Light Dark

Hati-hati Penipuan, Beredar Link Hadiah Rp 20 Juta Mengatasnamakan PT KAI

Cek Fakta | 07 Jun 2022, 08:44 WIB
(Foto Ilustrasi) Beredar pesan hoaks melalui WhatsApp berupa link yang berisi informasi PT KAI (Persero) membagikan uang Rp 20 juta. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebut beredar pesan berantai hoaks melalui WhatsApp berupa tautan atau link yang berisi informasi PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) membagikan uang Rp 20 juta.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di laman resminya pada Senin, 6 Juni 2022, mengatakan uang Rp 20 juta ini didapat dengan syarat mengisi kuesioner pada link yang mengarah ke situs yang mengatasnamakan program promo Kereta Api Indonesia.


Advertisement

Faktanya, PT KAI melalui laman resminya memastikan tautan tersebut adalah penipuan. Dilansir dari kai.id, PT KAI (Persero), mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan scam/phishing di media sosial dan grup chat.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan agar masyarakat tidak mengakses tautan tersebut dan mengikuti langkah yang disampaikan, bahkan hingga memberikan data pribadi ke situs tersebut.

Dikhawatirkan, dalam tautan tersebut terdapat malware/virus/scam atau dalam artian mengarah kepada tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.


Advertisement

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur