(Part 1): Sejarah Singkat Rumah Sakit Jiwa PSBL Phala Martha Kabupaten Sukabumi

Selasa 21 Februari 2017, 23:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Phala Martha Sukabumi berdiri sejak 13 Januari 1945. Awalnya, tempat ini menjadi tempat penampungan korban Perang Dunia (PD) II (gelandangan, tuna wisma, tuna susila, dan cacat) di kota Sukabumi. Kemudian, pada 1950, di bawah Jabatan Sosial Kabupaten Sukabumi, diubah menjadi Rumah Perawatan Sosial (RPS).

Sejak 1 April 1953, terjadi perubahan pelaksanaan tugas, yaitu melayani khusus dewasa termasuk penambahan penghuni wanita tuna susila. Pada 10 Agustus 1953, RPS dipindahkan lokasinya ke Kebon Randu, Kecamatan Cibadak. Mulai 30 September 1954, RPS khusus melayani tuna wisma, tuna karya, dan lemah ingatan, dengan nama Rumah Perawatan Sosial Phala Martha.

Mulai 1 Mei 1958, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 5 tahun 1958, RPS khusus melayani penderita cacat lemah ingatan, dan bernaung di bawah Kantor Perwakilan Departemen Sosial Provinsi Jawa Barat. Namun, sejak 8 Januari 1970, berada di bawah Direktorat Rehabilitasi Penderita Cacat, Direktorat Jenderal Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Depsos, dan berganti nama menjadi Panti Penyantunan (PP) Phala Martha.

BACA JUGA:

Miris, di Jampang Tengah 19 Warga yang Gila Dikerangkeng

Kemudian, sejak 1 November 1979, PP Phala Martha berkali-kali ganti nama lembaga dan naungan, hingga pada 23 April 1994 ditetapkan menjadi Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phala Martha. Sejak Departemen Sosial --sempat ditiadakan pada era Presiden Abdurahman Wahid-- kembali eksis pada 2001 silam, maka PSBL Phala Martha Sukabumi, ditetapkan sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Departemen Sosial (kini Kementerian Sosial) RI.

Informasi diperoleh sukabumiupdate.com, PSBL Phala Martha memiliki tugas melaksanakan pelayanan dan rehabilitasi social bersifat kuratif, rehabilitatif, promotif dalam bentuk bimbingan fisik, mental, sosial, pelatihan keterampilan, resosialisasi, serta bimbingan lanjut kepada orang dengan kecacatan mental eks psikotik agar mampu mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat serta pengkajian dan penyiapan standar pelayanan serta pemberian informasi dan rujukan.

Pelayanan di panti rehabilitasi sosial yang memiliki ruang bimbingan sosial psikososial keterampilan dan konsultasi ini, terdapat asrama dengan kapasitas 110 orang, dilengkapi dengan poliklinik, mushola, sarana transportasi, dapur dan ruang makan, lapangan bola voli, aula sekaligus gedung olah raga, dan lainnya, dengan area layanan Regional Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi28 September 2024, 23:45 WIB

Pagar Tembok Rusak Berat Tertimpa Pohon Tumbang di Cikembar Sukabumi

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cikembar, Sudarmat menjelaskan bahwa selain menutup jalan, pohon besar tersebut juga menghantam tembok Armed 13 hingga mengalami kerusakan berat.
Pagar tembok rusak berat tertimpa pohon tumbang di Cikembar Sukabumi | Foto : Istimewa
Food & Travel28 September 2024, 22:31 WIB

Cerita Pantai Amanda Ratu, Wisata Pantai Rasa Tanah Lot Bali di Ciracap Sukabumi

Pantai Amanda Ratu berada di kawasan perkebunan kelapa Citespong, yang dikelola PT. Asabaland. Di areal tersebut terdapat objek wisata dengan julukan sebagai pantai Sukabumi rasa tanah lot, Bali.
Pantai Amanda Ratu, Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi28 September 2024, 21:03 WIB

Idap Ganguan Jiwa, Tarsum Pria Ciamis Mutilasi Istri Jalani Rehabilitasi di Sukabumi

Tarsum (51 tahun), pria asal Ciamis yang sempat menggegerkan publik karena membunuh dan memutilasi istrinya, Yanti (44 tahun), kini menjalani rehabilitasi di Sentra Phala Martha, Sukabumi.
Sentra Phala Marta Sukabumi tempat rehabilitasi sosial | Foto : Ibnu Sanubari
Film28 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya

Sumala adalah film bergenre horor yang telah tayang diseluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 26 September 2024 dan akan menghadirkan nuansa mencekam kepada penonton.
Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya (Sumber : Instagram/@lunamaya)
Sukabumi28 September 2024, 20:38 WIB

Hari Bakti Karang Taruna ke-64, Kadinsos Sukabumi Bicara Sinergi Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra menghadiri peringatan Hari Bakti Karang Taruna ke-64, bertempat di Lapang Desa Margaluyu, Kecamatan Sagaranten, Sabtu (28/9/24).
Kepala Dinsos Wawan Gondawan Saputra  dan Ketua Karang Taruna Asep Aripin dalam cara Hari Bakti ke-64 tingkat Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Musik28 September 2024, 20:00 WIB

Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia

Grup musik Maliq & D’essentials akan menggelar tur bertajuk Can Machines Fall In Love? Album Tour di beberapa kota di Indonesia dan di Kuala Lumpur, Malaysia.
Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia (Sumber : Instagram/@maliqmusic)
Film28 September 2024, 19:00 WIB

Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu

September ini banyak sekali drama korea maupun variety show dari Korea Selatan yang menarik dan siap tayang di berbagai platform streaming, salah satunya adalah Viu.
Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu (Sumber : Instagram/@tving.official)
Nasional28 September 2024, 18:48 WIB

Silaturahmi Kebangsaan Tokoh dan Aktivis di Jakarta Dibubarkan Kelompok Tak Dikenal

Sebuah diskusi dengan tema "Silaturahmi Kebangsaan Diaspora Bersama Tokoh dan Aktivis Nasional" di sebuah hotel kawasan Kemang, Jakarta Selatan, hari ini, Sabtu (28/9/2024), dibubarkan oleh sekelompok orang.
Diskusi tokoh dan aktivis di Jakarta dibubarkan oleh sekelompok orang tak dikenal | Foto : @msaid_didu
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 18:00 WIB

Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini

Girl grup Secret Number akan menggelar konser pertama mereka di Indonesia hari ini, Sabtu, 28 September 2024 di di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.
Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini (Sumber : Instagram/@secretnumber.official)