Drh Slamet Minta Kenaikan Anggaran KKP Difokuskan untuk Kesejahteraan Nelayan

Rabu 08 Juni 2022, 14:33 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Perhimpunan Petani Nelayan Seluruh Indonesia (PPNSI) drh Slamet menyambut baik kesimpulan rapat kerja Komisi IV DPR RI dengan Eselon I Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Rapat kerja tersebut menghasilkan kesepakatan atas usulan kenaikan pagu anggaran KKP tahun 2023 sebesar Rp 10,1 triliun dengan rincian Rp 6,10 triliun pagu indikatif dari Kementerian Keuangan dan Rp 4 triliun usulan tambahan.

Menurut Slamet yang juga anggota Komisi IV Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS), hal tersebut didasari performa sektor perikanan yang menunjukkan daya resiliensi sangat baik terutama saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. 

"Sektor perikanan terus tumbuh positif bersama sektor pertanian yang menjadi buffer utama perekonomian nasional. Performa ekspornya juga terus mengalami peningkatan signifikan," ujarnya di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga :

Gandeng KKP, Drh Slamet Salurkan Ratusan Paket Ikan di Kebonpedes Sukabumi

Slamet mengatakan pihaknya menyetujui tambahan anggaran Rp 2 triliun, dengan catatan diperuntukan untuk program program yang bersentuhan langsung dengan peningkatan kesejahteraan nelayan, bukan tambahan operasional kegiatan rutin.

Perputaran ekonomi sektor perikanan tangkap mencapai Rp 251 triliun setiap tahunnya, namun pelaku perikanan Indonesia khususnya yang skala kecil masih belum mendapatkan porsi yang sebanding.

"Sehingga saya usulkan dalam perencanaan anggaran KKP seharusnya mampu menyelesaikan persoalan dasar yang dihadapi para pelaku usaha perikanan khususnya yang skala kecil. Misalnya pengadaan sarana dan prasarana pelabuhan untuk nelayan lokal, bantuan benih dan pakan ikan, serta bantuan lain yang sifatnya stimulus yang di satu sisi mampu meningkatkan kesejahteraannya, juga di sisi yang lain mampu menggerakkan ekonomi daerah," kata Slamet.

Terkait usulan tambahan anggaran KKP sebesar Rp 4 triliun, Slamet juga meminta Badan Anggaran (Banggar) DPR untuk meng-goalkan usulan komisi ini. Karena kunci akhir pembahasan anggaran DPR dan pemerintah adalah di Banggar yang nantinya akan menjadi pagu definitif setiap kementerian yang disahkan dalam APBN tahun 2023.

Besar harapannya anggaran KKP ini dapat kembali seperti pada 2015 yang mencapai Rp 13 triliun lebih. Sehingga dengan porsi anggaran yang longgar KKP dapat dengan leluasa mengejar target yang tertuang dalam Indikator Kinerja Utama KKP

Diketahui, KKP mencatatkan ekspor perikanan dengan nilai ekspor mencapai USD 4,56 miliar atau setara Rp 65,3 triliun (kurs: Rp14.337 per dolar AS) sepanjang tahun 2021. 

Selain itu berdasarkan data sementara Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor produk perikanan pada Maret 2022 mencapai USD 548,35 juta atau setara Rp 7,87 triliun. Angka ini naik 22,48 persen dibanding Februari 2022, dan meningkat 14,87 persen dibanding nilai ekspor bulan Maret tahun sebelumnya.

SUMBER: SIARAN PERS

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)