Light Dark

Tetap Waspada! Cacar Monyet Tembus 1.000 Kasus di 30 Negara

Sehat | 08 Jun 2022, 12:30 WIB
Penyebaran cacar monyet sudah terjadi di 30 negara dengan total lebih dari seribu kasus | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat meningkatkan kewaspadaan pada wabah Cacar Monyet yang saat ini tengah berlangsung. Bahkan jumlah kasus terus bertambah di atas 1.000 kasus.

photoIlustrasi Cacar Monyet - (via Reuters)


Advertisement

Melansir dari suara.com, CDC sekarang menyarankan agar para pelancong meningkatkan tindakan pencegahan untuk menghindari tertular dan menyebarkan penyakit virus langka, situs web badan tersebut menyatakan.

CDC mengatakan bahwa orang harus menghindari kontak dekat dengan orang sakit, termasuk mereka yang memiliki ruam pada kulit atau alat kelamin mereka, dan dengan hewan liar mati atau hidup, terutama hewan pengerat, seperti tikus dan tupai, dan primata non-manusia, yang berarti monyet dan kera. .

Baca Juga :

Pelancong juga harus menghindari kontak dengan bahan yang terkontaminasi yang digunakan oleh orang sakit, seperti pakaian dan tempat tidur, atau bahan yang bersentuhan dengan hewan yang terinfeksi. Mereka juga harus menghindari mengkonsumsi atau menyiapkan daging dari hewan buruan.


Advertisement

"Jika Anda sakit dan bisa terkena Cacar monyet, tunda perjalanan dengan transportasi umum sampai Anda dinyatakan sembuh oleh petugas kesehatan atau pejabat kesehatan masyarakat," kata CDC.

Risiko keseluruhan terkena Cacar Monyet masih rendah untuk masyarakat umum, tetapi CDC menyarankan agar individu mencari perhatian medis segera jika mereka mengembangkan ruam kulit baru yang tidak dapat dijelaskan di mana saja di tubuh.

Ruam ini biasanya berkembang melalui beberapa tahap, awalnya tampak seperti bercak kulit yang berubah warna, kemudian muncul benjolan, kemudian melepuh dan akhirnya jerawat besar berisi nanah. 

Lesi kulit ini akhirnya berkeropeng dan rontok. Gejala lain Cacar Monyet termasuk demam, kedinginan, sakit kepala, nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening, menurut CDC.

Hindari kontak dengan orang lain jika Anda menduga Anda menderita Cacar monyet, kata CDC. Jika memungkinkan, teleponlah terlebih dahulu sebelum pergi ke fasilitas perawatan kesehatan, atau beri tahu staf pada saat kedatangan bahwa Anda mungkin menderita Cacar monyet.

photoPotret Anak terkena Cacar Monyet - (Euronews)

Beri tahu dokter jika Anda baru saja melakukan kontak dengan seseorang dengan infeksi Cacar Monyet yang dikonfirmasi atau berpotensi atau jika Anda baru saja bepergian ke negara di mana virus tersebut secara teratur beredar atau baru-baru ini terdeteksi.

Pada Senin, 6 Juni. total 1.019 kasus yang dikonfirmasi dan diduga Cacar Monyet telah dilaporkan di 30 negara di mana virus biasanya tidak menyebar, menurut CDC.

Inggris telah melaporkan kasus terbanyak sejauh ini, pada 302, diikuti oleh Spanyol, Portugal, Kanada, dan Jerman.

30 kasus yang terdeteksi di AS telah mempengaruhi orang-orang di California, Colorado, Washington, D.C., Florida, Georgia, Hawaii, Illinois, Massachusetts, New York, Pennsylvania, Utah, Virginia, dan negara bagian Washington.

CDC melaporkan jika kasus tersebut mirip dengan kasus yang dilaporkan di Eropa, sebagian besar kasus di AS telah mempengaruhi pria yang berhubungan seks dengan pria, menurut Morbidity and Mortality Weekly Report (MMWR) yang dirilis pada 3 Juni. 

Namun, virus memang menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh yang terkontaminasi dan luka pada orang yang terinfeksi, dan setidaknya beberapa kasus di antara pria yang berhubungan seks dengan pria diduga terkait dengan rave yang baru-baru ini terjadi di Eropa, Live Science sebelumnya melaporkan. .

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah