Light Dark

Beredar Hoaks Cina akan Rebut Kalimantan Jika Indonesia Tak Segera Bayar Utang

Cek Fakta | 17 May 2022, 13:50 WIB
(Foto Ilustrasi) Beredar video hoaks yang menyebut Cina akan mengambil alih Pulau Kalimantan jika Indonesia tak segera membayar utang. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebut beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan video berdurasi 18 detik yang menampilkan seorang laki-laki yang berbicara menghadap kamera.

Di laman resmi kementerian pada Senin, 16 Mei 2022, unggahan itu disertai narasi bahwa laki-laki tersebut menyatakan sebuah peringatan dari Cina agar Indonesia segera membayar utang. Jika tidak segera dibayar, Pulau Kalimantan akan diambil alih Cina.


Advertisement

Faktanya, dilansir dari turnbackhoax.id, video tersebut merupakan hasil suntingan. Di dalam video aslinya tidak ada kalimat yang menyatakan demikian. Isu mengenai pengambilalihan Pulau Kalimantan oleh Cina juga hoaks lama yang kembali beredar.

Video tersebut merupakan sebuah video populer dari aplikasi Cina bernama Kuashio dan laki-laki di dalam video memiliki nama panggilan “Ollie to Uncle”.

Dalam video aslinya, Ollie mengucapkan kalimat, “Apa pun kesulitan yang kita hadapi, jangan takut, hadapi dengan senyuman! Cara terbaik untuk menghilangkan rasa takut adalah dengan menghadapinya. Ketakutan! Ketekunan adalah kemenangan! Ayo! Ollie!”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengelompokkan narasi ini sebagai informasi hoaks.


Advertisement

SUMBER: WEBSITE KEMENTERIAN KOMINFO

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur