Guru Bangsa yang Sederhana Itu Pergi, Kesaksian Mereka Soal Buya Syafii Maarif

Jumat 27 Mei 2022, 15:36 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia berduka, salah satu guru bangsa itu telah berpulang ke rahmatullah. Buya Syafii Maarif meninggal dunia Jumat dini hari tadi, setelah menjalani perawatan di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif atau buya Syafii Maarif tak hanya dikenal sebagai cendekiawan muslim, tapi juga negarawan. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini dikenal sebagai pribadi yang sangat sederhana. 

Mengutip suara.com, Ia beberapa kali tertangkap kamera oleh publik menjalani aktivitas dengan mengayuh sepeda hingga kedapatan memakai celana yang ditambal. Salah satunya sempat diunggah oleh akun twitternya Budhi Hermanto beberapa waktu lalu. 

Di mana ia mengunggah video mengenai sosok Buya Syafii Maarif yang mengayuh sepeda memakai topi merah. Sosoknya yang sederhana nyaris tak dikenali sebagai salah satu ulama besar yang bahkan dijuluki sebagai bapak bangsa dari Muhammadiyah. 

Budhi Hermanto yang kala itu menaiki mobil di belakangnya mengaku sungkan untuk menyalip sang ulama. "Saya gak berani menyalip pengendara sepeda bertopi merah ini, ketemu di kompleks perumahan nogotirto, semoga beliau selalu diberi kesehatan, berkah," tulisnya.

Unggahan Budhi Hermanto itupun menarik perhatian banyak netizen. Tak sedikit yang memuji sikap sederhana Buya Syafii Maarif.

Potret sederhana Buya Syafii Maarif nyatanya bukan kali ini saja mengundang perhatian. Sebelumnya sejumlah potret pendiri Maarif Institute yang tampil tanpa kemewahan juga sempat jadi perbincangan.

Dalam unggahan akun Twitter MuhammadiyinGl, tampak Buya Syafii Maarif tampil jauh dari kemewahan. Ia terpotret tengah beribadah mengenakan celana yang ditambal.

Masih dari akun yang sama, tampak pula potret Buya Syafii Maarif yang hanya mengenakan kaos oblong dan celana panjang tengah menyapu halaman di depan rumahnya. "Tokoh Muhammadiyah dambaan warga NU karena sudah Syafi'i sejak lahir," tulis akun tersebut.

Pada potret selanjutnya, tampak pula sosok Buya Syafii Maarif tampak beramah tamah dengan para jamaah masjid di dekat kompleks perumahannya. Bahkan ia tampak santai makan bareng bersama jamaah.

Potret sederhana Buya Syafii Maarif lainnya juga sempat viral beberapa waktu lalu. Dalam foto yang diunggah akun Facebook Anita Yossihara itu, tampak Buya Syafii Maarif tengah duduk di kursi KRL Jakarta-Bogor, Ia terlihat santai duduk berdempetan dengan para penumpang lainnya.

photoProf Dr H Ahmad Syafii Maarif atau buya Syafii Maarif meninggal dunia, hari ini Jumat 27 Mei 2022. - (istimewa)</span

"Pagi-pagi buta, Buya Syafii Maarif ke Bogor menaiki KRP. Buya harus menempuh perjalanan paling cepat 1,5 jam berkereta dari Jakarta ke stasiun Bogor dilanjut ke Istana Bogor jalan kaki untuk menghadiri Program Penguatan Pendidikan Pancasila jam 08.00 kami saja yang muda masih ngos-ngosan kalau jalan kaki dari Stasiun Bogor ke Istana Kepresidenan Bogor..Sehat terus ya Buya," tulisnya.

Kesaksian mengenai sikap sederhana Buya Syafii Maarif juga sempat diungkap oleh dosen UIN Sunan Kalijaga Dr Arif Maftuhin. Pria yang kebetulan satu pesawat dengan Buya Syafii Maarif dalam perjalanan Jakarta-Yogyakarta itu kemudian menuliskan pengalamannya itu yang kemudian beredar di media sosial.

Dalam unggahan di akun Facebooknya, Arif Miftahin juga sempat mendokumentasikan saat Buya Syafii Maarif tengah melaksanakan salat di dalam pesawat kelas ekonomi tersebut.

Dirawat dan Sempat Alami Sesak Napas

Lewat akun Twitternya, Haedar Nashir mengabarkan bahwa Buya Syafii Maarif wafat pada Jumat 27 Mei di RS PKU Muhammadiyah Gamping.  "Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," cuitnya, Jumat (27/5/2022).

Mantan ketua umum PP Muhammadiyah tersebut diketahui beberapa kali keluar masuk rumah sakit. Terakhir ia sempat dirawat di RS PKU Muhammadiyah Gamping setelah alami sesak napas pada tanggal 1 Mei lalu.

Ia sempat mendapat penanganan intensif dokter setempat dan menggunakan alat bantu pernapasan. Sekitar Rabu 18 Mei 2022, kondisi buya Syafii Maarif saat itu dikabarkan membaik dan stabil.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali

Mengelola perasaan sedih dan mencapai kebahagiaan bisa menjadi perjalanan yang panjang.
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life25 April 2024, 18:49 WIB

Menghadapi Situasi yang Mengecewakan, Simak 4 Alasan Mengapa Anak Bertingkah Seperti Ini

Meskipun menangani anak-anak Anda yang bertingkah bisa menjadi tantangan di saat-saat yang panas, yakinlah bahwa semua anak akan bertingkah pada satu waktu atau yang lain
Ilustrasi alasan mengapa anak bertingkah | Foto : Freepik/@freepik
Sehat25 April 2024, 18:38 WIB

7 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Anak-anak, Yuk Bunda Cari Tahu

Apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.
Ilustrasi manfaat apel bisa meningkatkan kesehatan otak.( Sumber Foto: pexels.com/ @Mareefe )