Light Dark

5 Bahan Alami yang Bisa Samarkan Bekas Jerawat, Mudah Ditemukan

Kecantikan | 07 Jun 2022, 01:00 WIB
(Ilustrasi) Bekas jerawat bisa disamarkan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang kerap menjadikan seseorang kehilangan percaya diri apalagi jika Jerawat tumbuh di area wajah.

Selain itu, saat Jerawat telah hilang kerap meninggalkan bekas yang sulit hilang


Advertisement

Melansir dari Tempo.co, menurut American Academy of Dermatology (AAD), bekas Jerawat merupakan bagian dari proses penyembuhan kulit, tetapi tidak jarang bekas  Jerawat bisa menyebabkan kepercayaan diri menurun.

Bekas Jerawat timbul karena kulit sedang berusaha memperbaiki kerusakan akibat jerawat. Kabar baiknya, ada beberapa Bahan Alami yang bisa membantu kulit menghadapi permasalahan bekas jerawat.

Baca Juga :

Lantas, bahan-bahan alami apa saja yang bisa mengatasi bekas Jerawat pada kulit?


Advertisement

1. Gunakan Minyak Biji Hitam

photoMinyak biji hitam - (iStock)

Melansir healthline.com, minyak biji hitam dikenal sebagai antibakteri dan antivirus alami. Selain itu, minyak biji hitam bersifat anti-inflamasi. Minyak ini dikenal sebagai tanaman obat yang berasal dari Eropa Timur, Asia Barat, dan Timur Tengah. 

2. Tanaman Lidah Buaya

photo(Ilustrasi) Lidah Buaya. - (iStock)

Tanaman lidah buaya adalah Bahan Alami yang cocok untuk menghasilkan kulit mulus dan bercahaya. Melansir femina.in, lidah buaya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kemampuannya itu membuat lidah buaya menyembuhkan masalah kulit seperti bekas luka, bekas jerawat, dan infeksi.

Tak hanya itu, bahan ini juga membantu mengurangi kulit dari noda dan membantu penyembuhan luka lebih cepat tanpa meninggalkan bekas.

3. Kunyit

photo(Ilustrasi) Kunyit - (Pixabay)

Kunyit dikenal sebagai tanaman herbal yang kaya manfaat. Dikutip  medicinenet.com, bubuk kunyit mampu mengurangi pertumbuhan bakteri karena sifat anti-inflamasinya.

Selain itu, bubuk kunyit membantu regenerasi kulit dan mengurangi jaringan parut. Penggunaan bubuk kunyit secara teratur membantu mengurangi pigmentasi dan membuat kulit bercahaya.

4. Buah Lemon

photo(Ilustrasi) Buah lemon. - (Alexeysun/Shutterstock)

Dikutip emedicinehealth.com, lemon adalah bahan pemutih kulit alami karena kandungan vitamin C-nya. Sari lemon memiliki kemampuan mencerahkan kulit sehingga bisa membantu mengatasi bekas jerawat. 

5. Madu

photo(Ilustrsasi) Madu - (Freepik)

Bahan alami untuk mengatasi bekas Jerawat berikutnya adalah madu. Melansir healthline.com, madu dikenal sebagai bahan untuk mengobati beberapa masalah kulit, mulai dari luka bakar, herpes, hingga bekas jerawat. Madu memiliki kemampuan mempercepat penyembuhan luka, melawan infeksi, dan mengurangi potensi jaringan parut serta bersifat anti-bakteri.

SUMBER: TEMPO.CO/NAOMY A. NUGRAHENI 

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran