404 Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi Kelompok Pertama Berangkat dari Cikembar

Sabtu 11 Juni 2022, 09:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan jemaah haji kelompok pertama dari Kabupaten Sukabumi, hari ini Sabtu 11 Juni 2022 berangkat dari Pusbandai Cikembang di Kecamatan Cikembar. Ada 404 jemaah dan 6 petugas yang berangkat dan akan bergabung dengan kloter atau kelompok terbang 12.

Ratusan calon tamu Allah ini dilepas secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Kementerian Agama serta unsur lainnya. Tampak Wakil Bupati Iyos Somantri secara simbolis melepas keberangkatan mereka menuju asrama haji di Bekasi

Prosesi pelepasan mendapatkan pengawalan dan pengaman dari jajaran Polres Sukabumi, TNI, Satpol PP dan jajaran lainnya.

"Alhamdulillah kita berkesempatan hari ini mengamankan keberangkatan para tamu Allah yang berangkat beribadah haji ke tanah suci," Kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah kepada awak media, Sabtu.

Menurutnya, fokus pengamanan baik pada saat kedatangan para jemaah calon haji dari wilayahnya masing-masing ke asrama haji Cikembang. Serta mengawal perjalanan para Jemaah ke Bekasi .

"Selain pengawalan kita juga menyiagakan personil gatur di jalur yang akan dilewati oleh rombongan kendaraan jemaah haji," sambungnya.

Baca Juga :

Menurut Dedy, Polres Sukabumi menurunkan personel secara maksimal untuk melayani para tamu Allah tersebut. Agar seluruh rangkaian kegiatan pelepasan jemaah haji tersebut berjalan aman dan lancar.

"Tentunya momen ini merupakan momen yang sangat membahagiakan dan mengharukan bagi para jemaah serta sanak keluarga, apalagi selama dua tahun kita absen tidak bisa mengirim jemaah haji ke Arab Saudi akibat pandemi. Saya ucapkan selamat kepada semua jemaah semoga diberi kesehatan dan kelancaran selama beribadah di tanah suci serta kembali ke Sukabumi dengan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," jelasnya.

Data Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, mencatat jika dibandingkan sebelum pandemi, tahun ini terjadi pengurangan kuota haji lebih dari 50 persen. Sebelum pandemi covid-19 melanda, Kabupaten Sukabumi memberangkat kurang lebih 1.500 orang setiap tahunnya.

Kelompok pertama jemaah haji Kabupaten Sukabumi ini, akan diterbangkan ke Tanah Suci pada Minggu 12 Juni 2022 sekira pukul 11.00 WIB. Sementara untuk gelombang II atau kloter 31 rencana pemberangkatan akan dilaksanakan pada Sabtu 25 Juni 2022 mendatang.

Ada 315 calon jemaah haji yang akan berangkat pada gelombang kedua pekan depan. Jumlah tersebut digabung dengan calon jemaah asal kota Banjar sebanyak 89 orang ditambah 6 orang petugas sehingga jumlah totalnya ada 321. 

Rencananya calon jamaah haji pada gelombang II akan terbang ke tanah suci pada Minggu 26 Juni 2022 mendatang. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)
Life24 April 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai

Ternyata Ini Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Banyak Teman. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. (Sumber : Pexels/DivaPlavalaguna)
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah di SMPN 1 Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)