Light Dark

Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Penyebab Sepeda Motor Boros Bahan Bakar

Motor | 24 May 2022, 15:15 WIB
(Ilustrasi) Beberapa sepeda motor boros dalam konsumsi BBM meski telah dilengkapi teknologi seperti Fuel Injection. | Pexel cottonbro

SUKABUMIUPDATE.com - Seiring dengan mahalnya harga bahan bakar minyak, kendaraan seperti Motor yang irit bahan bakar menjadi idaman setiap orang.

Hal itu juga menjadikan produsen sepeda Motor berlomba melengkapi teknologi produknya agar bisa lebih hemat bahan bakar. Namun, tetap saja beberapa sepeda Motor boros dalam konsumsi BBM meski telah dilengkapi teknologi seperti Fuel Injection.


Advertisement

Hal tersebut tentunya membuat pengguna merasa heran,  tapi kamu dapat mengecek beberapa hal ketika sepeda Motor boros.

Baca Juga :

Dilansir dari Tempo.co, menurut laman wahanahonda.com, berikut hal-hal yang membuat bahan bakar Motor menjadi boros.

1. Rantai Motor Kendor

Rantai yang kurang kencang dan tidak kencang membuat tarikan mesin ke roda menjadi lebih berat. Jika sudah begini, maka mesin memerlukan tenaga lebih. Hal ini tentu membuat pemakaian bahan bakar menjadi semakin banyak.


Advertisement

2. Kurang Tekanan Angin Ban

Kedengarannya memang sepele, tetapi kondisi ban yang kurang angin akan membuat beban Motor menjadi lebih berat. Sama seperti rantai kendor, kondisi ini akan membuat mesin memerlukan tarikan atau tenaga yang lebih besar sehingga konsumsi bahan bakar yang diperlukan semakin banyak.

photo(Ilustrasi) Bensin kendaraan motor habis. - (iStock)

3. Tutup Tangki Bensin Kurang Rapat

Bahan bakar adalah zat cair yang mudah menguap. Jika tangki tidak ditutup dengan rapat, maka bahan bakar akan menguap dan terbuang dengan sia-sia. Oleh karena itu, pastikan tangki bahan bakar selalu tertutup secara rapat.

4. Setelan Karburator

Secara umum, penyebab bahan bakar yang boros pada Motor disebabkan oleh karburator motor. Hal ini wajar karena karburator adalah komponen Motor yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar.

Oleh karena itu, apabila setelan karburator tidak pas, maka akan berpengaruh dalam pemakaian bahan bakar. Solusinya, kamu dapat menyetel karburator secara benar atau meminta bantuan teknisi di bengkel resmi. Begitu juga injeksi di mesin motor.

5. Selang Bensin Bocor

Selang bahan bakar memang berada di dalam body motor. Meski begitu, kerusakan tetap dapat terjadi karena faktor usia masa pakai. Kerusakan tersebut seperti retak sehingga membuat banyak bensin yang terbuang.

Jika hal ini terjadi, maka solusinya adalah mengganti dengan yang baru meski selang bahan bakar sepeda Motor masih dapat ditambal. Hal ini penting karena apabila ditambal, maka dalam waktu pendek, kerusakan akan terjadi lagi sehingga dapat membuat kamu  repot dan masalah tidak terselesaikan.

SUMBER: TEMPO.CO/NAUFAL RIDHWAN ALY

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran