Jokowi-Prabowo Makan Malam Bersama Selama 2 Jam Lebih, Apa Saja yang Dibahas?

Rabu 09 Oktober 2024, 15:26 WIB
Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto santap malam berdua di Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Sumber : Akun Medsos Jokowi)

Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto santap malam berdua di Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Sumber : Akun Medsos Jokowi)

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun X dan instagram pribadinya membagikan momen tengah bersantap malam berdua dengan presiden terpilih Prabowo Subianto di Hutan Kota Plataran, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2024) malam.

Jokowi mengungkapkan, makan malam itu diwarnai dengan diskusi santai yang tidak terasa hingga dua jam lebih. "Diskusi santai sambil santap malam bersama Presiden Terpilih Pak @prabowo. Tidak terasa dua jam lebih," kata Jokowi melalui akun media sosial resminya itu, Selasa.

Lantas apa saja yang dibahas dalam pertemuan tersebut?

Melalui akun X resminya, Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan dirinya menghabiskan makan malam dengan Jokowi untuk berdiskusi berkaitan kepentingan negara.

“Kami saling bertukar pikiran berkaitan dengan kepentingan negara, bangsa, dan rakyat Indonesia,” kata Prabowo melalui akun X resminya, dikutip pada Rabu (9/10/2024).

Baca Juga: Alasan Pemindahan ASN ke IKN Kembali Ditunda: Jokowi Minta Semua Perkantoran dan Hunian Siap

Sementara itu Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa Jokowi selalu menjalin komunikasi yang erat dan intens dengan Prabowo di setiap kesempatan. Baik dalam forum formal maupun pertemuan informal.

"Kebersamaan antardua pemimpin bangsa ini sangat diperlukan untuk memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar," kata Ari dikutip dari tempo.co.

Ari mengatakan pada saat makan malam dibicarakan berbagai hal, terutama terkait keberlanjutan program-program pemerintahan ke depan.

Sementara Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tidak menjawab secara lugas saat ditanya pertemuan Jokowi dan Prabowo. Ia juga tidak merespons soal isi pertemuan kedua tokoh. “He-he-he kan biasa makan malam,” kata Dasco melalui pesan singkat kepada Tempo pada Selasa malam.

Prabowo akan menggantikan Jokowi setelah dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober 2024. Ketua Umum Gerindra itu akan memimpin pemerintahan bersama Gibran Rakabuming Raka, putra Jokowi. Prosesi pengucapan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden terpilih akan dilaksanakan dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Dalam Pilpres 2024, Prabowo, Menteri Pertahanan aktif, mengusung tema keberlanjutan.

Sebelumnya Jokowi mengatakan bahwa dirinya senang dengan proses transisi pemerintahan ke Prabowo berjalan dengan mulus. Jokowi menyebut bahwa ia telah memberi ruang kepada Prabowo untuk membahas program-program unggulannya dengan pemerintah saat ini.

Jokowi mengungkit bahwa ia mengizinkan Prabowo ikut rapat terbatas hingga sidang paripurna di kabinet, bukan hanya sebatas bidang pertahanan. Misalnya dalam penyusunan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2025. Jokowi menyebut keleluasaan yang disediakan untuk memudahkan Prabowo langsung bekerja.

“Saya pada 2014 butuh waktu satu hingga satu setengah tahun untuk mengkonsolidasi, artinya satu hingga setengah tahun waktu kita (untuk bekerja) hilang. Karena itu saya sangat senang sekali proses transisi pemerintahan ini kita harapkan tinggal 12 hari berjalan baik dan berjalan mulus,” kata Jokowi dalam sambutannya di BNI Daily Summit pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment09 Oktober 2024, 17:30 WIB

Sudah Pulih, Renjun Akan Kembali Beraktivitas Bersama NCT DREAM

Kabar kembalinya Renjun untuk beraktivitas bersama NCT DREAM setelah hiatus disampaikan langsung oleh SM Entertainment dengan merilis pernyataan resmi mengenai kondisi kesehatannya pada Senin, 7 Oktober 2024.
Sudah Pulih, Renjun Akan Kembali Beraktivitas Bersama NCT DREAM (Sumber : Instagram/@yellow_3to3)
Keuangan09 Oktober 2024, 17:17 WIB

Era Prabowo: Rp1,2 Triliun per Hari untuk Makan Bergizi Gratis, Ini Rinciannya

Dari dana tersebut 75 persennya atau Rp 800 miliar digunakan untuk intervensi melalui pembelian produk-produk pertanian atau bahan baku.
Prabowo Subianto bersama anak-anak Indonesia (Sumber: dok akun prabowo)
Sukabumi09 Oktober 2024, 17:14 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi: Membangun Generasi Unggul dan Religius

Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar stadium general bagi ribuan mahasiswanya dengan tema Membangun Generasi Unggul dan Religius
Ribuan Mahasiswa UMMI Sukabumi saat ikuti gelaran Stadium general yang diberikan oleh Professor Abdul Mu'ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Senin (7/10/2024). (Foto : UMMI)
Musik09 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sudah Tak Ada Cinta Judika yang Viral di Media Sosial

Sudah Tak Ada Cinta yang dinyanyikan Judika viral di media sosial karena liriknya yang dekat dengan nuansa kisah cinta tanpa rasa.
Lirik Lagu Sudah Tak Ada Cinta Judika yang Viral di Media Sosial. Foto: YouTube/JudikaEnterntaiment
Entertainment09 Oktober 2024, 16:30 WIB

Kimberly Ryder Klarifikasi Soal Kekerasan Pada Anak yang Dituduhkan Edward Akbar

Kimberly Ryder akhirnya buka suara mengenai dirinya yang dilaporkan Edward Akbar ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) atas dugaan kekerasan atas tuduhan kekerasan pada anak.
Kimberly Ryder Klarifikasi Soal Kekerasan Pada Anak yang Dituduhkan Edward Akbar (Sumber : Instagram/@kimbrlyryder)
Sukabumi09 Oktober 2024, 16:01 WIB

Lutung Berkeliaran di Kota Sukabumi, Warga Parigi Nyomplong Heboh

Kemunculan seekor lutung jawa di tengah kota membuat heboh warga Nyomplong Sukabumi.
Seekor Lutung jawa tertangkap kamera tengah berkeliaran di tengah pemukiman warga Jalan Parigi, Rt 8/4, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life09 Oktober 2024, 16:00 WIB

Misteri Hantu Boneka Uci Penunggu Jalan Babakan Siliwangi Bandung, Sering Ganggu Pengendara

Kisah hantu boneka Uci di Jalan Siliwangi Bandung adalah salah satu contoh menarik dari urban legend yang berkembang di Indonesia.
Ilustrasi - Kisah hantu boneka Uci di Jalan Siliwangi Bandung adalah salah satu contoh menarik dari urban legend yang berkembang di Indonesia. (Sumber : Pixabay.com/@TheDigitalArtist).
Sukabumi09 Oktober 2024, 15:55 WIB

2.200 Tenaga Pendidik dan Relawan Keagamaan di Kota Sukabumi Terima Bantuan Insentif

Ini apresiasi Pemerintah Kota Sukabumi terhadap tenaga pendidik bidang keagamaan.
Pemerintah Kota Sukabumi menyalurkan bantuan insentif bagi tenaga pendidik dan relawan keagamaan. | Foto: Website Kota Sukabumi
Entertainment09 Oktober 2024, 15:45 WIB

Dituduh Berselingkuh Dengan Paula Verhoeven, Dimas Seto Pamer Kemesraan dengan Dhini Aminarti

Nama Dimas Seto terseret dalam permasalahan rumah tangga Baim Wong dan Paula Verhoeven yang sedang retak. Dimas dikabarkan menjadi selingkuhan Paula.
Dikabarkan Jadi Selingkuhan Paula Verhoeven, Dimas Seto Pamer Kemesraan dengan Dhini Aminarti (Sumber : Instagram/@dimasseto_1)
Nasional09 Oktober 2024, 15:26 WIB

Jokowi-Prabowo Makan Malam Bersama Selama 2 Jam Lebih, Apa Saja yang Dibahas?

Presiden Jokowi mengungkapkan, makan malam itu diwarnai dengan diskusi santai yang tidak terasa hingga dua jam lebih.
Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto santap malam berdua di Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Sumber : Akun Medsos Jokowi)