Light Dark

Bangun Pertanian dengan Warga Adat Papua, Ayep Zaki Wujudkan Mimpi Pemda Keerom

Inspirasi | 19 May 2022, 16:39 WIB
Ayep Zaki mengembangkan ekosistem pertanian di Kabupaten Keerom, Papua. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan sektor pertanian menjadi salah satu program prioritas untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani serta masyarakat yang lebih baik.

Hal tersebut menjadi fokus pengiat ekonomi kerakyatan Ayep Zaki, yang juga pendiri Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), untuk bergerak membangun ekosistem pertanian di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya di wilayah Keerom, Papua.


Advertisement

Ayep mengatakan Kabupaten Keerom memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan sektor pertanian. 

“Dengan memanfaatkan potensi lahan di wilayah ini, saya bersama Kelompok Tani Agro Makmur dan juga masyarakat adat di sini bersama-sama membangun ekosistem pertanian. Kita awali dengan melakukan penanaman induk bibit durian, jenis durian musang king, bawor dan montong hari ini," terang Ayep Zaki, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga :

Wakil Bupati Keerom Wahfir Kosasih mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada FKDB karena menjadi kelompok masyarakat yang mendukung pemerintah dalammembantu mewujudkan misi Indonesia.


Advertisement

"Lebih jauh lagi, salah satu mimpi kita yaitu Kabupaten Keerom memiliki ikon, di mana ikon yang kita harapkan adalah agrowisata, dan ini diwujudkan oleh FKDB," kata dia.

“Fakta sejarah Keerom yaitu kita sepakat bahwa Keerom ini adalah miniatur Indonesia, bermacam-macam etnis, bermacam-macam suku, tetapi tetap satu tujuan. Seperti kata pepatah Tamne Isan Kefase Girigua yaitu maknanya satu bersama sepakat kita untuk membangun Kabupaten Keerom yag kita cintai ini,” tambah Wabup

Selanjutnya, Ayep Zaki menanggapi bahwa membangun satu ekosistem pertanian merupakan mimpi besar nya dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran di Indonesia. “Ini adalah DNA saya, keinginan saya secara pribadi, Ayep Zaki memang mau mengabdikan hidupnya untuk kepentingan membangun satu ekosistem, bagaimana ekonomi, pertanian, dan pendidikan berkeadilan di seluruh negeri,” tutup Ayep Zaki.

SUMBER: SIARAN PERS

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur