Light Dark

Kenapa Lidah Terasa Gatal Setelah Makan Buah Nanas? Ini Penjelasannya

Science | 19 May 2022, 08:00 WIB
(Ilustrasi) Nanas bisa menyebabkan rasa gatal pada lidah saat dikonsumsi | Pexels.com

SUKABUMIUPDATE.com - Saat memakan buah Nanas, beberapa orang kerap merasakan seperti gatal pada lidah. Hal tersebut menjadikan sebagian orang kurang menyukai buah tropis ini.

Nanas sendiri banyak ditemukan di Indonesia, memiliki rasa yang segar dan cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Lantas apa yang menyebabkan rasa gatal pada lidah setelah memakan buah nanas?


Advertisement

Mengutip dari Tempo.co, menurut jurnal Annals of Allergy, Asthma and Immunology tahun 2009, kondisi ini disebabkan oleh enzim kompleks atau Bromelain di dalam nanas.

Baca Juga :

Bromelain adalah protease atau sejenis enzim yang memecah protein menjadi asam amino.

"Saat ini, tidak ada banyak bukti tentang kelezatan bromelain atau cara enzim itu terasa di mulut Anda. Tapi mungkin saja setelah makan beberapa potong nanas, Anda akan mulai merasakan bromelain memecah beberapa protein lalu membentuk lapisan pelindung mukosa di mulut Anda," sebut ahli farmakologi di University of Turin, Italia, Alessandro Colletti, seperti dikutip dari Livescience.


Advertisement

photo(Ilustrasi) Jus Nanas - (Freepik)

Bromelain memiliki efek samping bagi tubuh sehingga tidak dianjurkan untuk makan secara berlebihan.

Untuk menghindarinya, seseorang bisa mengkonsumsi buah Nanas dengan cara dimasak atau direndam dengan air garam. Cara ini dapat membantu melarutkan sebagian bromelain.

Bromelain dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah, obat penenang, obat anti kejang, antidepresan, dan obat insomnia. Selain itu, makan Nanas berlebihan juga bisa menyebabkan diare, mual, dan muntah.

Tak hanya efek samping enzim bromelain, lidah gatal setelah makan Nanas juga bisa jadi tanda alergi. Orang yang alergi Nanas tubuhnya langsung bereaksi saat makan sedikit, minum jus, atau sekadar menyentuh buah ini.

Melansir dari Healthline, gejala alergi buah Nanas di antaranya yaitu lidah dan tenggorokan terasa gatal, biduran, sakit perut, muntah, dan diare. Gejala ini biasanya akan muncul beberapa saat setelah seseorang makan nanas.

SUMBER: TEMPO.CO/WINDA OKTAVIA

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran