15 Meninggal, 25 Orang Tertimbun Longsor Bekas Tambang Emas di Solok

Jumat 27 September 2024, 19:28 WIB
(Foto Ilustrasi) 25 orang tertimbun longsor bekas tambang emas di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis, 26 September 2024. | Foto: Istimewa

(Foto Ilustrasi) 25 orang tertimbun longsor bekas tambang emas di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis, 26 September 2024. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sekitar 25 orang tertimbun longsor bekas tambang emas di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis, 26 September 2024. Warga yang tertimbun diduga sedang melakukan penambangan ilegal di lokasi itu. Sebanyak 15 orang dilaporkan meninggal.

Mengutip berita tempo.co, Jumat (27/9/2024), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Irwan Effendi mengatakan longsor terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi. "Sejak sore hari beberapa hari terakhir curah hujan cukup tinggi," katanya.

Irwan menjelaskan titik longsor berada di Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Akses menuju lokasi hanya bisa dilintasi dengan berjalan kaki selama 8 jam. "Lokasi longsor merupakan bekas galian emas yang sudah ditinggalkan penambang terdahulu," ujar dia.

Sementara itu untuk proses evakuasi dilakukan masyarakat sejak pukul 03.00 WIB. Proses penyelamatan tersebut mendapati korban meninggal sebanyak 15 orang.

Baca Juga: Jelang Long Weekend Dilapis Aspal, Tol Bocimi Seksi 2 akan Uji Coba Lokasi Longsor

“Sampai saat ini 4 dari 15 korban meninggal sudah berhasil dievakuasi. Tiga korban yang mengalami luka berat juga sudah dievakuasi masyarakat. Dinas Kesehatan Kabupaten Solok telah mengirim 7 unit mobil ambulance ke lokasi untuk membantu evakuasi,” kata Irwan.

Menurut Irwan, korban berasal dari Nagari-nagari di Kecamatan Hiliran Gumanti dan Pekonina Kabupaten Solok Selatan. "Korban terdiri masyarakat yang melakukan aktivitas pendulangan emas secara manual," katanya. “Untuk data nama-nama dan status korban belum didapat karena proses evakuasi masih berjalan,” ujar Irwan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 September 2024, 21:37 WIB

Kampanye di Sukabumi, Acep Adang-Gita Janjikan Program Pesantren dan Bahagiakan Warga Jabar

Cagub-Cawagub nomor urut 1 di Pilkada Jawa Barat 2024 yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Acep Adang Ruhiat dan Gitalis Dwinatarina melaksanakan kegiatan safari politik di Sukabumi
Cagub Cawagub di Pilkda Jabar 2024, KH Acep Ruhiat dan Gita KDI atau Gitalis Dwinatarina | Foto : Asep Awaludin
Arena27 September 2024, 21:02 WIB

Cerita Ayu Danita, Atlet Floorball Asal Sukabumi Sumbang Emas PON untuk Jawa Barat

Ayu menyebut persiapan untuk menghadapi PON tidak mudah.
Ayu Danita Heristika (25 tahun), atlet floorball asal Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@ayu_danitaa
Food & Travel27 September 2024, 20:42 WIB

Pantai Cikadal Berlatar Cagar Alam Cibanteng, Rekomendasi Wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Cikadal berlokasi di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas merupakan salah satu destinasi wisata pantai di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp)
Pantai Cikadal dan Cagar Alam Cibanteng di Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi27 September 2024, 20:28 WIB

Firasat Buruk Jadi Kenyataan, Kronologi Ambruknya Rumah Janda di Cibadak Sukabumi

Keroposnya kayu penyangga menyebabkan kaca rumah pecah.
Rumah Icah (64 tahun) yang ambruk di Kampung Pamuruyan RT 04/04 Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Internasional27 September 2024, 20:20 WIB

Uji Coba Makan Telur 24 Buah Setiap Hari Selama Sebulan, Mahasiswa di Amerika Alami Hal Ini

Seorang mahasiswa asal Boston, Amerika Serikat, Nick Norwitz melakukan percobaan dengan memakan 24 buah telur setiap hari selama 30 hari secara terus menerus
Ilustrasi makan telur 24 buah setiap hari selama sebulan penuh | Foto : Pixabay
Nasional27 September 2024, 19:28 WIB

15 Meninggal, 25 Orang Tertimbun Longsor Bekas Tambang Emas di Solok

Proses penyelamatan ini mendapati korban meninggal sebanyak 15 orang.
(Foto Ilustrasi) 25 orang tertimbun longsor bekas tambang emas di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis, 26 September 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih27 September 2024, 19:02 WIB

Dampingi Syaikhu ke Sukabumi, Legislator PKS Bahas Solusi Kelangkaan Pupuk Subsidi

Ratusan warga dari beberapa kelompok tani hadir dalam kegiatan ini.
Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu (kemeja putih) bersama pimpinan PKS di Kabupaten Sukabumi pada Kamis, 26 September 2024. | Foto: PKS
Food & Travel27 September 2024, 19:00 WIB

Pulau Pari: Wisata Alam Indah Nan Eksotis yang Menjadi Sisi Menarik Ibu Kota Jakarta

Wisata Jakarta Pulau Pari tidak hanya menawarkan keindahan pantai pasir putih dan suasana yang tenang, tetapi juga surga bagi para pecinta snorkeling.
Wisata Jakarta Pulau Pari tidak hanya menawarkan keindahan pantai pasir putih dan suasana yang tenang, tetapi juga surga bagi para pecinta snorkeling. (Sumber : Instagram/@pulau_pari_id).
Life27 September 2024, 18:00 WIB

Termaktub dalam Al-Quran, Doa Mohon Perlindungan dari Orang-orang Zalim

Orang zalim adalah mereka yang bertindak semena-mena dan tidak adil. Dalam Islam, perbuatan zalim sangat dilarang dan akan mendapat balasan.
Ilustrasi berdoa - Sebagai umat Islam, kita harus sabar jika mengalami kezaliman dan terus berdoa agar Allah melindungi kita. | (Sumber : Pixabay.com)
Musik27 September 2024, 17:30 WIB

Prediksi Setlist Konser Tunggu Aku Di Bandung Sheila On 7 Besok

Grup band Sheila On 7 akan menggebarakan panggung Bandung dengan menggelar konser bertajuk ‘Tunggu Aku Di Bandung’ pada Sabtu, 28 September 2024, di Stadion Si Jalak Harupat.
Prediksi Setlist Konser Tunggu Aku Di Bandung Sheila On 7 Besok (Sumber : Instagram/@sheilaon7)