Pidato Prabowo Tak Bahas Penguatan KPK, Padahal Program Makan Gratis Rawan Korupsi

Selasa 22 Oktober 2024, 08:55 WIB
Prabowo Subianto memberikan pidato pertamanya setelah dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 di Gedung MPR-DPD-DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). | Foto: Humas Setkab/Rahmat

Prabowo Subianto memberikan pidato pertamanya setelah dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 di Gedung MPR-DPD-DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). | Foto: Humas Setkab/Rahmat

SUKABUMIUPDATE.com - Marthin Hadiwinata, aktivis hak atas pangan dan gizi dari ormas Fian Indonesia, mengatakan program makan siang bergizi gratis dari Presiden Prabowo Subianto berpotensi rawan dikorupsi. Untuk mengantisipasi ancaman tersebut, Marthin mengatakan Prabowo seharusnya menunjukkan komitmen untuk memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mengutip tempo.co, Marthin menyebut program makan bergizi gratis adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) terkait pangan yang akan didorong oleh pemerintahan Prabowo. Peluang terjadinya korupsi juga muncul akibat skala programnya yang besar. “Makan bergizi gratis berpotensi bancakan korupsi dan konflik kepentingan,” kata Marthin melalui keterangan tertulis pada Senin, 21 Oktober 2024.

Menurut Marthin, korupsi terkait sumber daya agraria, khususnya pangan, masih sangat tinggi. Kondisi itu juga menjadi ancaman bagi pelaksanaan program makan siang gratis.

Baca Juga: Fajar Riza Ul Haq, Pria Kelahiran Sukabumi yang Jadi Wakil Menteri Dikdasmen di Kabinet Presiden Prabowo

KPK seharusnya mendapat peran yang lebih signifikan untuk menghadapi kerawanan tersebut. Namun, Marthin menyayangkan Prabowo tidak membahas penguatan KPK dalam pidato kepresidenan pertamanya setelah dilantik di Gedung MPR, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024 kemarin. “Prabowo sama sekali tidak menyebut pengembalian fungsi dan peran KPK sebagai lembaga independen,” ucap Marthin.

Sebelumnya, pakar hukum tata negara, Bivitri Susanti, menyorot perubahan Undang-Undang KPK selama era Presiden ke-7 Joko Widodo. Menurut Bivitri, revisi yang dilakukan pada 2019 itu telah membatasi kinerja KPK sebagai lembaga antirasuah.

Bivitri menyebutkan, revisi beleid tersebut juga berlangsung secara tergesa. Revisi UU KPK selesai dibahas hanya dalam dua minggu. “Padahal yang dihasilkan adalah KPK yang menurut saya dibunuh secara signifikan keundangannya,” kata Bivitri dalam seminar bertema 'Evaluasi 1 Dekade Pemerintahan Jokowi' pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Meski tidak menyinggung KPK, Prabowo Subianto sempat beberapa kali membahas pemberantasan korupsi dalam pidato inaugurasinya. Dia menyatakan korupsi adalah permasalahan yang harus dihadapi masyarakat Indonesia dengan berani.

“Saya sudah katakan, kita harus berani menghadapi dan memberantas korupsi,” kata Prabowo dalam pidato pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, kompleks parlemen Senayan, Jakarta.

Prabowo mengatakan pemerintah harus berani mengakui bahwa masih ada banyak kebocoran anggaran negara. Ketua Umum Partai Gerindra itu juga ingin pemerintah mengakui masih adanya penyimpangan dan kolusi di antara para pejabat, baik pejabat negara maupun dari pihak swasta.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment22 Oktober 2024, 12:30 WIB

Setelah Seunghan RIIZE, Kini Giliran Suga BTS Dikirim Karangan Bunga Kematian oleh Netizen Korea

Usai Seunghan RIIZE yang dikirimi 1.000 karangan bunga kematian, kini Netizen Korea atau K-Netz melakukan aksi serupa kepada member BTS, Suga.
Setelah Seunghan RIIZE, Kini Giliran Suga BTS Dikirim Karangan Bunga Kematian oleh Netizen Korea (Sumber : Instagram/@agustd)
Bola22 Oktober 2024, 12:00 WIB

