Usia Masuk Sekolah Dasar Diusulkan Jadi 6 Tahun

Kamis 24 Oktober 2024, 10:00 WIB
Usia masuk sekolah dasar  (Sumber : Freepik/@jcomp)

Usia masuk sekolah dasar (Sumber : Freepik/@jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Usia masuk sekolah dasar diusulkan untuk dirubah dari 7 tahun menjadi 6 tahun. Hal itu disampaikan oleh Mantan Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Mengutip dari tempo.co, usulan Muhadjir itu disampaikan kepada penggantinya, Pratikno. "Masa awal masuk sekolah yang awalnya 7 tahun sebaiknya dipercepat menjadi 6 tahun," ujar Muhadjir dalam acara pisah sambut di Kantor Kemenko PMK, Senin, 21 Oktober 2024.

Muhadjir menjelaskan keputusan pemerintah untuk menetapkan usia 7 tahun sebagai syarat masuk sekolah lantaran keterbatasan institusi pendidikan dasar. Namun, kata dia, saat ini institusi pendidikan di Indonesia sudah lebih merata, sehingga usia masuk sekolah bisa dipercepat menjadi 6 tahun.

Menurut Muhadjir, percepatan ini akan berdampak positif pada skor Programme for International Student Assessment (PISA), yang merupakan program asesmen internasional untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa berusia 15 tahun. "Karena PISA ada di ukuran umur 15 tahun. Kalau startnya terlambat maka kalah dengan yang duluan (masuk sekolah)," kata dia.

Aturan usia masuk SD

Ketentuan mengenai usia masuk SD diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 51/2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. Pasal 7 ayat 1 dijelaskan bahwa persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 SD adalah 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Ayat 2 menyatakan bahwa sekolah wajib menerima peserta didik berusia 7 tahun.

Namun, ada pengecualian untuk anak berbakat yang belum mencapai 6 tahun. Ayat 3 mengatur pengecualian syarat usia minimal 5,5 tahun bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa, yang dibuktikan dengan rekomendasi dari psikolog profesional.

Alasan usia masuk SD ditetapkan 7 tahun

1. Aspek psikologi

Dilansir dari laman Badan Pendidikan Kristen Penabur, ketika anak memasuki usia 7 tahun, secara psikologis kemampuan konsentrasi anak telah meningkat. Jadi mereka dapat membedakan mana hal yang harus diperhatikan mana yang tidak.

Kemampuan konsentrasi pada anak tujuh tahun sekitar 30-45 menit. Sementara itu, di bawah usia tujuh tahun masih mengembangkan keterampilan geraknya. Jika mereka dipaksa masuk pada usia tersebut, bisa menyebabkan anak sulit berkonsentrasi dan memperhatikan pelajaran di dalam kelas.

Senada yang dikatakan psikolog Universitas Indonesia (UI), Rose Mini Agoes Salim. "Kalau stimulasi bagus, anak pasti matang ke sekolah. Kenapa usia 7 tahun matang? Karena itu diambil pada usia kematangan rata-rata," ucapnya.

Baca Juga: Siswa di Sukabumi Hadapi Bahaya Jembatan Rapuh Setiap Hari untuk Sekolah

Artinya, jika diambil dari usia kematangannya, idealnya rata-rata anak masuk SD adalah umur 7 tahun.

2. Aspek kognitif

Ketika anak masuk SD, kemampuan membaca, menulis, dan berhitung sederhana perlu dimiliki anak agar bisa mengikuti pelajaran di kelas. Mereka juga diharapkan mampu memahami dan mengikuti instruksi yang diberikan guru. Pada usia 7 tahun, anak umumnya telah menguasai kemampuan-kemampuan tersebut sehingga lebih siap untuk belajar di sekolah.

3. Aspek fisik

Anak usia 7 tahun memiliki otot dan syaraf yang sudah terbentuk. Hal tersebut membuat mereka sudah siap untuk belajar di sekolah dari pagi hingga siang. Mereka juga sudah bisa menggunakan alat tulis tanpa harus dibantu guru.

4. Aspek emosi

Saat mencapai usia 7 tahun, anak dinilai memiliki emosi yang sudah cukup matang bila dibandingkan saat mereka di taman kanak-kanak. Mereka akan bisa lebih mandiri, mampu membedakan kapan mereka harus bermain, dan kapan harus belajar serta mengerjakan tugas yang diberikan guru. Jadi, jika menyekolahkan anak terlalu dini, masalah yang timbul adalah ketika anak bisa mengikuti pelajaran di sekolah, tapi di sisi lain, anak masih minta ditunggui orang tua atau tidak berani pipis sendiri di toilet umum sekolah.

5. Aspek mandiri

Mungkin anak-anak akan terlihat manja kepada orang tua mereka, namun saat usianya sudah 7 tahun anak akan lebih mandiri. Hal ini dibuktikan dari anak yang bisa melakukan kegiatannya sendiri seperti mandi, memakai baju, menata tempat tidur, bahkan makan.

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional24 Oktober 2024, 13:10 WIB

Masyarakat Sipil Indonesia Desak Pemerintah dukung Agenda Masyarakat Adat di COP 16 CBD

Perwakilan masyarakat sipil Indonesia di Cali meminta pemerintah dan dunia internasional untuk mendukung hak-hak masyarakat adat dan komunitas lokal.
Ilustrasi - Perwakilan masyarakat sipil Indonesia di Cali meminta pemerintah dan dunia internasional untuk mendukung hak-hak masyarakat adat dan komunitas lokal. (Sumber : Pexels.com/@el jusuf).
Food & Travel24 Oktober 2024, 13:00 WIB

Curug Cilember Bogor: Pesona 7 Air Terjun Bertingkat yang Mitosnya Bisa Bikin Awet Muda

Curug Cilember merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Bogor.
Curug Cilember merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Bogor. (Sumber : Instagram/@binn_1407/@richie_kevin).
Entertainment24 Oktober 2024, 12:30 WIB

Jessi Meminta Maaf atas Insiden Penyerangan Terhadap Penggemarnya

Rapper dan solois asal Korea Selatan, Jessi merilis permintaan maaf atas insiden penyerangan yang dilakukan oleh seseorang tidak dikenal terhadap penggemarnya yang masih di bawah umur.
Jessi Meminta Maaf atas Insiden Penyerangan Terhadap Penggemarnya (Sumber : Instagram/@jessicah_o)
Sukabumi24 Oktober 2024, 12:14 WIB

Satu Penumpang Tewas! Truk Nyalip Lalu Tabrak Angkot di Sukalarang Sukabumi

Kecelakaan berawal saat truk boks melaju dari arah Sukalarang menuju Sukaraja.
Angkot yang terlibat kecelakaan di Jalan Nasional Sukabumi-Cianjur, tepatnya di Kampung Pulo Air RT 22/04 Desa Sukamaju, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Kamis (24/10/2024). | Foto: Istimewa
Bola24 Oktober 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persib Bandung vs Lion City Sailors di Grup F AFC Champions League Two

Persib Bandung vs Lion City Sailors di AFC Champions League Two akan tersajid malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persib Bandung vs Lion City Sailors di AFC Champions League Two akan tersajid malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X@persib/Instagram/@lioncitysailors.fc).
Entertainment24 Oktober 2024, 11:30 WIB

Paula Verhoeven Bantah Tuduhan Selingkuh yang Diungkapkan Baim Wong

Paula Verheoven menghadiri sidang perdana perceraiannya dengan Baim Wong yang digelar pada Rabu, 23 Oktober 2024, di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.
Paula Verhoeven Bantah Tuduhan Selingkuh yang Diungkapkan Baim Wong (Sumber : Instagram/@paula_verhoeven)
Food & Travel24 Oktober 2024, 11:00 WIB

Gunung Tangkuban Parahu: Keajaiban Geologi dan Wisata Vulkanik di Bandung

Wisata Vulkanik di Bandung: Sejarah geologi mencatat, Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa dari Gunung Purba di Indonesia.
Wisata Vulkanik di Bandung: Gunung Tangkuban Parahu | Foto: twatangkubanparahu.com
Keuangan24 Oktober 2024, 10:58 WIB

Pj Wali Kota Sukabumi dalam Agenda Evaluasi Penatausahaan Keuangan Daerah Tahun 2024

Acara ini diselenggarakan oleh BPKPD Kota Sukabumi.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menghadiri kegiatan Evaluasi Penatausahaan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Sukabumi Tahun 2024 yang digelar di Harmoni Hotel Garut pada Rabu (23/10/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 Oktober 2024, 10:00 WIB

Usia Masuk Sekolah Dasar Diusulkan Jadi 6 Tahun

Usia masuk sekolah dasar diusulkan untuk dirubah dari 7 tahun menjadi 6 tahun. Hal itu disampaikan oleh Mantan Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.
Usia masuk sekolah dasar  (Sumber : Freepik/@jcomp)
Nasional24 Oktober 2024, 09:53 WIB

Jaksa Sita Uang Miliaran, Kasus Dugaan Suap Ronald Tannur Si Pembunuh Wanita Sukabumi

Kejaksaan Agung telah menetapkan tiga hakim PN Surabaya dan pengacara Ronald Tannur sebagai tersangka dan menahannya.
(Foto Ilustrasi) Kejaksaan Agung menggeledah enam tempat terkait dengan dugaan suap dalam putusan bebas Gregorius Ronald Tannur. | Foto: Istimewa