Anggota Komisi VIII DPR Sebut Yaqut Tak Layak Jadi Menteri Agama Lagi

Sabtu 28 September 2024, 14:48 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Sumber Foto: Kemenag RI)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Sumber Foto: Kemenag RI)

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden terpilih Prabowo Subianto diminta tidak menunjuk Yaqut Cholil Qoumas kembali sebagai Menteri Agama dalam pemerintahannya.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI dari PDI Perjuangan, Selly Andriany Gantina. Menurutnya Yaqut sudah tidak layak mengemban amanah tersebut lantaran tidak kooperatif sebagai mitra kerja Komisi VIII.

Selly menyebut, Menag Yaqut berkali-kali tidak menghadiri undangan Komisi VIII untuk memberikan penjelasan ihwal penyelenggaraan ibadah haji 2024. Bahkan, lanjut Selly, Menag Yaqut tidak menghadiri agenda penyampaian laporan pertanggungjawaban di masa jabatannya, khususnya terkait dengan evaluasi pelaksanaan haji.

"Kami dari Fraksi PDI Perjuangan menilai pejabat seperti ini tidak layak sebagai pejabat publik, dan pemerintahan selanjutnya harus memilih orang yang bisa mengakomodasi kepentingan mitra kerja," kata Selly dikutip dari tempo.co, Sabtu (28/9/2024).

Baca Juga: Soal Azan dan Gonggongan Anjing, Menag Yaqut: Misleading dan Tak Sesuai Fakta

Anggota Komisi VIII dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Marwan Dasopang juga menyatakan hal serupa. Menurut Marwan, kinerja Menag Yaqut dalam hal pelaksanaan ibadah haji dapat dijadikan pertimbangan presiden terpilih menunjuk sosok yang lebih terbuka dan transparan.

"Saya melihatnya Menag ini telah gagal dalam menjalankan tugasnya sehingga tidak layak lagi sebagai seorang menteri," ujarnya.

Marwan juga mendorong Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi kinerja Menag Yaqut. Sebab, kata dia, laporan pertanggungjawaban seorang menteri akan menjadi acuan bagi menteri periode berikutnya.

"Rekomendasi DPR, ya bisa dilihat dari rekam jejak Menag ini. Biar presiden yang memutuskannya, itu kewenangan presiden," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Yaqut Cholil Qoumas kembali batal menghadiri rapat kerja bersama Komisi VIII. Rapat tersebut sedianya diagendakan untuk penyerahan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan ibadah haji sekaligus evaluasi oleh Komisi VIII.

Yaqut batal hadir karena dirinya sedang berada di luar negeri. Anggota Komisi VIII Selly Andriany Gantina menyebut Yaqut tidak bisa ke Indonesia karena kehabisan tiket pesawat.

"Alasannya karena tidak mendapatkan tiket untuk kembali ke Indonesia. Padahal surat dari Sekjen DPR kepada kami, menteri bisa hadir untuk rapat evaluasi," ujarnya.

Juru Bicara Menteri Agama, Sunanto, belum merespons panggilan dan pertanyaan yang dikirimkan ke nomor pribadinya. Serupa dengan Sunanto, jubir Menag lainnya, Anna Hasbie, juga belum merespon panggilan dan pertanyaan Tempo.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik28 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak

Musisi Kaleb J baru saja merilis single terbaru berjudul Di Balik Pertanda pada 22 Agustus 2024, yang merupakan bagian dari mini album terbarunya Off Guard.
Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak (Sumber : Youtube | PASSION VIBE)
Sukabumi28 September 2024, 16:58 WIB

5 Hari Sebelum Kabar Meninggal, TKW Asal Cikakak Sukabumi Curhat Disiksa Majikan

Sri Erni Juniarti (40), warga Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dilaporkan meninggal dunia saat bekerja di Suriah. Erni diduga mengalami kekerasan dari majikannya sebelum kematiannya.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi28 September 2024, 16:37 WIB

Cerita Penjual Sate di Parungkuda, Pendapatan Menurun Imbas Pembukaan Tol Bocimi

Pembukaan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak pada Selasa, 24 September 2024, membawa dampak signifikan terhadap aktivitas ekonomi di sepanjang Jalan Nasional Sukabumi-Bogor
Adep Supriyatna (52 tahun) penjual sate di jalan nasional Sukabumi-Bogor | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel28 September 2024, 16:19 WIB

Dekat Dari Exit Tol Bocimi, 7 Rekomendasi Wisata Alam di Kadudampit Sukabumi

Ada beberapa tempat wisata alam di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di antaranya:
Rekomendasi tujuh tempat wisata di Kadudampit Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 16:00 WIB

Kronologi Kasus Sean 'Diddy' Combs yang Diduga Terlibat Kejahatan Seksual

baru-baru ini Sean ‘Diddy’ Combs menghadapi gugatan ke-11 yang diajukan oleh Thalia Graves. Graves melaporkan Diddy atas tuduhan kekerasan seksual terhadapnya dan menjual video penyerangan seksual secara ilegal.
Sean 'Diddy' Combs Ditangkap FBI atas Dugaan Terlibat Kekerasan Seksual (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 September 2024, 15:15 WIB

TKW Asal Cikakak Sukabumi Meninggal di Suriah, Keluarga Minta Jenazah Dipulangkan

TKW asal Cikakak Sukabumi Sri Erni Juniarti dikabarkan meninggal karena terjatuh saat bekerja di Suriah.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Sri Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Entertainment28 September 2024, 15:00 WIB

Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya

Mantan penyanyi cilik, Chikita Meidy dilaporkan oleh sahabatnya sendiri, Shilda Oktavia Rosa atas kasus dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya.
Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya (Sumber : Instagram/@chikitameidy)
Entertainment28 September 2024, 14:59 WIB

Andrew Andika Ditangkap Karena Narkoba, Begini Tanggapan Tengku Dewi

Aktor Andrew Andika ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat, pada Kamis malam 26 September 2024 atas dugaan penyalahgunaan narkoba.
Andrew Andika Ditangkap Karena Narkoba, Begini Tanggapan Tengku Dewi (Sumber : Instagram/@andrewandika)
Nasional28 September 2024, 14:48 WIB

Anggota Komisi VIII DPR Sebut Yaqut Tak Layak Jadi Menteri Agama Lagi

Yaqut dinilai sudah tidak layak mengemban amanah sebagai Menteri Agama di pemerintahan Prabowo lantaran tidak kooperatif sebagai mitra kerja Komisi VIII.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Sumber Foto: Kemenag RI)
Entertainment28 September 2024, 14:00 WIB

Raffi Ahmad Raih Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas di Thailand

Raffi Ahmad membagikan kabar bahagia ketika ia mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari Universal Institute of Professional Management (UIPM), Thailand.
Raffi Ahmad Raih Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas di Thailand (Sumber : Instagram/@raffinagita1717)