TMMD 113 Ditutup, Bupati Sukabumi Minta Insfrastruktur yang Dibangun untuk Dijaga

Kamis 09 Juni 2022, 18:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, resmi ditutup, Kamis (9/6/2022).

Penutupan rampungnya program ini ditandai dengan gunting pita secara bersama oleh Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Selanjutnya Penandatanganan Prasasti TMMD ke 113 di lokasi pengaspalan jalan di Kampung Sirnatani.

Dalam sambutannya, Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi dan seluruh instansi terkait yang telah membantu mensukseskan pelaksanaan TMMD Ke 113 ini.

"TMMD membantu menyelesaikan permasalahan Pemda, maupun masyarakat dalam membangun sarana, baik fisik maupun non fisik. Saya berharap kehadiran TNI di tengah masyarakat dapat menimbulkan energi dan meningkatkan semangat dalam melaksanakan gotong royong," ujarnya.

Baca Juga :

TMMD ke 113 Capai 95 %: Rehab Masjid hingga Aspal Jalan di Cikangkung Sukabumi

Rudy bersyukur semua sasaran fisik maupun non fisik telah dilaksanakan sesuai dengan target yang ditentukan.

"Ini sebagai bukti sinergitas semua. Sasaran yang telah dicapai ini dapat bermanfaat bagi masyarakat serta dapat dijaga atau dirawat dengan baik. Semoga sinergitas, soliditas yang sudah kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat," tandasnya.

photoProsesi gunting pita secara bersama oleh Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. - (SU/Ragil)</span

Terpisah, Bupati Sukabumi Marwan Hamami memberi pesan agar hasil dari TMMD ini bisa dijaga dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat.

"Kalau hanya menuntut saja pembangunan infrastruktur tapi tidak dipelihara sayang juga, terutama Pemdes harus benar-benar bisa menjaganya, agar umur teknisnya bisa lama," tuturnya.

Marwan mengatakan, kesulitan pemda hari ini, terutama di masa Covid, infrastruktur belum menjadi fokus kebijakan, sehingga ia menyayangkan bila masyarakat tidak menjaga dengan baik hasil dari TMMD ini.

"Makanya tahun 2023 nanti masih kita kuatkan TMMD dan karya bakti. Karena kalau memakai sistem kedinasan, apakah itu Perkim, PU, untuk percepatan di daerah agak sulit. Tapi kalau sistem TMMD, tanggungjawab pak Dandim untuk mengerjakan. Kalau pakai sistem kedinasan, misalkan anggaran 2 M, itu hasilnya bisa 2,5 M, karena ada kondisi-kondisi yang tidak terhitung. Contohnya kalau dikerjakan oleh pihak ketiga, ada hitungan pekerja, namun kalau TMMD bisa dikerjakan dan dibantu oleh kesatuan kesatuan, itu kelebihannya," pungkasnya.

Untuk diketahui, penutupan TMMD ke 113 hari ini diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti penyerahan bantuan simbolis paket sembako sebanyak 10 orang (total 250 paket), peninjauan tenda pelayanan kesehatan (pengobatan massal, sunatan massal, pelayanan vaksinasi 1 dan 2, booster, KB, kesehatan, donor darah dan gurah mata), peninjauan stand UMKM Pajampangan dan pasar murah, stand pelayanan pajak kendaraan, perpanjangan SIM dari Polres Sukabumi, stand Alutsista TNI-Polri, serta pengecekan pembangunan sasaran fisik.

Adapun program prioritas TMMD Ke-113 tahun 2022 yang dilaksanakan sejak 11 Mei 2022 di Desa Cikangkung terdiri dari pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk pembangunan fisik, yakni pengaspalan jalan desa, plat beton dan Tebing Penahan Tanah (TPT) yang direalisasikan di lima kedusunan, yakni Dusun Cibuluh, Dusun Pananggapan, Dusun Ciputat, Dusun Cikaramat dan Dusun Cibanteng.

Dengan rincian, pengaspalan jalan Desa sebanyak 6 titik sepanjang 5961 meter. Kemudian plat beton 2 unit di Dusun Cibanteng dan satu unit di Dusun Cikaramat, serta satu TPT di Dusun Cibanteng.

Sedangkan untuk pembangunan non fisik yaitu berupa bela negara, peternakan, pertanian, bidang lingkungan hidup dan kesehatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat26 April 2024, 07:00 WIB

9 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bisa Mengurangi Perut Kembung

Rutinitas pagi yang tenang dan santai, seperti minum air hangat, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Minum Air Hangat. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist