Hadirkan Pembicara Internasional, LMS 2024 akan Pertemukan Ratusan Pengelola Media Lokal

Rabu 25 September 2024, 15:26 WIB
Peserta Local Media Summit tahun 2022. (Sumber : Istimewa)

Peserta Local Media Summit tahun 2022. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pertemuan puncak pengelola media lokal di Indonesia bertajuk Local Media Summit (LMS) kembali digelar tahun ini. Untuk kali ketiga, agenda tahunan yang diinisiasi Suara.com bersama International Media Support (IMS) ini sudah mulai membuka registrasi peserta.

Menurut rencana, LMS 2024 akan digelar secara eksklusif di The Sultan Hotel & Residence Jakarta pada 2-3 Oktober 2024.

LMS tahun ini mengangkat tema 'Technological Transformation in Local Media: Serving The Audience Tomorrow', yang menekankan upaya media lokal melayani audiensnya untuk menjadi dasar pengembangan konten dan model bisnisnya.

CEO PT Arkadia Digital Media Tbk yang juga Pemimpin Redaksi Suara.Com, Suwarjono mengungkapkan, dengan basis audien yang jelas dan dipahami, media akan bisa fokus mengembangkan konten sesuai karakter audiens. Sebab hal tersebut pada akhirnya akan menjadi unique selling point dalam pengembangan bisnis media. Dengan demikian, pengelola media bisa mengajak berbagai mitra untuk membuat dan mengembangkan program yang unik dan beragam.

"Sumber pendapatan media saat ini bukan hanya dari sekadar iklan, perlu inovasi yang kreatif dan beragam," kata Suwarjono, Rabu (25/9/2024).

Kompetisi Inovasi

Sementara Program Manager IMS Indonesia, Eva Danayanti mengungkapkan, LMS 2024 membuka peluang bagi media lokal yang ingin melakukan inovasi dengan pemanfaatan teknologi dalam memahami dan melayani audiennya.

"Akan dibuka kompetisi bagi media lokal untuk mendapatkan kesempatan mempresentasikan idenya dalam sesi pitching pada Local Media Summit 2024 di Jakarta. Pemenangnya akan mendapatkan dukungan dana dan pendampingan untuk mengimplementasikan idenya,” kata Eva.

Baca Juga: Local Media Summit 2024 Siap Digelar, Registrasi Peserta Dibuka Mulai 2 September

Selain itu, peningkatan kualitas dan kuantitas konten media lokal juga menjadi fokus dalam pertemuan kali ini.

"Pada summit kali ini, akan dihadirkan beberapa sesi coaching untuk para pengelola media lokal memanfaatkan AI, merencanakan bisnis, menentukan bentuk dan legalitas perusahaannya, hingga merancang event untuk menghasilkan revenue," katanya.

LMS tahun ini akan dibuka Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria; Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu; Head of Cooperation EU Delegation to Indonesia & Brunei Darussalam, Thibaut Portevin; CEO Suara.com, Suwarjono; dan IMS Programme Country Manager Indonesia, Eva Danayanti.

Selain itu, sejumlah pembicara dihadirkan dalam pertemuan kali ini seperti, IMS Asia Business Advisor, Danny Yong; Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Janoe Arijanto; Perwakilan Pinterest Widhi Asmoro, serta sejumlah expertise dalam bidang yang bersentuhan langsung dengan media.

Pada akhir Oktober 2022, Suara.com dan IMS sukses menggelar Local Media Summit perdana. Agenda yang digelar di Gedung Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Jakarta itu diikuti hampir 300 perwakilan media lokal dari seluruh Indonesia dan stakeholder lainnya yang hadir langsung, plus hampir 100 peserta yang bergabung secara online. Kemudian pada LMS 2023 diselenggarakan pada 11-12 Oktober 2023 di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat.

Sebelum pertemuan puncak tahunan, digelar sejumlah agenda pertemuan dengan pengelola media lokal di berbagai daerah. Pada 6 Mei 2024 lalu digelar Sumatera Media Summit (SMS) 2024 bertempat di Hotel Aryaduta, Palembang. Kemudian pada 25 Juli 2024 di Surabaya, Suara.com bersama Beritajatim menyelenggarakan Jatim Media Summit (JMS) 2024.

Untuk mengikuti agenda ini, pendaftaran untuk calon peserta Local Media Summit 2024 sudah dibuka sejak 2 September 2024 dengan mengunjungi laman https://localmediacommunity.com/id/member/register.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 September 2024, 17:13 WIB

Viking Kerajaan Sukabumi Tanggapi Insiden Penyerangan Bobotoh Persib dan Perusakan oleh Oknum Suporter

Respon Ketua Viking Kerajaan Sukabumi terkait insiden perusakan rumah oleh oknum Suporter Persija atau The Jakmania
Tangkapan layar video oknum suporter Persija atau The Jakmania saat melakukan keributan dan perusakan rumah di Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin sore, 23 September 2024. | Foto: Istimewa
Musik25 September 2024, 17:00 WIB

Cover Kyung Soo & Lee Suhyun Viral, Ini Terjemahan Lagu Rewrite The Stars

Hingga Rabu (25/9/2024), Video Cover Lagu Rewrite The Stars versi Doh Kyung Soo dan Lee Suhyun sudah ditonton lebih dari 2.9 Juta Views di YouTube.
Video Cover Lagu Rewrite The Stars versi Doh Kyung Soo dan Lee Suhyun bahkan bertengger di posisi #3 Trending YouTube Music.
Life25 September 2024, 16:30 WIB

Jejak Ratu Galuh Mangku Alam Kerajaan Pajajaran di Makam Keramat Kebun Raya Bogor

Kompleks makam keramat di Kebun Raya Bogor menyimpan segudang sejarah dan misteri, salah satunya adalah makam Ratu Galuh Mangku Alam.
Kompleks makam keramat di Kebun Raya Bogor menyimpan segudang sejarah dan misteri, salah satunya adalah makam Ratu Galuh Mangku Alam. (Sumber : Instagram/@spirit.jiwa3).
Sukabumi25 September 2024, 16:19 WIB

Jalan Nasional Sukabumi-Bogor Langsung Sepi Pasca Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka Kembali

Warga mengabarkan jalan nasional Sukabumi-Bogor di Parungkuda Sukabumi langsung sepi sehari pasca Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali.
Kondisi arus lalu lintas di jalan Nasional Sukabumi-Bogor di Parungkuda jadi sepi atau lancar sehari pasca Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali, Rabu (24/9/2024) sore. (Sumber : FB Yudistira/Google Maps)
Sukabumi25 September 2024, 16:09 WIB

Parungkuda Comeback dan Cibadak Street, Perseteruan 2 Geng Motor di Balik Ricuh Penyerangan Pasar Cibadak Sukabumi

Cibadak Street tidak memenuhi rencana ini alias tidak muncul di lokasi.
Polisi memperlihatkan barang bukti senjata tajam dalam konferensi pers kasus penyerangan di PSM Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi25 September 2024, 16:00 WIB

11 Batang/Minggu, Warga Sukabumi Mayoritas Hisap Rokok Kretek Daripada Rokok Putih

Data BPS: Warga Sukabumi mengkonsumsi 11 batang rokok kretek filter per minggu.
Ilustrasi. Rokok Kretek Filter yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Kota Sukabumi (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sukabumi25 September 2024, 15:37 WIB

Dua Geng Motor Gagal Tawuran, Penyebab Serangan di Pasar Cibadak Sukabumi

Parungkuda Comeback menyambut rencana tawuran ini dengan menyiapkan pasukan.
Lima terduga pelaku yang dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Sukabumi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/9/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Fashion25 September 2024, 15:30 WIB

Bentuknya Begitu Khas, Mengenal Boneka Labubu yang Viral Karena Lisa BLACKPINK

Saat ini media sosial Indonesia tengah dihebohkan dengan sebuah boneka unik berbentuk monster lucu dan menggemaskan yang dikenal bernama Labubu.
Bentuknya Begitu Khas, Mengenal Boneka Labubu yang Viral Karena Lisa BLACKPINK (Sumber : X/@labubuoffcial)
Nasional25 September 2024, 15:26 WIB

Hadirkan Pembicara Internasional, LMS 2024 akan Pertemukan Ratusan Pengelola Media Lokal

Local Media Summit (LMS) 2024 mengangkat tema 'Technological Transformation in Local Media: Serving The Audience Tomorrow'.
Peserta Local Media Summit tahun 2022. (Sumber : Istimewa)
Nasional25 September 2024, 15:18 WIB

Jokowi: Indonesia Kutuk Serangan Israel ke Lebanon, Minta Respons Cepat PBB

Presiden Jokowi menegaskan dirinya sudah berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait kondisi WNI di Lebanon pasca serangan Israel.
Presiden Joko Widodo. (Sumber : Youtube Setkab RI)