Light Dark

Ridwan Kamil Ungkap Sosok Penemu Jasad Eril, Guru SD Bernama Geraldine Beldi

Internasional | 11 Jun 2022, 00:18 WIB
Ridwan Kamil bersama Geraldine Beldi, seorang guru SD penemu jasad Eril pertama kali di Sungai Aare. | IG Ridwan Kamil

SUKABUMIUPDATE.com - Belum lama ini, jasad Emmeril Kahn Mumtadz, alias Eril, resmi ditemukan oleh pihak berwenang. Dijelaskan pula bahwa jasad putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini ditemukan di pintu air bendungan Engehalde Sungai Aare, Bern, Swiss.

Dalam akun media sosial pribadinya, Ridwan Kamil kemudian mengungkap siapa sosok penemu jasad Eril pertama kali. Namanya Geraldine Beldi, seorang guru SD setempat.


Advertisement

"MRS. GERALDINE BELDI namanya, seorang guru SD yang menemukan jenazah Eril di Sungai Aare, saat ia sedang berjalan pagi menuju tempatnya mengajar. Ia langsung menelpon polisi dan akhirnya jenazah Eril bisa ditemukan dan diselamatkan dengan baik," tulis Ridwan Kamil, Jumat (10/6/2022).

Usai mengetahui siapa sosok pertama kali yang menemukan jasad Eril, Ridwan Kamil kemudian meminta tim di Bern mencarikan Geraldine untuk memberi ucapan terimakasih.

“Mohon Carikan ibu guru itu, itu arahan saya ke tim di Bern. Saya berkewajiban menghaturkan terima kasih, sebelum pulang ke tanah air,” jelasnya.

"Alhamdulillah, menunggu selesai ia mengajar, jam 11 (waktu Swiss) tadi kami bertemu dan saya haturkan rasa terima kasih saya," sambungnya.


Advertisement

Baca Juga :

Saat berbincang dengan Geraldine, Ridwan Kamil mendapatkan kabar bahwa warga Kota Bern tahu semua tentang berita Eril. Sehingga guru SD itu setiap jalan kaki selalu melihat ke arah sungai Aare.

“Kami warga Kota Bern, tahu semua tentang berita Eril. Jadi saya pun tiap jalan kaki, selalu melihat ke arah sungai Aare. Dan ternyata saya yang menemukannya. Turut berduka cita ya Pak." 

“Ibu Geraldine kalo ingin berlibur ke Indonesia, tolong kabari saya ya. Nanti semuanya saya yg urus sebagai rasa terima kasih kami,” tulis Ridwan Kamil menyampaikan kembali perbincangannya dengan Geraldine.

photoTangkapan layar postingan Ridwan Kamil yang mengungkap sosok penemu jasad Eril pertama kali. - (IG Ridwan Kamil)

Ridwan Kamil mengaku terharu, jasad Eril ditemukan oleh seorang guru pengajar yang baik hati dan sederhana.

"Eril ke sini niatnya mau belajar, akhirnya takdirnya ditemukan oleh seorang guru pengajar yang baik hati dan sederhana. Danke Mrs. Geraldine Beldi. Hatur Nuhun. Terima Kasih," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, jasad Eril berhasil ditemukan dalam keadaan utuh usai dinyatakan hilang terseret arus di Sungai Aare, Bern, Swiss sejak Kamis 26 Mei 2022.

Menurut laman resmi kepolisian Bern, jenazah Eril ditemukan pada hari Rabu pagi waktu Swiss 8 Juni 2022 di Bendungan Engehalde.

Ridwan Kamil mengungkap bahwa jenazah utuh Eril masih utuh tak lain dan tak bukan karena kondisi Sungai Aare itu sendiri yang sangat dingin.

Jenazah Eril kemudian direncanakan dimakamkan di pemakaman keluarga di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung. 

"Dapat kami informasikan, rencananya almarhum (Eril) akan dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung," kata Kepala Biro Adpim Jabar atau Jubir Gubernur Jawa Barat, Wahyu Mijaya, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (10/6/2022). 

Wahyu menuturkan pula terkait rumah duka, setibanya jenazah Eril di Indonesia, untuk menyambut kepulangan jenazah hingga saat ini belum diputuskan karena harus menyesuaikan dengan waktu kedatangan jenazah. 

"Setelah tiba di Indonesia, kami belum bisa memastikan apakah jenazah akan disemayamkan dulu di sini (Gedung Pakuan) atau langsung ke pemakaman keluarga, kita akan melihat waktu tibanya dulu," ujarnya.

"Kita akan lihat perkembangannya besok, Sabtu (10/6/2022)," imbuhnya.

Sementara itu terkait rencana kepulangan Gubernur beserta rombongan, Wahyu mengatakan, direncanakan Gubernur akan kembali ke Tanah Air membawa jenazah Eril pada Minggu (12/6/2022).

"Mengenai kepulangan Gubernur dan juga almarhum Eril direncanakan tiba di Indonesia pada hari Minggu," katanya.

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian