Light Dark

Mengenal Fenomena Perigee, Disebut Penyebab Banjir Rob

Science | 24 May 2022, 14:05 WIB
Mengenal Fenomena Perigee, Disebut Penyebab Banjir Rob di Semarang | iStock

SUKABUMIUPDATE.com Fenomena Perigee disebut menjadi penyebab bajir rob di perairan Indonesia saat ini. Dampak terparah terjadi di pesisir utara Pulau Jawa salah satunya di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, Banjir Rob disebabkan oleh fenomena perigee. Selain itu, tanggul penahan air laut di kawasan Lamicitra, Semarang juga jebol karena tak mampu menahan rob besar. Lantas, apa itu fenomena perigee?


Advertisement

Baca Juga :

Melansir dari suara.com, berikut ulasan mengenai apa itu Fenomena Perigee yang disebut jadi salah satu penyebab banjir rob.

Apa Itu Fenomena Perigee?photoFenomena Perigee - (perseus.gr)

Banyak orang bertanya-tanya apa itu fenomena perigee yang disebut jadi penyebab banjir rob di pesisir Jawa? Mengutip dari Lapan, fenomena perigee adalah kondisi bulan berada di titik terdekat dari bumi.


Advertisement

Penyebab bulan bisa berada di titik terdekat atau terjauh dari bumi karena lintasan peredaran bulan mengelilingi bumi tidak berbentuk lingkaran sempurna, melainkan sedikit elips.

Selama Fenomena Perigee terjadi, ukuran bulan akan terlihat lebih besar dari buasanya. Selain itu, Fenomena Perigee itu juga memiliki dampak terhadap bumi.

Dampak Fenomena Perigee pada Bumi

Fenomena Perigee yang sedang terjadi saat ini memiliki pengaruh terhadap bumi, sama seperti fenomena bulan lainnya.

Salah satu dampak utama Fenomena Perigee adalah peningkatan air pasang karena gravitasi bumi. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya Banjir Rob di sejumlah wilayah.

Meski demikian, perlu diketahui Fenomena Perigee bukan faktor tunggal penyebab peningkatan air pasang. Ada faktor-faktor lain yang mendukung terjadinya peningkatan air pasang laut.

Waspada Banjir Rob

BMKG memperkirakan Banjir Rob dampak dari Fenomena Perigee di pantai utara Jawa akan terjadi hingga Rabu (25/5/2022) besok.

Potensi Banjir Rob di pesisir Pantai Utara Jawa sudah terjadi sejak 14 Mei 2022 di beberapa wilayah Indonesia. Potensi Banjir Rob ini diprediksi akan terjadi hingga Rabu besok.

BMKG mengeluarkan peringatan kepada seluruh masyarakat yang tinggal di pesisir Pantai Utara Jawa untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya banjir rob.

Demikian penjelasan mengenai apa itu Fenomena Perigee yang disebut menjadi penyebab Banjir Rob di Semarang. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Noity

Image

Noity