Dengar Pidato Jokowi, Ribuan CPNS Padati Istora Gelora Bung Karno

Selasa 27 Maret 2018, 02:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 5.165 calon pegawai negeri sipil (CPNS) seleksi tahun 2017 hari ini memenuhi ruangan Istora Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan. Mereka menghadiri acara Presidential Lecture dengan tema ‘Bersatu dalam Harmony : Menuju Birokrasi Berkelas Dunia 2024’ yang akan diisi oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sekitar pukul 07.00 WIB, para peserta melakukan gladi bersih, mulai dari memasuki ruangan hingga simulasi bermain angklung bersama presiden. Menurut pantauan Tempo, mereka sangat antusias mengikuti rangkaian ini terdengar dari sorak-sorai para peserta.

Salah satu CPNS fungsional pertama Kementerian Luar Negeri, Niken Larasati, dalam video yang diputar saat gladi, bersih mengaku sangat bahagia dapat lolos seleksi tahun 2017 lalu. Dukungan keluarga, kata dia, menjadi peran penting selama ia menjalani proses seleksi.

“Semua orang, orang tua saya dan seluruh keluarga saya akan bahagia dengan hasil ini,” kata dia dalam video yang diputar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, 27 Maret 2017.

Seorang CPNS fungsional pertama lainnya dari Kementerian Perhubungan, Reza Nurfaizi, mengaku tes berbasis Computer Assisted Test (CAT) sangat membantu soal transparansi. Soalnya, hasil langsung keluar sesaat setelah mereka menyelesaikan tes.

“Pastinya bahagia. Menurut saya tes kemarin dengan CAT itu sangat tepat dan transparan. Saya senang karena tidak ada kecurangan-kecurangan,” tutur dia kepada Tempo.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur kemarin mengatakan acara ini merupakan merupakan bagian dari latihan dasar (Latsar) CPNS dari berbagai kementerian/lembaga. Ia pun mewajibkan para CPNS yang tidak hadir untuk tetap menyaksikan acara ini.

“Bagi CPNS yang tidak hadir di Istora Senayan tetap harus mengikuti melalui siaran langsung dan teleconference di tempat diklat masing-masing,” ucap Asman.

Selain Presiden Jokowi dan Menteri PANEB Asman, acara pembekalan CPNS hari ini juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Keduanya direncanakan menyampaikan materi saat pembekalan nanti. Dijadwalkan untuk hadir juga Kepala Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latif, serta pendiri Go-Jek Nadien Makarim.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi Memilih18 Oktober 2024, 15:56 WIB

Dipanggil Bawaslu, Penjelasan Camat di Sukabumi Soal Menyukai Postingan Paslon Pilkada

Firman menyebut yang bersangkutan telah dipanggil dan dimintai klarifikasi.
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa pada Bawaslu Kota Sukabumi Firman Alamsyah (tengah). | Foto: SU/Asep Awaludin
Entertainment18 Oktober 2024, 15:30 WIB

Lisa BLACKPINK Sukses Tampil di Victoria's Secret Fashion Show 2024

Lisa BLACKPINK berhasil mencuri perhatian publik ketika menjadi salah satu pengisi acara untuk Victoria’s Secret Fashion Show 2024 yang digelar pada Selasa, 15 Oktober 2024 di New York, Amerika Serikat.
Lisa BLACKPINK Sukses Tampil di Victoria's Secret Fashion Show 2024 (Sumber : Instagram/@lalalalisaa_m)
Food & Travel18 Oktober 2024, 15:00 WIB

Loker Inventory Control Staff dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Loker Inventory Control Staff dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 Oktober 2024, 14:47 WIB

Korban Terakhir Amukan Laut Tegalbuleud Sukabumi Ditemukan, Operasi SAR Ditutup

Tim SAR gabungan resmi menutup operasi gabungan korban amukan laut Tegalbuleud Sukabumi di bekas dermaga pasir besi PT SBP.
Petugas SAR gabungan saat evakuasi jenazah Dede Yusuf korban amukan laut Tegalbuleud Sukabumi. (Sumber : SAR Jakarta)
Entertainment18 Oktober 2024, 14:30 WIB

Delapan Tahun Bersama, Neida Aleida Umumkan Pamit Sebagai Vokalis HIVI!

Vokalis grup band HIVI! , Neida Aleida secara resmi mengumumkan dirinya pamit dari grup tersebut setelah delapan tahun bersama dan telah membesarkan namanya.
Delapan Tahun Bersama, Neida Aleida Umumkan Pamit Sebagai Vokalis HIVI! (Sumber : Instagram/@sayhivi)
Sukabumi18 Oktober 2024, 14:29 WIB

Kusmana Ajak Perkuat Sistem Merit di Kota Sukabumi, Dorong Kinerja ASN Optimal

Dalam momentum ini disampaikan tantangan penerapan sistem merit di lingkungan pemerintahan.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menghadiri Klarifikasi Sistem Merit ASN di ruang Pertemuan Setda Kota Sukabumi pada Jumat (18/10/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Keuangan18 Oktober 2024, 14:00 WIB

Djuanda Kartawidjaja, Pahlawan Jawa Barat yang Ada di Uang Kertas Rp50 Ribu

Ada di Uang Kertas Rp50 Ribu, pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat ini, dikenal sebagai pencetus Deklarasi Djuanda tahun 1957.
Ir. H. Djuanda Kartawidjaja dalam uang kertas pecahan Rp50.000 emisi 2022 adalah Pahlawan Nasional dari Tasikmalaya Jawa Barat. Foto: Peruri
Sukabumi18 Oktober 2024, 13:49 WIB

Tanya-tanya Kontrakan, Wanita Ini Kepergok Acak-acak Rumah di Sukaraja Sukabumi

Peristiwa ini terjadi Kamis jelang petang, sekitar pukul 15.00 WIB, warga menangkap wanita di dalam rumah yang tengah ditinggal pemiliknya.
Wanita yang kedapatan masuk rumah warga tanpa izin di Sukaraja Kabupaten Sukabumi (Sumber: video warganet)
Nasional18 Oktober 2024, 13:42 WIB

ICW Catat Kerugian Negara Selama Era Jokowi Tembus Rp 290 Triliun

Selama Jokowi memimpin, enam menteri masuk penjara karena kasus korupsi.
Presiden Jokowi motoran di IKN. | Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Sukabumi18 Oktober 2024, 13:20 WIB

Bertaruh Nyawa di Reruntuhan Dermaga, Dilema Nelayan Paratag Tegalbuleud Sukabumi

Sejak tahun 2017, warga pesisir (nelayan) memanfaatkan sisah reruntuhan dermaga untuk membuat paratag atau pagan (bagan) penangkap ikan dan udang.
Paratag atau pagang yang dibangun nelayan di ujung bekas dermaga pasir besi di Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi (Sumber: dok Basarnas)