Light Dark

Ketua AMSI Jabar: Penggunaan Internet Tanpa Literasi Digital Memunculkan Problematika

Jawa Barat | 25 May 2022, 19:35 WIB
Pemaparan materi oleh ketua AMSI Jabar Riana A Wangsadiredja dalam kegiatan literasi Digital bertajuk Purwakarta #MakinCakapDigital. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat (Jabar), Riana A Wangsadiredja menyatakan, tanpa kemampuan Literasi Digital yang memadai penggunaan Internet justru akan meningkatkan problematika tersendiri semisal maraknya hoaks, pencurian data pribadi serta ujaran kebencian atau SARA. 

Riana menyatakan kerja-kerja literasi sebagaimana lazimnya kerja di sektor edukasi pemberdayaan masyarakat, adalah kerja yang menuntut ketelatenan dan kesabaran dengan hasil yang tak dapat dengan instan seketika muncul di depan mata.


Advertisement

Baca Juga :

"Mengutip ungkapan filsuf Yunani kenamaan, Aristoteles, the roots of education are bitter, but the fruit is sweet. Tentu saja buah kesabaran dalam edukasi adalah peningkatan kompetensi SDM secara berkelanjutan," ujar Riana dalam kegiatan Literasi Digital bertajuk "Purwakarta #MakinCakapDigital" digelar di Pondok Pesantren Al-Irfan, Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Rabu (25/5/2022).

Literasi digital, kata dia, menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia yang memiliki pengguna Internet tak kurang dari 204,7 juta jiwa, dengan 191,4 juta diantaranya adalah pengguna media sosial.

"Melalui kegiatan workshop Literasi Digital ini tentunya menjadi jawaban tantangan itu tersendiri, karena penggunaan media sosial yang besar tersebut belumlah seiring dengan dengan kemampuan Literasi Digital yang memadai warganet Indonesia dalam berpikir kritis, etika bermedia sosial, menghormati privasi serta menjaga data pribadi dan keamanan digitalnya," jelas Riana. 


Advertisement

Disisi lain, Riana menyatakan Internet termasuk penggunaan media online, media sosial dan media percakapan yang dikemas secara positif, kreatif dan produktif menjadi salah satu upaya mendorong bergeliatnya roda perekonomian baik di tingkat individu, komunitas maupun kewilayahan tertentu.

"Internet dapat menjadi kanal unggulan dalam mempromosikan potensi perekonomian suatu daerah, semisal potensi wisata, potensi produksi UMKM serta potensi agrikultur yang selaras dengan kegigihan individual dan kerja kolaborasi komunal. Jadi dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan pemahaman dalam menggunakan media sosial dengan baik," tutur Riana.

Sementara itu, kegiatan Literasi Digital bertajuk "Purwakarta #MakinCakapDigital" terlaksana dengan dukungan Kominfo, Siber Kreasi, Jabarnews.com, Suara.com dan ICT Watch ini berisikan sejumlah workshop dan talkshow selama dua hari. Di hari pertama acara digelar di kampus Universitas Kartamulia, yang berada di jalan Ibrahim Singadilaga, kelurahan Nagrikaler, Purwakarta. 

Selain ketua Amsi Jabar, Riana A Wangsadiredja, narasumber yang mengisi materi dalam kegiatan ini yaitu Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono kemudian Direktur Eksekutif ICT Watch, Indriyatno Banyumurti dan Deputi Direktur Eksekutif ICT Watch, Widuri. 

Acara tersebut dihadiri 70 peserta secara daring dan 30 peserta luring, partisipan acara kali ini dilatih untuk mengasah kemampuan digitalnya.

Materi yang disajikan mulai dari Jurnalisme Online, Dakwah Digital, Tips Membuat Konten Menarik, Distribusi, Cuan, Waspada Disinformasi, Kiat Lawan Hoaks hingga Perlindungan Data Pribadi, Privasi dan Kiat Keamanan Digital Personal. 

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur