Light Dark

404 Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi Kelompok Pertama Berangkat dari Cikembar

Sukabumi | 11 Jun 2022, 11:52 WIB
Kapolres AKBP Dedy Darmawansyah menemui kelompok pertama jemaah haji Kabupaten Sukabumi yang hari ini berangkat dari Cikembar | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan jemaah haji kelompok pertama dari Kabupaten Sukabumi, hari ini Sabtu 11 Juni 2022 berangkat dari Pusbandai Cikembang di Kecamatan Cikembar. Ada 404 jemaah dan 6 petugas yang berangkat dan akan bergabung dengan kloter atau kelompok terbang 12.

Ratusan calon tamu Allah ini dilepas secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Kementerian Agama serta unsur lainnya. Tampak Wakil Bupati Iyos Somantri secara simbolis melepas keberangkatan mereka menuju asrama haji di Bekasi


Advertisement

Prosesi pelepasan mendapatkan pengawalan dan pengaman dari jajaran Polres Sukabumi, TNI, Satpol PP dan jajaran lainnya.

"Alhamdulillah kita berkesempatan hari ini mengamankan keberangkatan para tamu Allah yang berangkat beribadah haji ke tanah suci," Kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah kepada awak media, Sabtu.

Menurutnya, fokus pengamanan baik pada saat kedatangan para jemaah calon haji dari wilayahnya masing-masing ke asrama haji Cikembang. Serta mengawal perjalanan para Jemaah ke Bekasi .

"Selain pengawalan kita juga menyiagakan personil gatur di jalur yang akan dilewati oleh rombongan kendaraan jemaah haji," sambungnya.


Advertisement

Baca Juga :

Menurut Dedy, Polres Sukabumi menurunkan personel secara maksimal untuk melayani para tamu Allah tersebut. Agar seluruh rangkaian kegiatan pelepasan jemaah haji tersebut berjalan aman dan lancar.

"Tentunya momen ini merupakan momen yang sangat membahagiakan dan mengharukan bagi para jemaah serta sanak keluarga, apalagi selama dua tahun kita absen tidak bisa mengirim jemaah haji ke Arab Saudi akibat pandemi. Saya ucapkan selamat kepada semua jemaah semoga diberi kesehatan dan kelancaran selama beribadah di tanah suci serta kembali ke Sukabumi dengan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," jelasnya.

Data Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, mencatat jika dibandingkan sebelum pandemi, tahun ini terjadi pengurangan kuota haji lebih dari 50 persen. Sebelum pandemi covid-19 melanda, Kabupaten Sukabumi memberangkat kurang lebih 1.500 orang setiap tahunnya.

Kelompok pertama jemaah haji Kabupaten Sukabumi ini, akan diterbangkan ke Tanah Suci pada Minggu 12 Juni 2022 sekira pukul 11.00 WIB. Sementara untuk gelombang II atau kloter 31 rencana pemberangkatan akan dilaksanakan pada Sabtu 25 Juni 2022 mendatang.

Ada 315 calon jemaah haji yang akan berangkat pada gelombang kedua pekan depan. Jumlah tersebut digabung dengan calon jemaah asal kota Banjar sebanyak 89 orang ditambah 6 orang petugas sehingga jumlah totalnya ada 321. 

Rencananya calon jamaah haji pada gelombang II akan terbang ke tanah suci pada Minggu 26 Juni 2022 mendatang. 

Image

Riza

Image

Fit NW

Redaktur