Tegak Setelah Ombak, Happy Salma dan Monolog Inggit Garnasih Terbaru dan Berbeda

Selasa 17 Mei 2022, 16:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Artis Indonesia asal Sukabumi, Happy Salma akan kembali menggelar pementasan monolog dalam teater musikal berjudul Inggit Garnasih, Tegak Setelah Ombak pada 20 dan 21 Mei 2022. 

Mengutip berita tempo.co, Titimangsa Foundation yang didirikan Happy Salma merencanakan pementasan tersebut berlangsung di Ciputra Artpreneur Theater, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pementasan ini dikerjakan oleh sutradara Wawan Sofwan dan dimainkan oleh Happy Salma yang pada pementasan ini juga merangkap sebagai produser. Lakon ini merupakan adaptasi dari roman berjudul Kuantar ke Gerbang karya Ramadhan KH. 

Sebelumnya lakon Inggit Garnasih ini juga pernah dimainkan di Jakarta dan Bandung sebanyak 13 kali pada rentang waktu 2011 hingga 2014 oleh Titimangsa Foundation. Pada pementasan kali ini, Titimangsa mementaskan Monolog Inggit dengan kemasan berbeda karena akan diberi sentuhan musikal dan juga live painting. 

Pementasan Monolog Happy Salma dalam Teater Musikal Inggit Garnasih ini didukung oleh Marsha Timothy (koproduser), Wawan Sofwan (sutradara), Ratna Ayu Budhiarti (penulis naskah), dan Dian HP (komposer). Bertindak sebagai konduktor adalah Avip Priatna, Iskandar Loedin (pimpinan artistik dan skenografer), Biyan dan Tenun Baron (busana), Hagai Pakan (penata busana), Rudy Dodo (konsultan desain interior), Bayu Wardhana (pelukis), Agus Noor (kurator pameran lukisan), Ati Sriati (solis), Jessica Januar (solis), Desak Putu Pandara Btari Patavika (solis), Batavia Madrigal Singers dan Jakarta Concert Orchestra.

Happy Salma mengungkapkan bahwa pementasan ini akan berbeda dari sebelumnya. Naskah yang ditulis oleh perempuan sendiri membuat penokohan Inggit Garnasih sendiri akan lebih terasa dari sebelumnya.

"Pertunjukan kali ini tidak akan menggunakan naskah terdahulu, dengan naskah yang berbeda dengan penulis perempuan yaitu Ratna Ayu Budhiarti. Beliau yang membuat naskah baru pada pertunjukan ini," ungkap Happy Salma saat persiapan latihan di Balai Resital Kartanegara pada Senin malam, 16 Mei 2022.

Happy Salma menuturkan, pementasan ini sempat didiskusikan dengan sutradara Wawan Sofwan mengenai bagaimana mementaskan lakon Inggit Garnasih dengan kemasan yang baru. Mereka lalu berdiskusi dengan kesimpulan membuat pementasan dengan sudut pandang yang berbeda.

"Kita harus membuat pertunjukan yang berbeda, kita pentaskan lagi tapi harus dengan sudut pandang yang berlainan. Sebab awalnya kita tidak akan mementaskan lagi pada delapan tahun lalu," ungkap Happy.

Dukungan dari penonton yang bertanya kapan pertunjukan ini akan dipentaskan membuat Happy Salma bersemangat untuk memproduksinya lagi. Happy Salma lalu mengajak beberapa beberapa orang untuk berkolaborasi membuat pementasan yang lebih spesial.

"Kita ingin ekosistem pertunjukan ini akan panjang, jadi kita akan merespon seperti itu akhirnya Kang Wawan memberikan masukan, akhirnya bagaimana kita ajak Kang Afid dan lain-lain," ujar Happy Salma.

Pada pementasan ini juga akan diadakan pameran lukisan dan melukis on the spot yang dilakukan oleh pelukis Bayu Wardana. Seluruh lukisan yang dibuat sebagai respon dari pementasan dan akan dilelang untuk didistribusikan sebagai bentuk partisipasi untuk mewujudkan Museum Inggit.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)