10 Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas dan Bagaimana Solusi Mengatasinya

Selasa 02 Juli 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi - Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mati saat digas, jangan panik. Segera menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)

Ilustrasi - Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mati saat digas, jangan panik. Segera menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)

SUKABUMIUPDATE.com - Motor injeksi memang semakin populer karena kemudahan pengoperasiannya dan efisiensi bahan bakarnya. Namun, sama seperti kendaraan lainnya, motor injeksi juga dapat mengalami masalah. 

Salah satu masalah yang umum terjadi pada motor injeksi adalah mati saat digas. Hal ini tentu dapat membahayakan dan mengganggu perjalanan Anda.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan motor injeksi mati saat digas, dihimpun dari laman suzuki :

1. Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Faktor pertama yang menyebabkan mesin injeksi mati mendadak saat digas adalah penggunaan bahan bakar berkualitas buruk. Kualitas bahan bakar dapat mempengaruhi performa kendaraan, termasuk sepeda motor injeksi.

Bahan bakar berkualitas buruk memiliki nilai oktan rendah. Bahan bakar ini dapat menyebabkan sepeda motor berhenti mendadak saat kendaraan di gas.

Solusinya adalah menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan sepeda motor.

Selain itu, sebaiknya menggunakan bahan yang tidak terkontaminasi oleh partikel lain. Tujuannya untuk meminimalisir kerusakan pada sistem injeksi.

2. Aki Rusak

Aki yang rusak atau daya yang rendah dapat berdampak serius pada sistem starter dan sistem injeksi sepeda motor.

Tanpa tenaga yang cukup, ECU (Electronic Control Unit) sepeda motor tidak dapat mengatur injeksi bahan bakar secara efektif, sehingga mengakibatkan sepeda motor tidak dapat hidup atau berhenti saat digunakan.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan rutin memeriksa aki sepeda motor dan memastikan sistem pengisiannya berfungsi dengan baik. Jika aki menunjukkan tanda-tanda lemah, seperti sulit dihidupkan atau lampu sepeda motor redup, segera ganti aki.

3. Habis Bahan Bakar

Meski terdengar sepele, namun banyak kasus sepeda motor injeksi mogok karena kehabisan bahan bakar. Hal ini sering terjadi karena pengemudi tidak memperhatikan atau mengabaikan indikator bahan bakar yang hampir habis.

Solusinya adalah dengan rutin memeriksa pengukur bahan bakar dan mengisi bahan bakar sepeda motor sebelum levelnya terlalu rendah. Hal ini mencegah sepeda motor berhenti mendadak karena kehabisan bahan bakar. 

4. Sistem Injeksi Tersumbat

Penggunaan bahan bakar yang kotor dan perawatan yang kurang dapat menyebabkan injektor bahan bakar tersumbat.

Hal ini mengakibatkan aliran bahan bakar ke mesin menjadi buruk, sehingga menurunkan kinerja mesin dan dapat menyebabkan mesin injeksi mati.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan rutin merawat sepeda motor. Selama perawatan, injektor bahan bakar harus dibersihkan atau diganti jika perlu. Penggunaan aditif bahan tambahan bahan bakar sesekali juga dapat membantu menjaga injektor tetap bersih.

5. Saringan Udara Sudah Kotor

Saringan udara yang kotor membatasi aliran udara ke mesin, mengganggu rasio udara-bahan bakar, dan menyebabkan mesin tidak stabil atau mati.

Periksa dan bersihkan saringan udara secara rutin. Ganti sesuai anjuran pabrikan untuk aliran udara optimal.

6. Sensor Injeksi Bermasalah

Sensor injeksi yang rusak atau kotor memberikan pembacaan yang salah, menyebabkan campuran bahan bakar dan udara tidak optimal. Akibatnya, mesin bisa mati mendadak. Periksa dan bersihkan sensor injeksi secara berkala. Ganti sensor yang rusak dengan yang baru.

7. Mesin Terlalu Panas (Overheating):

Overheating dapat menyebabkan motor injeksi mati saat lepas gas dan berpotensi merusak mesin secara permanen. Kekurangan cairan pendingin, masalah pada sistem pendinginan adalah penyebabnya.

Pastikan radiator dan selang terkait dalam kondisi baik dan tidak bocor. Periksa dan isi ulang cairan pendingin sesuai jadwal pabrikan.

8. Masalah pada Busi

Busi tua, rusak, kotor, atau gap elektroda tidak sesuai spesifikasi dapat mengganggu kinerja mesin dan menyebabkan mati. Ganti busi secara berkala sesuai petunjuk pabrikan. Bersihkan busi dan atur gap elektroda untuk meningkatkan performa mesin.

9. Sirkulasi Tangki BBM Tidak Lancar

Kotoran dalam tangki menghambat aliran bahan bakar, menyebabkan mesin mati. Penyebabnya karena jarang melakukan perawatan tangki bahan bakar. Bersihkan tangki bahan bakar secara periodik. Ganti filter bahan bakar untuk memastikan bahan bakar bersih dan bebas penyumbatan.

10. Tersumbatnya Katup Mesin

Katup mesin tersumbat kotoran mengganggu aliran udara, berakibat pada pembakaran tidak sempurna dan mesin mati. Terjadi karena penggunaan bahan bakar kotor atau akumulasi residu dari waktu ke waktu.

Bersihkan katup dan kepala silinder secara rutin. Gunakan bahan bakar berkualitas tinggi dan aditif yang sesuai untuk mengurangi pembentukan endapan.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 14:00 WIB

Bukan Marah-marah! Ini 10 Tips Mendidik Anak dengan Cara yang Sehat

Dengan pendekatan yang holistik dan konsisten, orang tua dapat membantu anak tumbuh dan berkembang secara sehat, baik secara fisik, mental, maupun emosional.
Ilustrasi. Bukan Marah-marah! Ini Cara Mendidik Anak dengan Cara yang Sehat (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel04 Juli 2024, 13:44 WIB

Destinasi Impian, 5 Penginapan dengan Pemandangan Menakjubkan di Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Saat berkunjung ke Geopark Ciletuh, memilih penginapan yang nyaman dan strategis adalah hal yang penting untuk memastikan pengalaman wisata yang optimal.
Nikmati mentari dari teluk ciletuh, geopark ciletuh palabuhanratu (Sumber: ngko tourguide)
Sukabumi04 Juli 2024, 13:43 WIB

Terus Siapkan Implementasi KRIS-JKN, Dinkes Monev ke RS di Kota Sukabumi

Kebijakan KRIS-JKN merupakan amanat UU Nomor 40 Tahun 2004.
Dinkes Kota Sukabumi monev persiapan implementasi KRIS-JKN ke RS Ridogalih Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024. | Foto: Instagram/@dinkeskotasukabumi
Life04 Juli 2024, 13:30 WIB

Biaya Hidup Tinggi! 10 Kebiasaan Mahal Orang Kaya yang Sulit Ditiru Orang Biasa

Meskipun menarik, kebiasaan mahal biasanya tidak praktis atau realistis bagi orang biasa karena biaya yang sangat tinggi.
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Meskipun menarik, kebiasaan mahal biasanya tidak praktis atau realistis bagi orang biasa karena biaya yang sangat tinggi. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Sehat04 Juli 2024, 13:00 WIB

7 Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal Sambil Meningkatkan Kualitas Hidup

Mencapai berat badan ideal dan sehat membutuhkan komitmen dan usaha yang berkelanjutan.
Ilustrasi - Mencapai berat badan ideal dan sehat membutuhkan komitmen dan usaha yang berkelanjutan. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Life04 Juli 2024, 12:30 WIB

10 Ciri Pasangan yang Tidak Gampang Putus dalam Menjalani Hubungan

Pasangan yang tidak gampang putus dalam hubungan adalah mereka yang memiliki fondasi yang kuat dan berusaha keras untuk mempertahankan hubungan mereka.
Ilustrasi - Pasangan yang tidak gampang putus dalam hubungan adalah mereka yang memiliki fondasi yang kuat dan berusaha keras untuk mempertahankan hubungan mereka. (Sumber : Pixabay.com/sasint).
Food & Travel04 Juli 2024, 12:29 WIB

13 Tempat Makan Kekinian di Kota Sukabumi, Lezat Nyaman dan Instagramable

Dari desain interior yang Instagramable hingga menu makanan yang inovatif dan lezat, setiap tempat ini menjanjikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.
Daftar tempat makan kekinian di Kota Sukabumi (Sumber: istimewa)
Sukabumi04 Juli 2024, 12:09 WIB

Minta Dihukum Berat! Keluarga Korban Pembunuhan di Gegerbitung Sukabumi Apresiasi Pelaku Ditangkap

“Kami berharap kedua pelaku bisa dihukum berat dan maksimal atas perbuatannya terhadap istri dan ibu dari anak-anak kami,” tegas Entang.
Kapolres Sukabumi dan Kapolsek Gegerbitung dalam konprensi pers pelaku pembunuhan wanita cianjur (Sumber: SU/Ilyas)
Entertainment04 Juli 2024, 12:00 WIB

Jin BTS Dikabarkan Menjadi Pembawa Obor Pada Olimpiade Musim Panas Paris 2024

Jin BTS dikabarkan akan berpartisipasi sebagai pembawa obor mewakili Korea Selatan dalam estafet di Olimpiade Musim Panas Paris 2024, yang direncanakan pada 27 Juli 2024.
Jin BTS Dikabarkan Menjadi Pembawa Obor Pada Olimpiade Musim Panas Paris 2024 (Sumber : Instagram/@jin)
Nasional04 Juli 2024, 11:51 WIB

Dirjen Aptika Kemenkominfo Mundur Setelah PDNS Diretas Hacker

Semuel mengundurkan diri karena punya tanggung jawab moral sebagai direktur.
Direktur Jenderal Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan. | Foto: Kominfo