi.

3. Pendidikan

Format Resume yang tidak boleh ketinggalan selanjutnya adalah pendidikan. Anda tidak perlu mencantumkan pendidikan sejak awal, cukup tuliskan pendidikan terakhir, lengkap dengan gelar yang diperoleh, dan tulisan tugas akhir atau skripsi jika itu memang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan kursus yang relevan.

4. Pengalaman Kerja

Buat daftar pengalaman Kerja yang relevan dengan posisi yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan jabatan, daftar tanggung jawab, dan capaian yang sudah Anda buat. Beberapa tempat Kerja mungkin akan meminta reference untuk mengkonfirmasi data ini.

5. Keterampilan

Sebutkan keterampilan Resume yang Anda miliki yang relevan dengan posisi tersebut. Pastikan untuk mengkombinasikan antara hard skill dan soft skill untuk menunjukkan bahwa Anda kandidat yang pantas.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah