Light Dark

Jenazah Putra Ridwan Kamil, Eril Dijadwalkan Tiba di Indonesia Minggu Sore

Jawa Barat | 12 Jun 2022, 08:47 WIB
Jenazah putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn alias Eril dijadwalkan tiba di Indonesia sore hari ini | IST

SUKABUMIUPDATE.com - Jenazah putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn alias Eril dijadwalkan tiba di Indonesia sore hari ini.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menjamin fasilitasi repatriasi Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat itu dijalankan dengan baik.


Advertisement

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI Judha Nugraha mengatakan, pihak Kemenlu dan KBRI di Swiss akan terus mendampingi keberangkatan Jenazah hingga sampai ke Indonesia dan Bandung.

Baca Juga :

Ia mengatakan, hari ini, Sabtu pukul 10:10 waktu Swiss atau pukul 15:10 WIB, jenazah Eril (sapaan Emmeril) akan diterbangkan ke Indonesia.  Berangkat satu pesawat dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan keluarga.

"Terbang dalam satu flight, saat ini sudah ada di Zurich Airport. Jadwal terbang pukul 10:10 waktu Swiss," jelasnya dalam konferensi pers hari ini, Sabtu (11/6/2022).


Advertisement

Diperkirakan rombongan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada hari Minggu (12/6/2022) sekitar pukul 15:45 WIB. Untuk selanjutnya dibawa melalui jalur darat ke Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Sementara itu, melansir dari Suara.com, Ridwan Kamil memberikan update terbaru pemakaman Eril. Jenazah Eril dipastikan tiba sore hari di Bandara Soekarno Hatta Banten. Hal itu diumumkan Ridwan Kamil lewat akun instagram pribadinya.

photoRidwan Kamil Unggal Peti Jenazah Eril: Saatnya Kamu Pulang ke Negeri Untaian Doa - (Instagram)

Selanjutnya jenazah Eril akan diberangkatkan ke Bandung.

"Saat ini saya sedang membersamai Jenazah Eril yang Insya Allah akan tiba jam 16.00 hari Minggu ini di Bandara Soekarno Hatta untuk selanjutnya berangkat ke Bandung.

Sebelumnya, Warga umum diperbolehkan ziarah ke Pemakaman Eril Selasa hingga Minggu pekan depan. Khusus Senin besok saat hari pemakaman Eril, warga bisa ziarah ke makam Eril hingga sore. Rencananya jenazah Eril dimakamkan Senin pagi.

"Lokasi pemakaman masih dibuka, bapak/ibu masyarakat yang berkenan ziarah kubur dibuka sampai sebelum Maghrib, jam 17.45 WIB. Kemudian, untuk selanjutnya masyarakat ingin ziarah kubur pada Selasa-Minggu pukul 08.00 sampai 17.00 WIB yang melakukan ziarah kubur dipersilakan," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya di Gedung Negara Pakuan Kota Bandung, Sabtu.

Rute perjalanan pemakaman Eril dari Gedung Pakuan hingga Cimaung, lokasi makam Emmeril Kahn Mumtadz. Pemakaman Eril akan dilakukan Senin besok.

Rute perjalanan ke pemakaman Eril disiapkan Pemprov Jawa Barat.

Warga diperbolehkan mendoakan atau ziarah kubur secara langsung di pemakaman Eril, seusai prosesi atau acara pemakaman selesai dilakukan.

"Rangkaian enggak panjang. Rutenya dari Gedung Pakuan, ke Jalan Wastukencana, masuk Tol Pasteur keluar Tol Soroja kemudian menuju Cimaung. Itu dapat mengantisipasi atau jalur alternatif jika terjadi kemacetan," kata Wahyu.

Pemprov Jabar juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat terkait rencana pemakaman putra sulung Gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang akan dilaksanakan pada Senin (13/6).

Ia berharap dengan penetapan waktu dan rute itu, siswa dan pekerja tidak terganggu karena perjalanan menuju pemakaman baru jam 9 pagi," kata Wahyu Mijaya.

Pihaknya juga mengimbau kepada keluarga agar tidak berangkat dari Gedung Negara Pakuan jika ingin ikut serta dalam proses pemakanan Eril di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin (13/6).

"Kalau misal ada masyarakat berkenan menshalatkan dibuka pukul 23.00-08.00 pagi hari. Jam 9 pagi diberangkatkan, bagi keluarga yang akan turut serta tidak berangkat dari Pakuan, sehingga langsung menuju Cimaung," kata dia.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran