Bersama AWCA, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Seminar untuk Tingkatkan Perlindungan Pekerja Migran

Senin 28 Oktober 2024, 09:33 WIB
Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan sekaligus Ketua Komite Teknis Pekerja Migran, Roswita Nilakurnia. | Foto: Istimewa

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan sekaligus Ketua Komite Teknis Pekerja Migran, Roswita Nilakurnia. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Asian Workers’ Compensation Association (AWCA) merupakan asosiasi regional yang menangani kompensasi pekerja di Asia-Pasifik, menggelar seminar teknis bertajuk ‘Manfaat Kecelakaan Kerja bagi Pekerja Migran’ di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan Jakrta pada 8 Oktober 2024.
 
Diketahui, Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari negara-negara anggota AWCA, seperti Korea Selatan, Laos, Kamboja, Malaysia, dan Filipina, serta berbagai lembaga sosial lainnya.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan sekaligus Ketua Komite Teknis Pekerja Migran, Roswita Nilakurnia, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan pekerja migran dan memperkuat skema kompensasi pekerja serta asuransi kecelakaan kerja di kawasan Asia.
 
Roswita menekankan pentingnya perjanjian jaminan sosial yang dapat dibuat di antara anggota AWCA. Hal ini krusial untuk memastikan bahwa pekerja migran dapat menerim,a tunjangan saat bekerja di negara lain dan bahkan setelah kembali ke negara asal mereka.

Baca Juga: Tokopedia Luncurkan Fitur Daftar BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Informal hingga UMKM

“Perjanjian tersebut juga menjamin portabilitas atau keberlanjutan perlindungan jaminan sosial , yang memberikan ketenangan pikiran bagi pekerja migran dan keluarga mereka,” ujar Roswita.
 
Ia menambahkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan menyadari tantangan yang ada dalam memberikan perlindungan bagi pekerja migran, termasuk menyelaraskan berbagai kebijakan dan standar jaminan sosial antarnegara.

Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk terus meningkatkan kolaborasi dan koordinasi di antara negara anggota AWCA. Dengan kerja sama yang baik, semua negara anggota dapat menemukan solusi inovatif dan adaptif yang memastikan setiap pekerja migran menerima hak dan perlindungan yang layak.
 
Roswita juga menyampaikan terima kasih kepada International Labour Organization (ILO) atas dukungan yang diberikan. Menurutnya, ILO memiliki peran penting dalam membantu BPJS Ketenagakerjaan memahami dan menerapkan standar layanan jaminan sosial sesuai dengan benchmarking internasional.
 
Ucapan terima kasih juga disampaikan Roswita kepada pemerintah atas perannya dalam mendorong kerja sama antara social security di berbagai negara.

“Kolaborasi yang kuat dengan ILO akan sangat membantu kita dalam menanggapi tantangan yang dihadapi oleh pekerja migran dan dalam menciptakan kebijakan yang tidak hanya melindungi pekerja tetapi juga menguntungkan pengusaha dan masyarakat luas,” kata dia.
 
Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo, mengatakan pekerja migran memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian.

“Pekerja migran ini sering dikatakan pahlawan devisa negara, namun, mereka sering kali menghadapi tantangan dan kerentanan di tempat kerja, yang membuat peran sistem jaminan sosial menjadi sangat penting untuk mereka, seperti tagline BPJS Ketenagakerjaan, Kerja Keras Bebas Cemas,” ujar Eko.
 
Eko mengetakan, pihaknya ingin seluruh pekerja migran dapat bekerja dengan keras di manapun berada dan bebas cemas terhadap risiko yang mungkin timbul, sehingga berujung pada pekerja migran dan keluarganya yang sejahtera.

Adapun sebagai informasi, saat ini dari 100 juta pekerja di Indonesia, 40 juta di antaranya sudah dilindungi program BPJS Ketenagakerjaan, termasuk 600 ribu warga Indonesia pekerja migran.
 
Di tempat terpisah, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Oki Widya Gandha, berharap agar para pekerja di Kota/ Kabupaten Bekasi tidak lupa untuk mendaftarkan diri dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan adanya program perlindungan bagi pekerja migran, masyarakat Sukabumi bisa lebih tenang saat bekerja di luar negeri.
 
