Light Dark

Berkendara Waktu Hujan? Pemotor Wajib Perhatikan 6 Hal Ini Agar Tetap Aman

Motor | 08 Jun 2022, 08:00 WIB
(Ilustrasi) Berkendara motor di tengah guyuran hujan memang memiliki banyak risiko yang diakibatkan permukaan jalan yang licin dan berkurangnya jarak pandang pengendara. | Unplash.com Andre Flamboyan

SUKABUMIUPDATE.com - Berkendara Motor di tengah guyuran hujan memang memiliki banyak risiko yang diakibatkan permukaan jalan yang licin dan berkurangnya jarak pandang pengendara.

Kondisi tersebut membuat pemotor harus meningkatkan kewaspadaan agar selamat sampai tujuan.


Advertisement

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan pemotor agar tetap aman dan selamat di jalan seperti dikutip dari Suara.com.

Menurut Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta, terdapat 6 hal yang wajib diperhatikan pemotor saat berkendara di jalan saat hujan.

Baca Juga :

"Untuk riding saat hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan," ujar Muhammad Ali Iqbal.


Advertisement

Berikut 6 hal yang wajib diperhatikan pemotor di kala berkendara saat hujan.

photo(Ilustrasi) Mengendarai motor saat kondisi hujan - (Pexels.com cottonbro)

1. Perhatikan 10 Menit Pertama

Waktu 10 menit pertama saat hujan turun menjadi perhatian wajib bagi pemotor. Hal ini karena jalan akan lebih licin.

Penyebab jalan licin lantaran pasir dan debu yang berada di dalam aspal akan keluar ke permukaan. Perubahan suhu dari panas ke dingin menjadi pemicunya.

2. Waspada Aquaplaning

Aquaplaning adalah kondisi ban Motor yang kehilangan daya cengkram ban atau grip pada permukaan jalan saat melintasi genangan air yang dangkal, sering tidak terlihat dari jauh.

Dalam kondisi hujan, kemungkinan terjadi aquaplaning ini sering terjadi khususnya saat melintasi genangan air dengan kecepatan tinggi.

3. Hati-hati Jalan Licin

Saat kondisi hujan jalan akan lebih licin karena traksi antara ban dengan aspal tidak sempurna hal ini karena adanya lapisan air antara ban dengan aspal

4. Turunkan Kecepatan Berkendara

Ketika musim hujan, pemotor melajukan kendaraan tak lebih dari 40 km/jam. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya bahaya tak terduga.

5. Waspada Terhadap Genangan Air

Pemotor wajib waspada ketika melintas di genangan air yang cukup tinggi. Hal ini guna menghindari hal tak terduga seperti ada lubang yang cukup besar di dalam genangan air tersebut.

Jika nekat melakukannya, bisa-bisa pemotor akan celaka dan membuatnya terjatuh dari motor.

6. Gunakan Jas hujan Tipe Baju

Pemotor disarankan untuk menggunakan jas hujan model baju. Hal ini agar pengendara lebih leluasa saat mengendalikan Motor dan juga agar lebih aman karena tidak ada bagian jas hujan yang terberai ke bawa.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran