Light Dark

Catatan Pelajar 13 Abad Lalu Ditemukan: Curhat Soal PR, Guru dan Pulang Lebih Awal

Science | 21 May 2022, 16:48 WIB
Ilustrasi. para ahli memperkirakan catatan tugas sekolah yang ditemukan pada 1969 tersebut berusia 1.300 tahun | pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Dokumen catatan seorang pelajar pada tahun 710 masehi ditemukan. catatan tersebut diduga dibuat oleh para pelajar masa Dinasti Tang, di di Turpan, Xinjiang Timur, Cina.

Mengutip berita tempo.co, seorang pemandu wisata di Museum Turpan, Xinjiang, Cina, Dilinur Maiming menunjukkan satu temuan menarik dari peninggalan di masa Dinasti Tang. Temuan itu berupa dokumen catatan seorang pelajar pada tahun 710 Masehi.


Advertisement

Dilinur Maiming menjelaskan, para ahli memperkirakan catatan tugas sekolah yang ditemukan pada 1969 tersebut berusia 1.300 tahun. catatan pelajar tadi ditemukan dalam penggalian di pemakaman kuno Astana di Turpan, Xinjiang timur.

Dokumen pelajar tadi berbentuk gulungan sepanjang lima meter. Tertera di sana, penulisnya bernama Bu Tianshou dan berusia 12 tahun. 

Bu Tianshou mencatat beberapa bab dari dua buku, yaitu anotasi-anotasi "Analekta Konfusius" oleh cendekiawan Zheng Xuan dan "Seribu Aksara Klasik", sebuah puisi Cina yang digunakan sebagai dasar untuk mengajarkan aksara Mandarin di zaman Cina kuno.

Dua buku tersebut merupakan bacaan wajib pada masa itu. Yang menarik, menurut Dilinur Maiming, Bu Tianshou tak hanya menuliskan materi pelajaran, namun juga "curhat" di catatan. "Bu Tianshou menulis sebuah syair pada akhir gulungan," kata Dilinur Maiming.


Advertisement

Pekerjaan rumah hari ini selesai

Guru, tolong jangan menunda kelas

Mari kita pulang lebih awal

Demikian syair "curhat" Bu Tianshou yang tertera dalam catatannya. "Inilah yang membuat gulungan tersebut semakin menarik," kata Dilinur Maiming.

Dia melanjutkan, anotasi-anotasi Zheng Xuan untuk "Analekta Konfusius" hilang setelah Dinasti Tang. catatan Bu Tianshou dan dokumen yang ditemukan di Turpan menjadi bukti bahwa sistem pendidikan yang relatif lengkap telah dibangun sejak masa Dinasti Tang.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur