Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Mengingat Kembali Perjanjian Nabi Muhammad dengan Umat Kristen

Kamis 05 September 2024, 19:14 WIB
Momen Paus Fransiskus bertemu anak-anak Indonesia. (Sumber Foto: Vaticannews)

Momen Paus Fransiskus bertemu anak-anak Indonesia. (Sumber Foto: Vaticannews)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus melakukan sejumlah kegiatan dalam kunjungannya ke Indonesia. Dijadwalkan Paus Fransiskus akan berada di Indonesia selama tiga hari, mulai 3 September hingga 6 September 2024.

Selain bertemu Presiden Joko Widodo, Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal, dalam kunjungan itu, Paus Fransiskus akan menggelar pertemuan antaragama dan menyampaikan pidato.

Setelah dari Istiqlal, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Di sana, pemimpin umat Katolik akan bertemu dengan Penerima Manfaat Organisasi Amal.

Menuju malam, Paus Fransiskus akan menggelar misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Paus Fransiskus akan memimpin sekitar 80 ribu umat Katolik saat misa berlangsung. Ia bahkan akan menyapa langsung puluhan ribuan umat Katolik dengan berkeliling di dua stadion GBK menggunakan mobil Maung MV3 buatan Pindad.

Dalam pidatonya saat bertemu Presiden Jokowi, Paus Fransiskus menyampaikan tentang kerukunan, kemajemukan, hingga perdamaian yang dijunjung tinggi bangsa Indonesia. Lebih jauh, kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dapat dikaji lebih dalam sejarah hubungan Islam dan Nasrani sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Momen Imam Besar Masjid Istiqlal Cium Kening Paus Fransiskus, Dibalas Cium Tangan

Mengingat Kembali Perjanjian Nabi Muhammad SAW dengan Umat Kristen

Mengutip dari NU Online, disebutkan bahwa Nabi Muhammad pernah mengadakan perjanjian dengan beberapa kelompok umat Kristen pada zamannya. Perjanjian yang dibuat kedua belah pihak menyangkut banyak hal, mulai dari masalah keamanan, perlindungan, hingga jaminan keselamatan.

Menariknya, perjanjian Nabi Muhammad dengan orang-orang Kristen tersebut ‘berjalan dengan baik.’ Kedua belah pihak menepatinya dan tidak ada yang melanggarnya sampai Nabi wafat.

Menurut NU Online, merujuk dari buku Rasulullah Teladan Untuk Semesta Alam (Raghib as-Sirjani, 2011), sepanjang hidupnya–terutama dua tahun terakhir dari kehidupannya–Nabi Muhammad mengadakan dengan tiga kelompok umat Kristen.

Pertama, perjanjian dengan orang-orang Kristen Najran.

Suatu ketika Nabi Muhammad mengundang kaum Najran untuk datang ke Madinah. Umat Kristen Najran kemudian mengirim 14 orang–riwayat lain menyebutkan 60 orang dan 45 di antaranya sarjana Kristen–untuk berdiskusi dan berdebat dengan Nabi Muhammad. Rombongan umat Kristen Najran itu dipimpin tiga orang; Al-Aqib sebagai pemimpin rombongan. As-Sayyid sebagai pengatur perjalanan, dan Abul Harits sebagai penanggung jawab urusan keagamaan.

Setiba di Madinah, delegasi Kristen Najran disambut baik Nabi Muhammad dan umat Islam. Nabi mengajak mereka untuk memeluk Islam. Rombongan Kristen Najran menolaknya. Mereka kemudian terlibat dalam perdebatan. Temanya pun bervariasi, mulai dari persoalan teologi, definisi Muslim, status Nabi Isa AS hingga politik dan pemerintahan.

Dalam hal-hal tertentu mereka bertemu dalam satu titik temu, namun dalam hal-hal tertentu lainnya–seperti persoalan teologi–mereka tidak ketemu. Tidak ada kesepakatan di antara mereka mengenai hal itu. Di akhir dialog, Nabi Muhammad menjalin perjanjian damai dengan rombongan Kristen Najran. Sebetulnya, Nabi Muhammad bisa saja ‘menghabisi’ delegasi Najran mengingat mereka tidak memiliki kekuatan saat itu.

Namun, Nabi memilih untuk membuat perjanjian damai dengan mereka. Melalui perjanjian ini, Nabi Muhammad ingin menanamkan fondasi perdamaian, toleransi, dan moderasi antara umat Islam dengan umat non-Muslim.

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad sebagai Nabi kepada Uskup Abul Harits, uskup-uskup Najran, para pendeta, para rahib, dan semua orang yang ada di bawah kuasa mereka sedikit maupun banyak. Perlindungan Allah dan Rasul-Nya. Tidak ada seorang pun uskup, rahib, atau pendeta yang diganti, dan juga tidak ada satu pun hak dan kekuasaan mereka yang akan diganti, dan tidak juga yang sudah menjadi kebiasaan mereka. Perlindungan Allah dan rasul-Nya selamanya, selama mereka berdamai dan jujur serta tidak berlaku zalim.” Demikian isi perjanjian Nabi Muhammad dengan orang-orang Kristen Najran.

Baca Juga: 8 Hikmah Dibalik Peristiwa Isra Mi'raj Baginda Nabi Muhammad SAW

Kedua, perjanjian dengan orang-orang Kristen Jarba dan Adzruh.

Nabi Muhammad juga mengadakan perjanjian dengan umat Kristen Jarba dan Adzruh untuk membayar jizyah. Melalui perjanjian itu, Nabi Muhammad berupaya memberikan perlindungan kepada kabilah-kabilah lemah dan minoritas seperti Jarba dan Azdruh. Juga untuk menciptakan perdamaian di sekitar wilayah kaum Muslim.

Maklum, pada saat itu perang antarkabilah begitu marak sehingga banyak kabilah lemah menjadi korbannya. Jika dibandingkan dengan keamaan dan perlindungan yang diberikan Nabi Muhammad dan umat Islam, maka biaya yang dikeluarkan kabilah Jarba dan Azdruh–100 dinar setiap tahunnya–menjadi begitu sedikit.

“Ini adalah surat dari Muhammad sebagai Nabi untuk penduduk Adzruh bahwa mereka akan aman dengan keamanan dari Allah dan Muhammad, dan mereka harus membayar 100 dinar setiap bulan Rajab sebagai pemenuhan yang baik. Allah lah yang menjadi penanggung mereka dengan kejujuran dan perbuatan baik bagi kaum Muslimin,” kata Nabi Muhammad dalam perjanjiannya dengan orang-orang Kristen Jarba dan Adzruh.

Ketiga, perjanjian dengan orang-orang Kristen Ailah.

Suatu ketika Raja Ailah, Yuhannah bin Rub’ah, dengan mengenakan salib mendatangi Nabi Muhammad. Setelah terjadi obrolan, akhirnya Nabi Muhammad dan Yuhannah bersepakat untuk menjalin perjanjian damai. Dalam perjanjian itu, Nabi Muhammad menjamin keamanan penduduk Ailah, baik di darat maupun di laut.

Pemukiman Ailah terletak di pesisir pantai Laut Merah, oleh karenanya penduduk Ailah banyak yang menjadi nelayan. “Kapal-kapal laut mereka (penduduk Ailah) dan kendaraan-kendaraan mereka di darat dan di laut mendapatkan pengamanan dari Allah dan Muhammad an-Nabi,” kata Nabi dalam suratnya.

Tidak hanya itu, Nabi Muhammad juga menjamin penduduk Ailah untuk mendapatkan air dan melewati jalan-jalan yang selama ini mereka lalui, baik di darat maupun di laut. Nabi dan umat Islam akan memerangi siapa saja yang menghalangi penduduk Ailah untuk mendapatkan apa yang dijanjikan Nabi Muhammad tersebut. Tidak lain, ini dilakukan Nabi Muhammad untuk mewujudkan perdamaian di wilayah tersebut.

Sumber: nu.or.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel18 September 2024, 20:00 WIB

Situ Bagendit, Wisata Eksotis di Garut yang Berselimut Kisah Legenda

Situ Bagendit tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tetapi juga beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba.
Situ Bagendit tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tetapi juga beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba. (Sumber : disparbud.garutkab.go.id).
Sukabumi18 September 2024, 19:55 WIB

Kronologi Penembakan Pemilik Warkop di Sukabumi, Korban Alami Luka Tembak di Punggung

Polisi tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan yang dilakukan oleh oknum pengacara kepada pemilik warkop di Sukabumi.
Satreskrim Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pemilik warkop ditembak oknum pengacara, Selasa (17/9/2024) malam. (Sumber : Istimewa)
Nasional18 September 2024, 19:25 WIB

Hadiri IIGCE 2024, Wabup Sukabumi Sebut Pemanfaatan Geotermal Harus Green Energy

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri menghadiri acara IIGCE ke-10 tahun 2024 yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat menghadiri acara IIGCE ke-10 tahun 2024 yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi di JCC Jakarta. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)