5 Tahun Kepemimpinan Erick Thohir, PLN UP3 Sukabumi Terus Tumbuhkan Budaya Safety

Sabtu 12 Oktober 2024, 10:34 WIB
Pegawai atau petugas PLN. | Foto: PLN

Pegawai atau petugas PLN. | Foto: PLN

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak 2019, di bawah arahan Menteri BUMN Erick Thohir, PLN terus melakukan pengembangan infrastruktur dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Selain memastikan pasokan listrik yang andal, PLN juga gencar melakukan kampanye terkait pentingnya keselamatan penggunaan listrik yang aman dan produktif.

Selama lima tahun terakhir di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukabumi terus memperkuat komitmennya dalam menumbuhkan budaya keselamatan kerja atau safety culture. Langkah ini menjadi salah satu prioritas utama perusahaan dalam menjaga keandalan pasokan listrik sekaligus memastikan keselamatan para pekerja dan masyarakat.

Salah satu inisiatif utama yang dilakukan adalah melalui kegiatan Akademi Yantek yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petugas lapangan termasuk dalam menerapkan prosedur keselamatan kerja secara konsisten. Inisiatif ini sejalan dengan transformasi yang telah dijalankan untuk mewujudkan PLN yang lebih andal, aman dan berorientasi pada keselamatan dan kesehatan kerja. Akademi Yantek sendiri merupakan program unggulan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat yang didesain untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan petugas Pelayanan Teknik (Yantek) yang dijalankan secara konsisten setiap bulannya.

Baca Juga: Pendaftaran PLN Journalist Award 2024 Sebulan Lagi, Kirimkan Karya Jurnalistik Terbaikmu!

“Akademi Yantek merupakan sarana untuk melatih petugas pelaksana agar dapat bekerja sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP), Instruksi Kerja (IK) dan tidak melalaikan aspek Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) dan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3),” ungkap Yuniar Budi Satrio, Manager PLN UP3 Sukabumi lewat keterangannya pada 11 Oktober 2024.

Ia menambahkan bahwa dengan menerapkan budaya K3 yang baik maka akan dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman dan produktif bagi semua pekerja. Lebih lanjut Budi menyampaikan, "Kami berkomitmen untuk menjadikan keselamatan sebagai bagian dari nilai perusahaan. Dengan dukungan kebijakan yang kuat, PLN UP3 Sukabumi terus mengupayakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi seluruh pegawai serta masyarakat," ujarnya.

Melalui kerja sama yang solid dan komitmen yang kuat, PLN UP3 Sukabumi optimis bahwa budaya keselamatan ini akan terus tumbuh dan menjadi bagian dari setiap aktivitas perusahaan, sehingga dapat terus memberikan pelayanan yang lebih baik dan aman kepada masyarakat khususnya di wilayah Sukabumi.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar), Susiana Mutia menjelaskan, Program Akademi Yantek secara rutin dilakukan sebagai salah satu kegiatan yang diadakan untuk meningkatkan kompetensi petugas Pelayanan Teknik (Yantek) di masing-masing Unit PLN. Selain terkait dengan kompetensi petugas, tentunya diharapkan kegiatan ini akan berdampak secara langsung kepada kualitas pelayanan teknik di PLN.

"Keselamatan Kerja adalah salah satu budaya kerja yang ada di PLN, kami mengajak seluruh unit kerja agar K3 ini menjadi bagian yang wajib dilaksanakan baik oleh Pegawai PLN maupun Mitra Kerja sebagai upaya dan komitmen dalam menjaga zero accident karena tidak ada yang lebih berharga dari jiwa manusia," kata Susiana. (ADV)

Sumber: Siaran Pers

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Oktober 2024, 22:15 WIB

Swadaya Masyarakat, Masjid Megah dan Ikonik Didirikan di Sudajaya Kota Sukabumi

Sebuah masjid megah dan ikonik kini berdiri di tengah pemukiman warga, menampilkan ornamen ukiran kayu jati pada pintu dan jendela yang memberikan suasana nyaman dan sejuk.
Masjid Assolihin, berdiri megah dan ikonik dibangun dari dana swadaya masyarakat di Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 Oktober 2024, 20:58 WIB

Cerita Utom di Nagrak Sukabumi, Tak Curiga Mayat Saat Cium Bau Menyengat di Depan Rumah

Utom Royani (68 tahun), warga Kampung Palasari RT 4/3, Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, tidak menaruh kecurigaan saat mencium bau menyengat dari depan rumahnya
Rumah kediaman Utom Royani (68 tahun), tempat penemuan mayata wanita muda di Kampung Palasari RT 4/3, Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel18 Oktober 2024, 20:15 WIB

Dispar Kabupaten Sukabumi Kirim Mojang dan Jajaka untuk Kompetisi Tingkat Jawa Barat

Pemilihan ini bukan hanya soal prestasi, tetapi juga tentang peran penting Mojang dan Jajaka.
Mojang dan Jajaka Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: Istimewa
Life18 Oktober 2024, 20:00 WIB

14 Cara Mendidik Anak Agar Sukses di Masa Depan, Begini Langkahnya Bund!

Untuk mendidik anak agar sukses di masa depan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan orang tua.
Ilustrasi - Untuk mendidik anak agar sukses di masa depan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan orang tua. (Sumber : Pexels.com/@Alexgreen)
Nasional18 Oktober 2024, 19:55 WIB

Alumni UI Tuntut Kaji Ulang Gelar Doktor Bahlil Lahadalia, Ini Alasannya!

Sejumlah alumni UI melayangkan petisi kepada Rektor UI untuk mengkaji ulang pemberian gelar doktor kepada Bahlil Lahadalia. Petisi disampaikan sebagai bentuk kepedulian terhadap integritas dan kualitas pendidikan tinggi
Menteri Investasi Bahlil Lahadiala saat menghadiri kegiatan bersama Cawapres Gibran Rakabuming Raka | Foto : Ist
Sukabumi Memilih18 Oktober 2024, 19:04 WIB

Koalisi Pengusung Ayep-Bobby Mantapkan Konsolidasi: Optimis Menangkan Pilwalkot Sukabumi

Pasangan calon yang diusung lima partai politik yang tergabung dalam Koalisi Sukabumi Baru itu melakukan konsolidasi bersama Tim Pemenangan termasuk Anggota Fraksi PPP dan NasDem di Citamiang dan Gunung Puyuh.
Konsolidasi Paslon nomor urut 2, Ayep Zaki dan Bobby Maulana dengan fraksi Nasdem dan konstituten | Foto : Dok. AYEUNA
Food & Travel18 Oktober 2024, 19:00 WIB

Wisata Danau Purba Sanghyang Heuleut, Konon Dulunya Tempat Mandi Bidadari

Selain keindahan alamnya, Sanghyang Heuleut juga memiliki banyak mitos dan legenda yang menarik.
Selain keindahan alamnya, Sanghyang Heuleut juga memiliki banyak mitos dan legenda yang menarik. (Sumber : Instagram/@chrisnadya).
Keuangan18 Oktober 2024, 18:25 WIB

Berlaku 1 Januari 2025, Ini Daftar Barang dan Jasa yang Terkena PPN 12 Persen

Pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) akan meningkat dari 11 persen menjadi 12 persen, efektif mulai Rabu, 1 Januari 2025
Ilustrasi barang yang terkena pajak penghasilan (PPN) 12 persen | Foto : Freepik)
Jawa Barat18 Oktober 2024, 18:08 WIB

PLN UID Jabar Dorong Pembangunan Berkelanjutan di Desa Adat Kampung Kuta Lewat TJSL

Dengan bantuan listrik, masyakat dapat menggunakannya untuk belajar dan lain-lain.
Program TJSL di Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. | Foto: PLN
Jawa Barat18 Oktober 2024, 18:05 WIB

Buruh Pabrik di Sukabumi Tertimpa Kontainer, Deretan Fakta Kecelakaan Maut di Cianjur

Kanit Gakkum Satlantas Polres Cianjur, Ipda Ika Cakra Mustika kepada awak media menjelaskan bahwa kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Kondisi lalu lintas di lokasi kejadian, kawasan Ciwalen Warungkondang cukup padat.
Motor yang dikendarai buruh pabrik di Sukabumi tertimpa kontainer di jalan raya Ciwalen Cianjur (Sumber: video warganet)