Mengenal Sosok Irpan, Libero Timnas Voli Indonesia dari Sukabumi

Senin 23 Mei 2022, 19:27 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Irpan, jadi salah satu anak muda Sukabumi yang berbakat dalam bidang olahraga bola voli. Kini ia diketahui bermain untuk klub voli Profesional Bogor Lavani yang didirikan oleh Mantan Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Irpan lahir di Sukabumi, 12 Februari 1997, merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan bapak Rahmat dan ibu Imat yang berprofesi sebagai petani.

Di Sukabumi Irpan yang biasa disapa ‘Ipan’ ini tinggal di Kp. Cijulang, Desa. Bojongsari, Nyalindung, Kabupaten. Sukabumi.

Pemuda berzodiak Aquarius ini mengenyam pendidikan dasar di SDN Tanggeung Desa Bojongsari, Nyalindung, Kabupaten. Sukabumi.

Baca Juga :

Bangga! Timnas Voli Putra Raih Emas Sea Games, Irpan Ingin Mengabdi untuk Sukabumi

Lulus sekolah dasar, Irpan melanjutkan pendidikannya di SMPN 6 Kota Sukabumi sebelum akhirnya melanjutkan pendidikan di MAN 1 Kota Sukabumi.

Semenjak SMP Irpan tinggal bersama pamannya di Kota Sukabumi, mengingat jarak dari rumah dengan tempatnya Ia bersekolah cukup jauh.

Setelah lulus sekolah menengah atas di tahun 2015, Ia melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi yang masih di Sukabumi yakni STKIP Bina Mutiara Sukabumi dan lulus tahun 2020.

Menjadi pemain voli profesional sebenarnya bukan cita-cita Irpan, sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, Ia bercita-cita menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil), “perasaan bangga sekali kalau jadi PNS” kata Irpan saat dihubungi tim Sukabumiupdate.com.

Namun, hobinya bermain voli malah membawanya ke posisi sekarang dimana Ia telah menjelma jadi salah satu libero terbaik di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Irpan mulai dikenal publik saat dirinya berhasil membawa klub Lavani menjadi juara kompetisi voli paling bergengsi di Indonesia yakni Proliga 2022.

Selain sukses mengantarkan Lavani meraih titel juara untuk pertama kalinya, di kompetisi itu juga Ia meraih prestasi individu yakni dinobatkan sebagai libero terbaik buah dari permainan ciamiknya selama berlaga di kompetisi Proliga 2022.

Prestasi itu juga yang menjadikannya dipercaya untuk memperkuat Timnas Voli Putra Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021 Vietnam.

photoIrpan saat membawa Indonesia mempertahankan medali emas SEA Games 2021 Vietnam - (Istimewa)</span

Bersama Timnas, dibawah asuhan pelatih Jiang Jie, Irpan tampil baik dengan mengantarkan tim Merah Putih meraih medali emas SEA Games ke-31 Vietnam setelah mengalahkan tuan rumah di partai final dengan skor 3-0.

Sebelum menjadi pevoli profesional, Irpan sudah sering mengikuti berbagai kompetisi bola voli termasuk saat dirinya di perguruan tinggi STKIP Bina Mutiara Sukabumi.

Tercatat, pemuda berusia 25 tahun ini pernah meraih berbagai prestasi voli seperti Juara I Walikota Cup Kota Sukabumi, Juara I Bupati Cup Kabupaten Sukabumi, dan Juara I Bupati Cup di Cianjur dan lainnya. Tak mengherankan mengingat Irpan telah menyukai olahraga voli sejak dirinya duduk di bangku sekolah dasar.

Tak banyak yang tahu cerita awal Irpan bisa bergabung dengan klub Profesional Lavani. Irpan mengisahkan jika bertemu dengan Lavani merupakan sebuah kebetulan.

Saat itu ia mengikuti pertandingan persahabatan melawan klub asal Bogor tersebut, saat itu klub Lavani ini baru dibentuk dan sering melakukan uji tanding melawan klub-klub voli amatir.

Namun, siapa sangka usai bertanding itu Irpan dihubungi salah satu tim pelatih Lavani, Juandi Ahirudin dan diminta bergabung dengan klub yang bermarkas di Bogor, Jawa Barat tersebut.

Ia pun mengiyakan ajakan itu hingga akhirnya resmi menjadi bagian dari klub Lavani pada Desember 2019.

“Awalnya sih ikut tim Bogor waktu uji tanding sama tim Lavani, terus udah gitu ada panggilan suruh gabung” tutur Irpan.

Di klub Lavani Irpan dijuluki sebagai ‘Lumbalumba’ lantaran gayanya mengambil bola sewaktu bertanding seperti Lumba-lumba yang tengah melompat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)