Rakyat Sibuk Bela Negara, Menantu Jokowi Disebut Mirip Permaisuri Prancis yang Hidup Mewah

Jumat 23 Agustus 2024, 14:58 WIB
Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep yang juga menantu Presiden Jokowi. | Foto: Instagram/erinagudono

Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep yang juga menantu Presiden Jokowi. | Foto: Instagram/erinagudono

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah kekecewaan masyarakat Indonesia terhadap DPR karena disinyalir mengabaikan putusan Mahkamah Konstitusi soal syarat pencalonana kepala daerah, Erina Gudono menjadi perbincangan di media sosial X. Warganet ramai menyoroti gaya istri Kaesang Pangarep, yang juga menantu Presiden Joko Widodo.

Seperti diketahui, mengutip tempo.co, saat kontroversi RUU Pilkada dan rakyat sibuk membela negar dengan beragam aksi di sejumlah wilayah, Erina dan Kaesang diduga berada di Amerika. Dalam sebuah unggahan instastory yang sudah dihapus, mereka disebut-sebut naik private jet dan belanja barang mewah di negara tersebut.

Postingan Erina itu dianggap tak pantas di tengah kekecewaan masyarakat. Karena hal tersebut, warganet ramai menyamakan prilaku Erina dengan Permaisuri Raja Perancis terakhir, Marie Antoinette. Sosok itu dikenal kontroversial karena hidup menghamburkan uang di saat banyak rakyat Prancis sengsara. Tak tahan dengan kesenjangan ini, terjadilan Revolusi Prancis. Rakyat marah dan mengakhiri monarki di negara itu.

Baca Juga: Aksi 23 Agustus, Suara Kemarahan Mahasiswa Sukabumi terhadap Politik Dinasti Jokowi

Dilansir dari Britannica, Marie Antoinette adalah permaisuri Austria dari Raja Louis XVI dari Prancis. Ia lahir di Wina, Australia pada 2 November 1755. Namanya dikaitkan dengan penurunan otoritas moral monarki Prancis pada tahun-tahun terakhir rezim ancien regime, meskipun pemborosan yang dilakukannya hanyalah penyebab kecil dari gangguan keuangan negara Prancis pada periode tersebut.

Selain itu, penolakannya terhadap reformasi memicu keresahan, dan kebijakannya yang menentang kemajuan Revolusi Prancis akhirnya berujung pada penggulingan monarki pada Agustus 1792.

Dilansir dari laman Museum Nasional Versailles Prancis, ia dinikahi oleh Raja Perancis terkahir, Louis XVI yang berkuasa pada 1774 hingga 1793. Sejak menikah dengan Raja Louis XVI di usia 15 tahun, ia merasa sulit beradaptasi dengan adat dan budaya Perancis. Karena kecintaan Raja Louis XVI pada Marie, ia diizinkan mengambil sejumlah peran di istana yang belum pernah diberikan kepada dua permaisuri sebelumnya.

Marie menikmati hiburan dan peran ketika memilih pertunjukan yang akan dilakukan di istana. Ia dikenal sebagai permaisuri yang menyukai pesta dansa dan sering mengundang seniman serta temannya untuk berkunjung ke istana. Karena terlalu muda untuk berada di istana, ia akhirnya melakukan banyak kesalahan yang mencoreng namanya dalam sejarah Perancis.

Marie gemar menghambur-hamburkan uang ketika rakyat Perancis banyak yang menderita. Penolakan masyarakat atas sikapnya memicu Revolusi Perancis yang terkenal. Penolakannya terhadap reformasi dan menentang kemajuan Revolusi Prancis berujung pada runtuhnya monarki Perancis. Ia dan suaminya sempat melarikan diri, tetapi pasukan Revolusioner menangkap keduanya di Varennes, Perancis, lima hari kemudian.

Marie dan suaminya, Louis XVI dieksekusi atas perintah dari Konvensi Nasional pada 1793 dan dimasukkan ke sel isolasi di Conciergerie, Perancis. Bertolak belakang dengan kehidupannya di istana, Marie menghabiskan sisa hidupnya di penjara-penjara Perancis. Pada akhirnya warga Perancis pun mengeksekusi Marie dan Louise XVI dengan hukuman pancung menggunakan guillotine.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi19 September 2024, 15:00 WIB

Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro. (Sumber : Freepik)
Internasional19 September 2024, 14:51 WIB

Diuji Ulang Hidung Elektronik, Vieux Boulogne Jadi Keju Paling Bau di Dunia

Vieux Boulogne Tetap Jadi Keju Paling Bau di Dunia. Para ilmuwan di Universitas Cranfield bahkan melakukan uji kedua pada tahun 2007, menggunakan hidung elektronik yang lebih canggih.
Ilustrasi. Keju Parut. (Sumber : Pixabay/Christos Giakkas)
Food & Travel19 September 2024, 13:00 WIB

HTM Hanya 10 Ribu, Gunung Lembu dengan View Waduk Jatiluhur dan Legenda Mbah Jongrang

Gunung Lembu cocok untuk para pecinta alam yang ingin menikmati suasana alam terbuka tanpa harus mendaki gunung dengan ketinggian ekstrem.
Gunung Lembu cocok untuk para pecinta alam yang ingin menikmati suasana alam terbuka tanpa harus mendaki gunung dengan ketinggian ekstrem. (Sumber : Instagram/@aaldaa.___).
Entertainment19 September 2024, 12:45 WIB

IShowSpeed Raih 1 Juta Penonton saat Live di Jakarta, Nangis sampai Ingusnya Keluar

Youtuber game asal Amerika, IShowSpeed sedang menjadi di trending ketika mendatangi Kota Tua, Jakarta, Indonesia, pada Rabu, 18 September 2024 kemarin sambil melakukan siaran langsung.
IShowSpeed Raih 1 Juta Penonton saat Live di Jakarta, Nangis sampai Ingusnya Keluar (Sumber : Youtube | IShowSpeed)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 12:43 WIB

Timses Calon Pilkada di Haornas Kota Sukabumi 2024: Ini Penjelasan Pj Wali Kota, Kadisporapar, dan Muraz

Panitia diduga mengundang bakal calon Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.
Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji saat membuka Haornas 2024 di Lapang Merdeka, Kamis (19/9/2024) (Sumber: dokpim kota sukabumi)
Sukabumi19 September 2024, 12:43 WIB

Kabar Duka, M Solihin Mantan Kadisdik Kabupaten Sukabumi Meninggal Dunia

Muhammad Solihin mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi meninggal dunia pada Kamis (19/9/2024), siang di RSUD R Syamsudin.
M Solihin Mantan Kadisdik Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)
Bola19 September 2024, 12:00 WIB

Persib Bandung vs Port FC di AFC Champions League Two: Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung akan menghadapi Port FC di AFC Champions League Two malam ini.
Persib Bandung akan menghadapi Port FC di AFC Champions League Two malam ini. (Sumber : Twitter/@persib/Instagram/@portfc_official).
Kecantikan19 September 2024, 11:00 WIB

10 Manfaat Day Cream untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Day cream dengan kandungan anti-aging dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, sehingga kulit tampak lebih halus dan muda.
Ilustrasi. Manfaat Daycream untuk Perawatan Kulit (Sumber : Freepik/@freepik)
Jawa Barat19 September 2024, 10:46 WIB

BPBD Jabar: 2 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa Bandung, 700-an Warga Mengungsi

Kabupaten Bandung mengalami dampak kerusakan terbanyak.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Life19 September 2024, 10:00 WIB

Semua Orang Mau, Tapi Ini Langkahnya! 7 Cara Menjadi Kaya di Usia Muda

Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin.
Ilustrasi - Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin. (Sumber : pixabay.com/@ArbazKhan)