KPK Temukan Mobil Harun Masiku, Eks Penyidik: Yang Penting Orangnya

Jumat 13 September 2024, 18:01 WIB
Sosok Harun Masiku, Buronan KPK,| Foto : Ist

Sosok Harun Masiku, Buronan KPK,| Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan telah menemukan mobil milik buronan tersangka kasus suap, Harun Masiku.

“Kemarin dapat mobil-mobil yang dia parkir bertahun-tahun,” kata Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango di Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 12 September 2024.

Nawawi memastikan, KPK serius dan masih terus mengusut kasus suap yang menjerat Harun Masiku. Dia membantah kabar bahwa KPK telah menghentikan penanganan perkara tersebut. Bahkan, dia mengaku selalu menghubungi penyidik KPK Rossa Purbo Bekti untuk menanyakan perkembangan kasus Harun.

“Hampir tiap minggu saya telpon dia. ‘Mas bagaimana mas perkembangannya mas?’,” ujarnya.

Baca Juga: KPK Ngaku Masih Yakin Bisa Tangkap Harun Masiku

Dikutip dari tempo, Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu menjelaskan bahwa penyidik menemukan mobil Harun Masiku ini di kawasan apartemen Thamrin Residence, Jakarta, pada 25 Juni 2024. “Sudah terparkir selama dua tahun,” ucap Asep.

Penampakan mobil Harun Masiku yang ditemukan KPK.Penampakan mobil Harun Masiku yang ditemukan KPK.

Asep juga mengungkapkan, penyidik KPK berhasil mendapatkan dokumen penting yang tersimpan dalam mobil yang diduga pernah dipakai Harun Masiku tersebut. “Di mobil tersebut ditemukan dokumen soal HM (Harun Masiku),” tuturnya.

Sementara itu, Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo, merasa temuan ini tidak banyak membantu. “Yang paling penting sekarang adalah orangnya, yaitu Harun Masiku yang ditemukan,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Jumat (13/9/2024).

Eks Penyidik KPK itu menyampaikan justru KPK harus mengevaluasi bahwa Harun Masiku meninggalakan mobilnya maka semakin terbuka petunjuk ada orang kuat yang melindunginya sehingga dia berani meinggalkan asetnya tersebut.

“Justru sekarang KPK harus mengevaluasi bahwa dengan Harun Masiku meninggalkan mobilnya maka semakin terbuka petunjuk ada orang kuat melindungi Harun Masiku sehingga dia berani meninggalkan asetnya tersebut”, ucapnya.

Dia menuntut KPK untuk berani menaikkan sprindik sekaligus penetapan tersangka terhadap orang yang merintangi penyidikan (obstruction of justice) seperti yang dulu pernah diungkap KPK.

“Apalagi masa periode kepemimpinan ini tinggal 3 bulan lagi sehingga jangan sampai meninggalkan PR Buronan yang menjadi beban periode pimpinan kpk berikutnya”, katanya.

 Diketahui, Harun Masiku ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam perkara dugaan pemberian hadiah atau janji kepada penyelenggara negara terkait dengan penetapan calon anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 di Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.

Harun menjadi tersangka kasus suap terhadap Komisioner KPU 2017-2022 Wahyu Setiawan. Suap ini ditengarai agar Harun dapat menjadi Anggota DPR dari Fraksi PDIP, menggantikan Nazarudin Kiemas yang meninggal pada Maret 2019. Namun, Harun Masiku selalu mangkir dari panggilan penyidik KPK hingga dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 17 Januari 2020.

Berdasarkan catatan Tempo pada 2020 lalu, KPK pernah menggeledah hunian politikus PDIP Harun Masiku di Apartemen Thamrin Residences, Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020. Selain menggeledah apartemen, penyidik ternyata menyegel mobil milik Harun yang berada di area parkir apartemen tersebut.

“Teman di lapangan mendapatkan dokumen signifikan, antara lain untuk menemukan keberadaan tersangka HAR (Harun),” kata Pelaksana tugas Juru bicara KPK, Ali Fikri, Minggu, 19 Januari 2020.

Dari pantauan Tempo, mobil Toyota Camry hitam metalik dengan nomor polisi B 8351 WB milik Harun berada di area parkir P3 Apartemen Thamrin Residences. Sejumlah stiker bertuliskan ‘Dalam Pengawasan KPK’ tertempel di bagian depan, samping dan belakang mobil.

Mobil itu diduga telah berada di sana sebelum KPK melakukan operasi tangkap tangan pada 8 Januari 2020. Di pagi hari itu, seorang pegawai apartemen masih melihat Harun keluar dari lift menyeret sebuah koper. Ia tak mengemudikan mobilnya, namun naik sebuah mobil multi-purpose vehicle atau MPV. Sejak saat itu, keberadaan Harun Masiku tak pernah terlihat lagi.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 September 2024, 10:14 WIB

Pengerjaan Pelat Beton di Pabuaran Sukabumi Disorot Warga, UPTD PU Jelaskan Begini

Pengerjaan pelat beton untuk menutup saluran air ini dilaksanakan pihak ketiga.
Pelat beton di jalan kabupaten ruas Ancaen-Bojonghaur, tepatnya di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 September 2024, 10:00 WIB

6 Cara Menjodohkan Teman Agar Bisa Jadi Sepasang Kekasih

Menjodohkan teman agar bisa menjadi sepasang kekasih membutuhkan strategi yang hati-hati, agar tidak menimbulkan rasa canggung atau tekanan di antara mereka.
Ilustrasi. Menjalin hubungan asmara antara dua orang teman membutuhkan pendekatan yang cermat agar tidak menimbulkan tekanan psikologis. (Sumber : pixabay.com)
Sukabumi18 September 2024, 09:55 WIB

Tiga Pelajar Ditangkap, Pelaku Pembacokan Siswa STM di Surade Sukabumi

Korban mendapatkan penanganan medis di rumah sakit setelah mengalami luka.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap terduga pelaku pembacokan siswa STM di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Nasional18 September 2024, 09:27 WIB

2 Orang Tersangka! Modus TPPO ke Kamboja, Korban Diiming-imingi Kerja di Perusahaan

Kepolisian menetapkan dua orang sebagai tersangka yakni MZ dan PJ.
(Foto Ilustrasi) Polisi mengungkap modus pelaku kasus TPPO ke Kamboja. | Foto: Istimewa
Sehat18 September 2024, 09:00 WIB

Lebih Sehat Mana, Air Galon atau Rebusan Air Keran? Simak Disini Jawabannya!

Masyarakat umumnya masih menggunakan air galon dan air keran rebusan untuk kebutuhan cairan tubuh.
Ilustrasi. Air minum. Masyarakat umumnya masih menggunakan air galon dan air keran rebusan untuk kebutuhan cairan tubuh. : Pixabay/Pexels
Inspirasi18 September 2024, 08:54 WIB

Loker Pegawai Tetap Lulusan S1 Human Resources, Cek Disini!

Loker Pegawai Tetap Lulusan S1 Human Resources. Rekruter dari Indofood akan menghubungi pelamar via telepon atau email resmi Indofood, sehingga pelamar harus memastikan nomor telepon dan emailnya selalu aktif ya!
Ilustrasi. Karyawan. Loker Pegawai Tetap Lulusan S1 Human Resources, Cek Disini! (Sumber : Pexels/MARTPRODUCTION)
Kecantikan18 September 2024, 08:00 WIB

10 Manfaat Setting Spray untuk Make Up: Natural Tahan Lama Tanpa Cakey!

Setting spray adalah produk penting untuk memastikan makeup tetap segar, tahan lama, dan terlihat natural sepanjang hari.
Ilustrasi. Setting spray melengkapi tampilan makeup dengan memberikan perlindungan tambahan terhadap keringat, minyak, dan cuaca. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life18 September 2024, 07:00 WIB

Hidup Lebih Tenang, 12 Manfaat Berpikir Positif Saat Menghadapi Masalah

Berpikir positif membantu mengurangi tingkat stres karena fokus pada solusi dan potensi perbaikan, bukan pada masalah itu sendiri.
Ilustrasi. Manfaat Berpikir Positif Saat Menghadapi Masalah. (Sumber : Pixabay)
Food & Travel18 September 2024, 06:00 WIB

Resep Donburi Chicken Teriyaki Simpel, Inspirasi Menu untuk Keluarga di Rumah

Berikut resep Donburi Chicken Teriyaki yang simpel dan mudah dibuat di rumah. Yuk, Recook!
Ilustrasi. Resep Donburi Chicken Teriyaki Simpel (Sumber : Pixabay/yuyun_fan)
Science18 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 September 2024, Semua Wilayah Potensi Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 18 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 18 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@Kanenori)