Siapkan Masukan untuk Prabowo, CSPS SKSG UI Gelar Strategic Policy Forum

Minggu 15 September 2024, 21:27 WIB
Siapkan Masukan untuk Prabowo, CSPS SKSG UI Gelar Strategic Policy Forum pada 17-18 September 2024 di di kampus UI Salemba Jakarta. | Foto : Istimewa

Siapkan Masukan untuk Prabowo, CSPS SKSG UI Gelar Strategic Policy Forum pada 17-18 September 2024 di di kampus UI Salemba Jakarta. | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pusat riset Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Unit Kerja Khusus Center for Strategic and Global Studies (CSGS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia menggelar Strategic Policy Forum (SPF) pada 17-18 September 2024 di kampus UI Salemba Jakarta. Forum ini akan melengkapi hasil kajian CSPS untuk memberikan masukan kepada pemerintahan baru mendatang, khusunya dalam mewujudkan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera.

Forum yang terdiri dari kegiatan Seminar dan Focus Group Discussion (FGD) ini bertajuk “Membedah Program Strategis Pemerintahan Baru dan Solusi Tantangan Menuju Indonesia Emas 2024. Dua tokoh penting akan menjadi pembicara utama dalam forum ini adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia dan Prof Dr Purnomo Yusgiantoro, Menteri ESDM periode 2000-2009 dan Menteri Pertahan periode 2009-2014.

Narasumber lainnya antara lain Kepala Badan Gizi Nasional Prof Dr Dadan Hindayana, Kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prof Dr KH Noor Achmad, Rektor Universitas Pancasila Prof Dr Marsudi Kisworo, Guru Besar UGM Prof Dr Gunawan Sumodiningrat, Direktur SKSG Athor Subroto, SE, MM, N.Sc, Ph.D, dan Ketua CSPS Guntur Subagja Mahardika.

Kepala CSGS SKSG UI Dr. Shobichatul Aminah, M.Si menjelaskan, forum diikuti oleh para pemangku kepentingan (stakeholders) dalam kolaborasi pentahelix yang terdiri dari Akademisi, Dunia Usaha (business), Komunitas/NGO (community), Pemerintah (government), dan Media. “Antusiasme publik untuk mengikuti forum ini sangat tinggi. Yang mendaftar peserta seminar hinggal 15 september 2024 mencapai 780 orang lebih dan peserta FGD lebih dari 455 orang,”papar Shobichatul Aminah.

Pusat riset Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Unit Kerja Khusus Center for Strategic and Global Studies (CSGS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia menggelar Strategic Policy Forum (SPF) pada 17-18 September 2024Pusat riset Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Unit Kerja Khusus Center for Strategic and Global Studies (CSGS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia menggelar Strategic Policy Forum (SPF) pada 17-18 September 2024

Ia menjelaskan forum dilaksanakan secara hybrid, 200 orang mengikuti seminar luring (offline) hadir langsung di kampus UI dan 60 orang mengikuti FGD luring terbagi dalam dua kelompok FGD 1 dan FGD 2. “Sisanya mengikuti melalui jaringan online dan kanal youtube SKSG UI,”ungkapnya. Ada 8 pembicara dalam seminar dan 30 pembicara FGD yang terbagi dalam 4 klaster yang mengulas 8 isu strategis.

Baca Juga: Guntur Subagja Mahardika Kembali Pimpin Pusat Riset CSPS SKSG UI

Ketua CSPS CSGS SKSG UI Guntur Subagja Mahardika, M.Si, mengungkapkan ada 8 isu strategis yang dibahas dalam forum ini. Yaitu, isu stunting dan gizi buruk, isu kemiskinan, isi kesejangan ekonomi dan ekonomi Pancasila, isu kemandirian pangan, isu krisis energi, isu krisis lingkungan, dan isu sumber daya alam. “Hasil forum ini akan melengkapi kajian CSPS UI terhadap isu-isu strategis tersebut,”kata Guntur.

Guntur mengatakan, hasil kajian tersebut akan dituangkan dalam policy paper yang menjadi rekomendasi untuk pemerintahan mendatang. “Kami berhadap policy paper dan rekomendasi dapat diserahkan langsung kepada Presiden terpilih Bapak Prabowo Subianti,”ujarnya.

Menurut Guntur, CSPS mengapresiasi komitmen Prabowo Subianto yang dalam kampanye politiknya akan membangun sumber daya manusia unggul yang dimulai sejak dini dengan program makan bergizi gratis. Program strategis lainnya adalah mewujudkan kemandirian pangan dan kemandirian nasional dengan mengoptimalkan potensi-potensi nasional bangsa Indonesia. “Kami akan memberikan agar gagasan-gagasan besar itu dapat diwujudkan dan tidak hanya omon-omon,”kelakar Guntur.

CSPS adalah pusat riset yang fokus pada kajian dan analisa kebijakan strategis membahas serta memberikan solusi permasalahan secara multi-displin keilmuan. Selain melakukan riset dan publikasi juga melaksanakan pelatihan, dan konsultansi di bidang kebijakan stratejik yang antara lain meliputi kebijakan publik, manajemen stratejik, perencanaan stratejik, komunikasi stratejik, strategic intelligence, kepemimpinan (leadership), dan aspek strategis lainnya yang meliputi multi disiplin keilmuan.

Kepala CSGS SKSG UI Shobichatul Aminah menjelaskan, CSGS UI memiliki 12 pusar kajian. Selain CSPS, ada Center for Strategic Entrepreneurial Leadership (CSEL), Rumah Perdamaian, Research Center for Security and Violent Extremism (Recure), Pusat Kajian Jaminan Sosial UI (PKJS-UI), ASEAN-China Research Center, Pusat Kajian Pembangunan Berkelanjutan (PKPB), Pusat Riset Ketahanan Nasional, Pusat Riset Perkotaan dan Wilayah (PRPW), Pusat Riset Sumber Daya Jepang (PRSDJ), Pusat Studi Mutu dan Profesi (PSMP), dan Pusat Riset Timur Tengah dan Islam (IMERC). *

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi19 September 2024, 20:42 WIB

Tepergok Curi Helm, Pria Cianjur Babak Belur Diamuk Massa di Dago Sukabumi

Berikut kronologi pria Cianjur nyaris tewas diamuk massa di Dago Sukabumi karena tepergok curi helm.
Tangkapan layar video viral pria babak belur diamuk massa karena tepergok curi helm di Dago Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:40 WIB

Panwaslu Sukaraja Sosialisasi Netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa di Pilkada Sukabumi

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, dan perangkat desa dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukaraja saat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI/Polri dan Aparat Desa, Kamis (19/9/2024) | Foto : SU
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:19 WIB

Tak Ada Tanggapan Masuk, KPU Menuju Tahap Penetapan Paslon Pilbup Sukabumi 2024

Nihin tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait 2 bapaslon Pilbup Sukabumi 2024. KPU bersiap menuju tahapan berikutnya.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Sukabumi, Abdullah Ahmad Mulya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life19 September 2024, 20:00 WIB

Usir Muda Mudi yang Meresahkan, Kota di Finlandia Ini Putar Musik Klasik untuk Atasinya!

Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya.
Ilustrasi - Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi19 September 2024, 19:26 WIB

Hindari Jalan Bergelombang, Kronologi Truk Tabrak Pemotor Hingga Tewas di Tanjakan Baeud

Berikut keterangan polisi terkait kronologi kecelakaan maut di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi, Truk ekspedisi tabrak pemotor hingga tewas.
Kecelakaan maut Truk boks ekspedisi tabrak pemotor di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life19 September 2024, 19:00 WIB

5 Kisah Urban Legend yang Menyeramkan di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Kelima kisah ini adalah bagian dari urban legend yang terus berkembang dan menakutkan banyak orang, terlepas dari zaman atau tempat.
Ilustrasi - Kelima kisah ini adalah bagian dari urban legend yang terus berkembang dan menakutkan banyak orang, terlepas dari zaman atau tempat. (Sumber : Instagram/@noraalexandra/@Freepik.com).
Sukabumi19 September 2024, 18:55 WIB

Viral Geng Motor Bersajam Mengamuk di Pasar Cibadak Sukabumi, Ini Kata Saksi

Berikut kesaksian petugas parkir terkait serangan geng motor bersajam di Pasar Cibadak Sukabumi yang viral terekam CCTV.
Tangkapan layar video CCTV yang merekam momen penyerangan sekelompok orang diduga geng motor di area parkiran Pasar Cibadak Sukabumi. (Sumber : CCTV)