Laga Krusial Persib Bandung Saat Menjamu Lion City Sailors di AFC Champions League Two

Persib Bandung membidik 3 poin saat menjamu Lion City Sailors di AFC Champions League Two
Persib Bandung membidik 3 poin saat menjamu Lion City Sailors di AFC Champions League Two. (Sumber : X@persib).
Sukabumi22 Oktober 2024, 11:30 WIB

Warga Kota Sukabumi Simak! BAPPEDA Jelaskan Cara Gunakan Layanan Aduan SP4N-LAPOR

SP4N-LAPOR dikelola Kementerian PAN-RB bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden dan Ombudsman Republik Indonesia.
BAPPEDA Kota Sukabumi menjelaskan tata cara penggunaan SP4N-LAPOR. | Foto: Instagram/@bappedasmi_official
Entertainment22 Oktober 2024, 11:30 WIB

Menikah Dengan Irish Bella, Haldy Sabri Beri Sebuah Masjid

Ketika artis yang kerap disapa Ibel itu mengumumkan pernikahannya melalui akun instagram pribadinya langsung membuat heboh. Apalagi mas kawin yang diberikan Haldy Sabri kepada pemain sinetron itu sangat unik.
Menikah Dengan Irish Bella, Haldy Sabri Beri Sebuah Masjid (Sumber : instagram/@_irishbella_)
Nasional22 Oktober 2024, 11:00 WIB

Menko Yusril Sebut Peristiwa 1998 Bukan Pelanggaran HAM Berat, Begini Respons Publik

Usman Hamid menilai pernyataan Yusril tidak akurat.
Prabowo Subianto dan Yusril Ihza Mahendra. | Foto: Instagram/@yusrilihzamhd
Food & Travel22 Oktober 2024, 10:00 WIB

MRI Bandung: Minum Rempah Indonesia Anti Pahit untuk Anak Muda 'Jompo'!

Konsep Kedai MRI Bandung adalah menghadirkan minuman rempah yang lebih bisa diterima oleh anak muda, tanpa rasa pahit yang biasanya diasosiasikan dengan jamu tradisional.
Minuman Sehat Kedai Minum Rempah Indonesia di Bandung. Foto: IG/@minumrempahindonesia
Life22 Oktober 2024, 09:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Sehat, Apa Kamu Salah Satunya?

Orang dengan kesehatan mental yang baik adalah individu yang memiliki kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial yang optimal.
Ilustrasi - Orang dengan kesehatan mental yang baik adalah individu yang memiliki kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial yang optimal. (Sumber : Freepik.com)
Jawa Barat22 Oktober 2024, 08:56 WIB

Rapat RAPBD Jabar 2025, Haji Aka Soroti Belum Meratanya Anggaran OPD

Topik yang dibahas adalah soal RAPBD Provinsi Jawa Barat.
Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yusuf Maulana saat kunjungan kerja ke mitra komisi yakni BAPPEDA dan Dinas Perhubungan Jabar. | Foto: Istimewa
Nasional22 Oktober 2024, 08:55 WIB

Pidato Prabowo Tak Bahas Penguatan KPK, Padahal Program Makan Gratis Rawan Korupsi

Marthin menyampaikan makan bergizi gratis adalah salah satu PSN.
Prabowo Subianto memberikan pidato pertamanya setelah dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 di Gedung MPR-DPD-DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). | Foto: Humas Setkab/Rahmat
Inspirasi22 Oktober 2024, 08:00 WIB

Info Rekrutmen Pegawai di Jawa Barat: Loker Terbuka untuk Lulusan D3 dan S1

Perusahaan Indofood saat ini sedang membuka Lowongan Kerja untuk Lulusan Diploma atau Sarjana.
Info Rekrutmen Pegawai di Jawa Barat: Loker Terbuka untuk Lulusan D3 dan S1 (Sumber : Pexels/Ihsan Adityawarman)