Light Dark

Gelombang Tinggi di Pesisir Sukabumi, Perahu Nelayan di Minajaya Hanyut dan Hilang

Sukabumi | 24 May 2022, 10:12 WIB
Gelombang tinggi hantam pesisir Sukabumi, perahu nelayan di Minajaya Surade rusak, hanyut dan tenggelam | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - gelombang tinggi menerjang pesisir Sukabumi Jawa Barat. Selasa pagi ini, 24 Mei 2022  puluhan perahu nelayan di Pantai Minajaya, Desa Pasiripis Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi rusak diterjang ombak, hanyut dan hilang.

Warga pesisir menyebut, cuaca buruk di perairan selatan mulai dini hari tadi. "Mulai gelombang tinggi sekitar pukul 03.00 WIB, dan pada pukul 04.00 WIB, menerjang perahu yang sedang bersandar," kata Pelmi pemilik perahu nelayan Minajaya kepada sukabumiupdate.com.


Advertisement

Menurut Pelmi, saat itu perahu tengah bersandar di tiga tahapkan parkiran nelayan. Sebagai informasi kawasan parkir perahu nelayan di Minajaya terbagi menjadi tiga tahapan, pertama dekat pesisir, biasanya hingga dua tiga baris perahu, selanjutnya tahap ketiga yang jauh dari pesisir. 

"Yang hanyut itu perahu yang diparkir di tahap kedua dan ketiga. Perahu-perahu di tahap satu terlempar ke daratan. Masih pendataan, namun diperkirakan ada sekitaran 70 perahu yang rusak, sebagian hanyut," bebernya.

Kerusakan bervariasi, kata Pelmi, ada ringan, sedang, serta berat. Ada perahu terbelah jadi dua, kincangnya patah, ada juga yang pecah badan perahunya.

"Para nelayan dan pemilik, saat ini sedang mengevakuasi perahunya," pungkasnya.


Advertisement

Belum ada laporan korban, dari amukan gelombang tinggi kali ini.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur