Hardcore dan Metal Ternyata Beda! Genre Musik Rock Keras yang Epic & Unik

Selasa 08 Oktober 2024, 11:00 WIB
Meski Hardcore dan Metal populer dengan vokal yang intens dan teriakan, tapi ada juga variasi vokal yang lebih melodi dalam kedua genre tersebut. (Sumber : Freepik/@freepik)

Meski Hardcore dan Metal populer dengan vokal yang intens dan teriakan, tapi ada juga variasi vokal yang lebih melodi dalam kedua genre tersebut. (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Musik Hardcore dan Metal adalah dua genre musik yang kerap dianggap mirip karena identik dengan suara yang keras dan intens. Padahal, Hardcore dan Metal memiliki akar dan gaya yang berbeda meskipun kedua aliran musik cadas ini termasuk dalam spektrum musik keras.

Hardcore dan Metal sama-sama berada di scene underground. Dalam konteks musik, scene underground mencakup band atau genre yang tidak mengikuti pola komersial atau mainstream.

Perbedaan Musik Hardcore dan Metal

Video di akun TikTok/@MUSIKPEDIA menjelaskan bahwa basic Musik Hardcore berasal dari punk rock pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Sementara Musik Metal berakar dari blues rock dan heavy rock pada akhir 1960-an dan awal 1970-an.

Baca Juga: Tangkal Hoaks, AMSI Jabar: Pentingnya Kanal Cek Fakta di Tahun Politik

Menariknya, di tahun 80an yang saat itu marak dengan musik Metal, beberapa band pioneer berhasil mengantarkan musik Hardcore, seperti Black Flag (pelopor hardcore punk di Los Angeles), Minor Threat (pionir straight edge hardcore) dan Bad Brains (hardcore punk dengan elemen reggae).

Meski Hardcore dan Metal dikenal dengan tempo cepat, permainan gitar yang berat, suara yang keras dan vokalnya cenderung teriak, kedua genre musik ini tidaklah sama. Metal sendiri lahir atas prakarsa rock mindset yang lebih ekstra vagant, sedangkan muncul berkat spirit Do It Yourself (DIY) yang identik dengan semangat menjadi independen.

Perbedaan lainnya yakni heavy metal fokus pada keahlian instrumental, aransemen multipart lagu yang rumit, dan tema mengerikan. Sementara itu, hardcore cenderung lebih simpel tapi mencolok dalam hal permainan gitar, aransemen epic dan lirik bertema politik.

Artinya, gaya musik metal lebih kompleks dengan riff gitar yang berat dan teknik musik yang rumit, sedangkan gaya musik hardcore lebih sederhana dan lebih cepat dari punk rock tradisional, dengan lirik yang seringkali lebih politis dan sosial.

Baca Juga: Potensi Peredaran Hoaks Lokal di Pilkada 2024, Cek Fakta Sebelum Percaya!

Lalu, apakah musik metal dan hardcore vokalnya selalu teriak?

Tidak selalu ya! Meski Hardcore dan Metal populer dengan vokal yang intens dan teriakan, tapi ada juga variasi vokal yang lebih melodi dalam kedua genre tersebut.

Dalam musik metal, khususnya subgenre seperti power metal atau prog metal, vokal bersih dan teknik vokal tinggi sering kali digunakan, ontohnya, band seperti Iron Maiden dan Dream Theater.

Sementara di musik Hardcore, beberapa band juga menggunakan vokal yang lebih melodi atau campuran antara teriakan dan vokal bersih, seperti Rise Against.

Jadi, walaupun teriakan adalah ciri khas umum dari Hardcore dan Metal, variasi gaya vokal tetap ada dan berkontribusi pada keragaman dalam kedua genre musik ini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Arena08 Oktober 2024, 13:52 WIB

Dua Atlet Kota Sukabumi Sumbang Medali Bagi Jawa Barat di Peparnas XVII

Perjuangan atlet mendapatkan dukungan langsung dari Penjabat Wali Kota Sukabumi.
Empat atlet asal Kota Sukabumi memperkuat kontingen Jawa Barat dalam Peparnas XVII. | Foto: Website Kota Sukabumi
Entertainment08 Oktober 2024, 13:30 WIB

Raffi Ahmad Jadi Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia

Raffi Ahmad ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Industri Kreatif Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2024-2029.
Raffi Ahmad Jadi Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Sumber : Instagram/@raffinagita1717)
Nasional08 Oktober 2024, 13:16 WIB

Nganggur Nih Bah? Open to Work, Status Terbaru profil Linkedln Anies Baswedan

Anies bahkan menyebut dirinya 'pengacara', plesetan dari pengangguran banyak acara.
Anies Baswedan, Foto : Istimewa
Sukabumi Memilih08 Oktober 2024, 13:00 WIB

Gakkumdu Pilkada 2024: Kadisporapar Kota Sukabumi Langgar Netralitas ASN

Tejo Condro Nuhroho, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata atau Disporapar Kota Sukabumi dinyatakan melanggar netralitas ASN oleh Sentra Gakkumdu Kota Sukabumi jelang Pilkada 2024
Ketua Bawaslu Kota Sukabumi, Yasti Yustia Asih (Sumber: SU/Asep Awaludin)
Food & Travel08 Oktober 2024, 13:00 WIB

Curug Muara Jaya: Pesona Air Terjun Tertinggi di Majalengka di Kaki Gunung Ciremai

Curug Muara Jaya di Majalengka merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik dan populer.
Curug Muara Jaya di Majalengka merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik dan populer. (Sumber : Instagram/@curug_muara_jaya.official/@komar249).
Entertainment08 Oktober 2024, 12:30 WIB

Pratama Arhan Minta Rachel Vennya Tidak Sebarkan Bukti Soal Perselingkuan Azizah Salsha

Pratama Arhan ternyata sudah meminta Rachel Vennya untuk tidak memviralkan perselingkuhan Azizah Salsha dengan Salim Nauderer karena semuanya telah selesai dan tidak ada masalah lagi di antara mereka.
Pratama Arhan Sudah Minta Rachel Vennya Tidak Sebarkan Bukti Soal Perselingkuan Azizah Salsha (Sumber : Instagram/@pratamaarhan8)
Sukabumi08 Oktober 2024, 12:17 WIB

KI Jabar Soal Keterbukaan Informasi Publik di Sukabumi, Ini Kata Sekda Ade Suryaman

Komisi Informasi Jawa Barat melakukan monitoring, evaluasi Inovasi serta Strategi Pelayanan Informasi Publik yang sudah dijalankan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.
Kadiskominfosan Kabupaten Sukabumi dampingi Sekda Ade Suryaman menerima visitasi tim KI Jabar (Sumber: dokpim Kabupaten Sukabumi)
Sukabumi08 Oktober 2024, 12:13 WIB

Keluarga Kecewa, Kuasa Hukum Sebut Pembacok Maut Siswa di Sukabumi Divonis Ringan

Keluarga korban menyesalkan sikap keluarga terdakwa yang tidak beritikad baik.
(Foto Ilustrasi) Keluarga korban tidak puas atas putusan Pengadilan Negeri Cibadak terhadap terdakwa pembacokan siswa SMP di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Freepik
Bola08 Oktober 2024, 12:00 WIB

Tim Dokter Timnas Akan Cek Kondisi Maarten Paes: Tampil Lawan Bahrain Belum Dipastikan

Belum Ada Kepastian Maarten Paes Main Lawan Bahrain, Tim Dokter Terus Pantau Kondisinya.
Belum Ada Kepastian Maarten Paes Main Lawan Bahrain, Tim Dokter Terus Pantau Kondisinya. (Sumber : PSSI)
Science08 Oktober 2024, 11:39 WIB

Waspada Hujan Meski Langit Panas! Prediksi Cuaca BMKG Periode 8-14 Oktober

Hujan yang terjadi masih mungkin sangat lebat (100-150 mm per hari).
(Foto Ilustrasi) Membaca prediksi cuaca dari BMKG untuk periode 8-14 Oktober 2024. | Foto: SU/Ibnu Sanubari