Light Dark

5 Tips Untuk Menghindari Menunda Pekerjaan: Fokus Pada Diri Sendiri

Gaya Hidup | 17 May 2022, 08:00 WIB
Tips Untuk Menghindari Menunda Pekerjaan | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Menunda Pekerjaan akan membuat produktifitas menjadi menurun dan akan semakin kewalahan.

Faktor penyebab kita Menunda Pekerjaan antara lain, mulai dari rasa jenuh, kewalahan, hingga bosan dengan rutinitasnya.


Advertisement

Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2019 mengatakan, dari 88 responden angkatan kerja mengaku bahwa mereka suka menunda-nunda pekerjaan setidaknya selama satu jam.

Lantas bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa menunda-nunda tersebut?photoIlustasi Fokus Pada Diri Sendiri sebagai upaya menghindari Menunda Pekerjaan - (iStock)

Simak lima tips Menghindari Menunda Pekerjaan berikut ini yang dilansir suara.com dari Insider.

1. Fokus Pada Diri Sendiri

Meski ada rasa kewalahan dan berbagai faktor lainnya, untuk mengubahnya Anda perlu fokus pada diri sendiri, dan bangun kemampuan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Selain itu, cara lain untuk membangunnya, Anda bisa berlatih perhatian.


Advertisement

2. Ubah Self Talk Anda

Perhatikan dialog internal Anda pada saat menunda-nunda. Jika Anda merasa frustasi dan merendahkan diri sendiri, kemungkinan besar ini menyebabkan kebiasaan menunda-nunda.

Untuk mengubahnya, Terapis bernama Victoria Smith, LCSW memberikan contoh self talk positif, seperti ‘Saya mampu’ dan ‘Aku yang memegang kendali’.

3. Bikin Daftar Pekerjaan

Ketika Anda memiliki banyak pekerjaan atau proyek besar, mungkin akan sangat melelahkan Anda. Tapi, Anda bisa mengatasinya dengan membuat daftar pekerjaan yang ingin jadi prioritas, seperti:

Buat daftar langkah-langkah berbeda yang terlibat dalam menyelesaikan proyek.

Cari tahu cara mengelola waktu untuk menyelesaikan setiap langkah.

Tuliskan langkah-langkah ini dalam agenda.

4. Istirahat

Beristirahat sangat penting untuk mencegah kelelahan dan perasaan kewalahan. Victoria Smith mengatakan, perlu meluangkan waktu istirahat sebelum melakukan aktivitas kembali.

Sebuah studi tahun 2016 mengatakan, orang yang mengambil istirahat selama lima menit dari pekerjaan dapat meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan energi, dan suasana hati yang lebih baik.

5. Miliki Ruang Kerja Khusus

Lingkungan kerja dapat mempengaruhi cara kerja Anda, terutama pada saat Anda mengalami kesulitan fokus. Maka dari itu, cara yang paling efektif agar tidak menunda-nunda adalah, dengan memiliki ruang kerja khusus.

Pastikan ruang kerja Anda tenang dan kondusif, dan jadikan ruang kerja sebagai ruang motivasi dan inspirasi.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Noity