“Manfaat yang bisa diterima oleh para tenaga kerja dengan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan sangat besar. Dengan demikian, masyarakat Sukabumi bisa lebih tenang saat bekerja, bisa kerja keras bebas cemas,” kata Oki. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 Oktober 2024, 23:34 WIB

Hujan Angin Terjang Sukabumi Utara, Pohon Tumbang Hambat Akses Jalan di Cidahu

Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Sukabumi Utara pada Senin (28/10/2024) sore, menyebabkan sebuah pohon besar tumbang dan patah di Kampung Babakanjampang, RT 6/9, Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu
Pohon tumbang di Cidahu Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi Memilih28 Oktober 2024, 23:00 WIB

Iyos dan Asjap Sepaham Soal Solusi Rutilahu, Dibebankan ke Orang Kaya Sukabumi

Dalam debat perdana Pilkada Kabupaten Sukabumi yang berlangsung di Auditorium Universitas Nusa Putra, dua pasangan calon, Iyos Somantri - Zainul dan Asep Japar - Andreas, sepakat untuk mengatasi masalah rumah tidak layak huni
2 Calon Bupati yang bersaing di Pikada Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri (kiri), Asep Japar (kanan) | Foto : Colase Sukabumiupdate
DPRD Kab. Sukabumi28 Oktober 2024, 22:10 WIB

HSP ke-96, Ketua DPRD Sukabumi Ajak Pemuda Berperan Aktif dalam Pembangunan

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali, menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 yang digelar di Alun-Alun Palabuhanratu, Senin, (28/10/2024).
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali saat menjadi inspektur ucapara pada Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Palabuhanratu | Foto : Istimewa
Sukabumi28 Oktober 2024, 21:58 WIB

Kantongi Identitas Pelaku, Polisi Kejar Penyerang Komunitas Vespa di Kota Sukabumi

Kepolisian Polres Sukabumi Kota mengaku telah mengantongi identitas para pelaku penyerangan komunitas vespa yang terjadi di Jalan A Yani Kota Sukabumi pada Minggu (27/10/2024) sekira pukul 01:00 WIB.
Petugas Kepolisian saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Jalan A Yani Kota Sukabumi | Foto : Dok Polisi
Bola28 Oktober 2024, 21:30 WIB

Hasil Persik Vs Persib: Maung Bandung Menang 2-0

Dua gol Persib Bandung dicetak melalui bunuh diri Dede Sapari menit 49 dan tendangan keras Tyronne Del Pino menit 79.
Gelandang Persib Tyrone Del Pino menendang bola ke arah gawang Persik pada pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2024/25 di Stadion Brawijaya Kediri, Senin, 28 Oktober 2024. (Sumber : PERSIB.co.id)
Jawa Barat28 Oktober 2024, 21:08 WIB

Gempa Terkini M3,8 Guncang Pangandaran, Berpusat di Laut

BMKG melaporkan gempa tektonik mengguncang Pangandaran, Jawa Barat pada Senin, (28/10/2024) pukul 20:29:22 WIB.
Episenter gempa M3,8 di laut Pangandaran Jawa Barat, Senin, (28/10/2024) pukul 20:29:22 WIB. (Sumber : BMKG)
Sukabumi Memilih28 Oktober 2024, 21:04 WIB

Asep Japar Ajak Pendukung AA Bersikap Santun, Demi Kemenangan Pilbup Sukabumi

Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, mengingatkan para pendukungnya untuk menjalankan kampanye yang santun dan tidak merugikan orang lain. Pesan ini disampaikan dalam kata penutupnya pada debat Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024
Asep Japar - Andreas, pasangan calon bupati - wakil bupati Sukabumi | Foto : Sukabumiupdate
Life28 Oktober 2024, 21:00 WIB

5 Ciri-ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert

Anak yang cenderung tumbuh menjadi pribadi introvert umumnya menunjukkan beberapa ciri khas sejak dini.
Ilustrasi - Anak yang cenderung tumbuh menjadi pribadi introvert umumnya menunjukkan beberapa ciri khas sejak dini. (Sumber : Unsplash.com/@Sebastian Pandelache)
Film28 Oktober 2024, 20:00 WIB

Ada Kang Nae On dan Kim Woo Seok, Sinopsis Drama Korea Social Savvy Class 101

Social Savvy Class 101 adalah drama korea web terbaru dengan mengusung tema romantis anak SMA yang akan tayang pada Minggu, 10 November 2024 mendatang.
Ada Kang Nae On dan Kim Woo Seok, Sinopsis Drama Korea Social Savvy Class 101 (Sumber : X/@kdrama_menfess)
Jawa Barat28 Oktober 2024, 19:57 WIB

Sosialisasi Perda di Sukakersa Sukabumi, A Yamin Jabarkan Konsep Desa Wisata

Anggota DPRD Jabar A Yamin sosialisasi Perda Desa Wisata di Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak Sukabumi, Senin (28/10/2024).
Anggota DPRD Jabar A. Yamin sosialisasikan Perda Desa Wisata di Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Senin (28/10/2024). (Sumber Foto: Istimewa)