Light Dark

Pemenang Pilkades Sekarsari Sukabumi Dilaporkan, Diduga Main Politik Uang

Sukabumi | 20 May 2022, 22:10 WIB
Ilustrasi politik uang. | Shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Ditengah masih dalam suasana pelantikan 70 Kepala Desa terpilih hasil Pilkades serentak 2022 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, hari ini Jumat (20/5/2022), diterima kabar adanya kasus dugaan politik uang atau money politic di salah satu Desa yang melakukan pemilihan.

Kabar itu datang dari salah satu tim pemenangan calon Kepala Desa (Cakades) di Pilkades Sekarsari, Kecamatan Kalibunder. Mereka bersama Panitia Pengawas (Panwas) melaporkan adanya dugaan "Politik ala Sinterklas" ini sebagai kasus suap kepada Polres Sukabumi, dua hari pasca pemilihan pada 8 Mei 2022 lalu.


Advertisement

"Kami atas nama tim pemenangan Nomor urut 4, beserta Panwas telah melaporkan adanya money politic yang dilakukan oleh tim Nomor urut 3, ke Polres Sukabumi, pada tanggal 10 Mei 2022," kata Ade bin Aneng (43 tahun) selaku pelapor sekaligus salah satu tim pemenangan Cakades nomor urut 4 itu kepada sukabumiupdate.com, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga :

Menurut Ade, pada penetapan calon, semua tim dan cakades telah bersepakat untuk tidak melakukan politik uang dalam bentuk apapun. Akan tetapi hal itu, kata dia, tetap dilakukan tim cakades yang keluar sebagai pemenang itu.

"Dua hari sebelum pencoblosan, tim nomor urut 3 melakukan money politic. Dan saat itu sudah diselesaikan dengan tidak akan mengulangi kembali, namun pada hari pencoblosan terjadi kembali," tuturnya.


Advertisement

photoSurat tanda penerimaan laporan dari polisi terkait kasus dugaan politik uang di Pilkades Sekarsari Sukabumi. - (Istimewa)

Saat melapor ke pihak berwajib, Ade mengaku juga menyerahkan barang bukti berupa 4 buah amplop berisi uang tunai Rp 50.000.

"Barang bukti berupa amplop dengan isi uang Rp 50 ribu. Ada 4 buah amplop dijadikan barang bukti, sudah diserahkan kepada pihak berwajib. Juga kami memiliki video sebagai bukti," ungkapnya.

Diketahui, hasil Pilkades di Sekarsari dimenangkan oleh calon Kades nomor urut 3, Awan Kurniawan yang mendapat suara pemilih sebanyak 1187. Sedangkan Cakades lainnya yaitu Cakades nomor urut 1 Acep peroleh 426 suara, Cakades nomor urut 2 Nuryaman memperoleh 308 suara dan Cakades nomor urut 4 Dede Gunawan mendapat 1061 suara.

Sementara itu untuk diketahui juga, bahwa 70 Kepala Desa hasil Pilkades serentak siklus II, gelombang I Masa Bakti 2022-2028 sudah dilantik hari ini, Jumat (20/5/2022). Mereka dilantik dan diambil sumpah jabatan langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

photoSuasana pelantikan 70 Kades terpilih di Kabupaten Sukabumi. - (Dokpim Kabupaten Sukabumi)

Dalam sambutannya, Marwan bersyukur Pilkades serentak di-70 desa yang tersebar di-36 kecamatan bisa berjalan lancar. Meskipun, kegiatan tersebut harus terus dievaluasi agar semakin sempurna pelaksanaannya. "Hasil pelaksanaan Pilkades serentak ini harus dicermati agar semakin sempurna dikemudian hari," terangnya.

Marwan juga memberikan selamat kepada para kades yang telah dilantik. "Selamat bertugas. Terus lakukan ikhtiar untuk memajukan desa," pungkasnya. 

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Denis Febrian